CARA MEMBUAT TUMIS KOL UNGU TOFU


Resep Tumis Kol Ungu Tofu Sederhana Spesial Asli Enak. Jadi kalau ada tetangga atau teman bertanya seperti ini, sayur kol ungu dimasak apa? Bunda jawab saja bisa dimasak tumis atau oseng-oseng dicampur tofu atau tahu sutra atau tahu bandung dengan bentuk potongan kotak-kotak kecil lembut pasti mantap sekali. Anda bisa ganti tofu dengan tahu kuning, bakso, sosis, jamur, dll. Anda juga bisa menambahkan sayur sawi putih, wortel, kacang panjang, buncis, dll. Rasa sayur kol ungu jomblo jones yang gurih dengan bumbu tumisan amboi lezat sekali, sebaiknya dimakan pada saat masih hangat dengan nasi putih.

Foto Resep Tumis Kol Ungu Tofu Tahu Bandung atau Tahu Kuning Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tumis Kol Ungu Sawi Putih Tahu Kuning

Menurut situs Wikipedia. Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat (terdiri dari beberapa kelompok kultivar dari Brassica oleracea) adalah tanaman dua tahunan berwarna hijau atau berwarna ungu berdaun, ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran untuk kepala padat berdaunnya. Erat kaitannya dengan tanaman cole lainnya, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel, itu diturunkan dari B. oleracea var. oleracea, kubis lapangan liar. Kepala kubis umumnya berkisar 0.5 to 4 kilogram (1 to 9 lb), dan dapat berwarna hijau, ungu dan putih. Kubis kol hijau berkepala keras berdaun halus adalah yang paling umum, dengan kubis merah berdaun halus dan kubis savoy berdaun crinkle dari kedua warna terlihat lebih jarang. Kubis adalah sayuran yang berlapis-lapis. Dalam kondisi hari diterangi matahari panjang seperti yang ditemukan di garis lintang utara di musim panas, kubis dapat tumbuh jauh lebih besar. Beberapa rekor dibahas pada akhir bagian sejarah.

Sulit untuk melacak sejarah yang tepat dari kubis, tetapi itu kemungkinan besar didomestikasi di suatu tempat di Eropa sebelum 1000 SM, meskipun savoy tidak dikembangkan sampai abad ke-16. Pada Abad Pertengahan, kubis telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa. Kepala kubis umumnya diambil selama tahun pertama dari daur hidup tanaman, tetapi tanaman yang dimaksudkan untuk benih dibiarkan tumbuh tahun kedua, dan harus terus dipisahkan dari tanaman cole lain untuk mencegah penyerbukan silang. Kubis rentan terhadap beberapa kekurangan gizi, serta beberapa hama, dan penyakit bakteri dan jamur.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization, FAO) melaporkan bahwa produksi dunia kubis dan brassica lainnya untuk 2011 hampir 69 juta metrik ton (68 juta ton panjang; 75 juta ton singkat). Hampir setengah dari tanaman ini ditanam di Cina, di mana kubis cina adalah sayuran Brassica paling populer. Kubis disusun dalam berbagai cara untuk makan. Mereka dapat diacar, difermentasi untuk hidangan seperti sauerkraut, dikukus, direbus, ditumis, atau dimakan mentah. Kubis merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan serat pangan. Kubis terkontaminasi telah dikaitkan dengan kasus-kasus penyakit karena makanan pada manusia.

Macam-macam jenis kubis kol. Warna sayuran ini yang umum adalah hijau sangat pucat sehingga disebut forma alba ("putih") atau kol putih. Namun terdapat pula kubis dengan warna hijau (forma viridis) atau kol hijau dan kubis ungu kemerahan (forma rubra) atau kol ungu. Dari bentuk kropnya dikenal ada dua macam kubis: kol bulat dan kol gepeng (bulat agak pipih). Perdagangan komoditi kubis di Indonesia membedakan dua bentuk ini.

Terdapat jenis agak khas dari kubis, yang dikenal sebagai Kelompok Sabauda, yang dalam perdagangan dikenal sebagai kubis Savoy. Kelompok ini juga dapat dimasukkan dalam Capitata.

Kandungan gizi dan khasiat manfaat kol kubis sangat banyak. Diantaranya, Kubis segar mengandung banyak vitamin (A, beberapa B, C, dan E). Kandungan Vitamin C cukup tinggi untuk mencegah skorbut (sariawan akut). Mineral yang banyak dikandung adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Pengolahan kol kubis, diantaranya Kubis dapat dimakan mentah atau dalam keadaan segar sebagai lalapan maupun diolah, seperti dimasak kukus, goreng, tumis, dan sebagai campuran masak sayuran lainnya. Sebagai lalapan, kubis yang dilengkapi sambal biasa meyertai menu gorengan atau bakar seperti ayam goreng/ayam bakar atau lele goreng dalam bentuk kol goreng. Kubis juga diolah untuk membuat orak-arik atau capcay. Daun kubis yang direbus menjadi lunak, tipis, dan transparan. Perebusan ini dapat dijumpai dalam berbagai sayur sup dan sayur. Di Korea kubis menjadi komponen utama masakan khas bangsa ini: kimchi. Jerman terkenal dengan sauerkraut, kubis yang dipotong-potong kecil dan diawetkan dalam cuka. Berikut resepi tumis kol ungu tofu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis.

RESEP TUMIS KOL UNGU TOFU


BAHAN :
  • 1 bh kol ungu ukuran kecil, iris kecil melintang
  • 100 gram tofu, potong kotak-kotak kecil
  • 2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
  • 1/2 bawang bombay, iris tipis
  • 50 ml air
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Garam
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng
CARA MEMASAK TUMIS KOL UNGU TOFU :
  1. Panaskan minyak dan Tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga layu dan wangi
  2. Masukkan air dan kol ungu masak hingga setengah matang lalu masukkan tofu dan aduk rata
  3. Tambahkan garam,kecap asin dan penyedap secukupnya
  4. Masak hingga agak kering. Angkat.
  5. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TUMIS KOL UNGU TOFU