CARA MEMBUAT DENDENG UDANG


Resep Dendeng Udang Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya dendeng terbuat daging sapi, daging rusa, daging kambing atau daging domba dan daging ikan tapi pada resep kali ini udang pun bisa dibuat masakan dendeng yang super lezat. Mau tahu caranya? Udang yang digunakan adalah udang yang besar supaya banyak dapat dagingnya. Paling lezat dendeng udang digoreng dan dimasak sambal balado merah atau sambal balado hijau pedas.

Foto Resep Dendeng Udang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Dendeng Udang Balado Merah Pedas

Pengertian dendeng adalah cara mengolah bahan makanan seperti daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan. Pada perkembangannya sayur-sayuran pun dapat diolah menjadi makanan dendeng, misalnya ada dendeng daun singkong, dendeng daun pepaya, dendeng jantung pisang, dan lain sebagainya.

Resep dendeng biasanya menggunakan satu jenis daging saja, yaitu daging sapi. Namun laporan makalah dendeng dapat dibuat dari daging lainnya seperti kambing atau babi. Bisa juga dendeng dibuat dari hasil buruan seperti venison, elk, caribou, dan rusa. Saat ini, terdapat juga dendeng dari kalkun, burung onta, salem, buaya, dan tuna. Daging harus dikeringkan dengan cepat, untuk memperlambat pertumbuhan bakteri saat itu juga. Untuk melakukannya, daging dipotong tipis, atau ditekan sampai tipis.

Kepala udang dan kulit udang bisa dimanfaatkan untuk membuat penyedap rasa pengganti MSG atau vetcin semacam bubuk kaldu udang. Berikut kumpulan aneka resepi dendeng udang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha rumah makan atau restoran.

RESEP DENDENG UDANG


BAHAN :
  • 1 kg udang besar
BUMBU :
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • Air asam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
CARA MEMBUAT DENDENG UDANG :
  1. Udang dikupas kulitnya, dibelah bagian punggung jangan sampai putus. Bumbu-bumbu dihaluskan dan diberi air sedikit.
  2. Udang direndam dalam air bumbu sebentar kemudian dijemur sampai kering.
  3. Goreng jika perlu.
  4. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT DENDENG UDANG