CARA MEMBUAT CHAI KWE SINGKAWANG


Resep Chai kwe (choi pan) Kukus Khas Singkawang Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan yang satu ini adalah khas Indonesia keturunan Cina khususnya di Pontianak, lebih tepatnya berasal dari Singkawang, Kalimantan Barat (KALBAR) dan juga ada di Bangka. Chai kue ini tidak digoreng melainkan biasanya di kukus namun ada juga yang buat versi goreng mau dibakar juga boleh tergantung selera Kita. Sedangkan untuk kulitnya terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Lalu isinya bermacam-macam jenis ada sayuran ada bengkuang sesuai selera kita. Chai kwe paling terkenal kelezetannya adalah Hot Chai Kue Tian Mei Li, Siantan. Namun Anda bisa membuatnya sendiri dan berkreasi sendiri sesuai kreatifitas Anda tentunya baik bentuk maupun isian karena ada chai kwe lima rasa yang terkenal enak itu.

Foto Resep Chai kwe (choi pan) Kukus Khas Singkawang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Chai kwe (choi pan) Kukus Khas Singkawang

Foto Resep Chai Kue Goreng
Gambar Chai Kue Goreng

Makanan chai kwe panas atau choi pan ini ada yang versi kukus dan ada juga yang sudah dimodifikasi dengan cara digoreng namanya chai kwe goreng, kalau di Bangka kue ini disebut kue choi pan Bangka. Makanan ini sulit dicari dan ditemui di Kota-kota lain, karena jarang ada toko yang menjual kue ini. seperti sulit dicari di pulau Jawa, misalnya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja Yogyakarta, dll. Berikut aneka resepi chai kwe choi pan isi kucai kukus sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis anti gagal step by step untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka chai kue Singkawang.

RESEP CHAI KWE (CHOI PAN) KHAS SINGKAWANG KUKUS


BAHAN KULIT :
  • 100 gram tepung beras
  • 25 gram tepung sagu
  • 2 sdm minyak goreng
  • Garam secukupnya
BAHAN ISI :
  • 200 ml Air
  • Keladi secukupnya
  • Bengkuang secukupnya
  • Kucai secukupnya
BUMBU HALUS :
  • Udang ebi secukupnya
  • Bawang Putih secukupnya
  • Lada (Merica) secukupnya
  • Garam secukupnya
CARA MEMBUAT CHAI KWE (CHOI PAN) KHAS SINGKAWANG :
  1. Cara Membuat ISi Chai Kwe atau Choi Pan, Bahan isian Keladi (talas), Bengkuang, dan Kucai. rebus keladi dan parut, kupas bengkuang bersihkan dan parut dengan parutan rujak, cuci bersih kucai potong ukuran 3 cm. Tumis semua bahan isian tersebut dengan bumbu yang telah dihaluskan dahulu yaitu Ebi, bawang putih dan lada. dan bubuhi garam secukupnya. lalu sisihkan.(cara menumisnya masing-masing Bengkuang sendiri, keladi sendiri, dst). Setelah ditumis tiriskan isian tadi agar saat diisikan ke kulit tidak banyak mengandung air.
  2. Cara Membuat Adonan Kulit Chai Kwe atau Choi Pan. Campurkan Tepung beras, tapioka (sagu), air, sedikit garam dan 2 sdm minyak sayur.aduk rata kemudian masak diatas api kecil aduk-aduk sampai adonan yang menggumpal, lalu uleni terus sampai adonan terlihat mengkilat dan licin.
  3. Mulailah membuat kulit ambil sejumput adonan pipihkan berbentuk lingkaran dengan diameter 6-7 cm lalu isi tutup seperti membuat kue pastel. Lumuri tangan dengan tepung agar tidak lengket.(Tips agar cepat adonan kita giling tipis dan cetak dengan tutup gelas atau apa saja sesuai ukuran yang kita inginkan) lalu isi dan lipat. Simpan di loyang yang sebelumnya telah di oles dengan minyak sayur.
  4. Isilah sampai adonan kulit habis.dan siapkan alat kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. kukuslah selama 7-10 menit.
  5. Setelah matang bubuhi atasnya dengan minyak bawang putih. siap disantap dengan sambal cuka atau cabe botol.
  6. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CHAI KWE SINGKAWANG