CARA MEMBUAT SAYUR DAUN KATUK SANTAN


Resep Sayur Daun Katuk Kuah Santan Sederhana Spesial Asli Enak. Daun katuk selain diolah masak tumis kering, sayur daun katuk masak kuah bening, enak juga bila dimasak dengan santan atau kuah santan kelapa putih atau santan kuning kunyit pedas. Rasanya lezat dan gurih sangat mantap dan nikmat jika dimakan dengan nasi panas atau nasi putih hangat, tapi jangan sering-sering makan sayur daun katuk karena bisa keracunan papaverin. Ya memang makan apapun jangan terlalu banyak, menurut Saya makan haruslah bervariasi dan bergilir secara bergantian hari ini makan sayur daun katuk besok makan sayur daun kelor, besoknya lagi makan sayur daun singkong, dan seterusnya jadi asupan gizi dan nutrisinya akan bervariasi. Itulah sekedar tips hidup sehat saya selaku admin blog carabuatresep.blogspot.com yang cantik manis imut dan awet muda. ☺

Foto Resep Sayur Daun Katuk Kuah Santan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sayur Daun Katuk Santan Putih

Menurut situs Wikipedia tentang tanaman katuk. Katuk (Sauropus androgynus) merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan ini dalam beberapa bahasa dikenali sebagai mani cai (马尼菜; bahasa Tionghoa) , cekur manis (bahasa Melayu) dan rau ngót (bahasa Vietnam). Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu (ASI).

Tentang tanaman katuk. Semak, tinggi dua sampai tiga meter, tumbuh di dataran rendah hingga 1.300 di atas permukaan laut. Daun kecil, berwarna hijau gelap dengan panjang lima sampai enam cm. Bunganya berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap dan berbunga sepanjang tahun.

Tumbuhan ini termasuk dalam suku menir-meniran (Phyllanthaceae), dan berkerabat dengan menteng, buni, dan ceremai. Ia termasuk dalam tribus Phyllantheae dan subtribus Flueggeinae.

Khasiat dan manfaat kegunaan daun katuk. Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Daun katuk dapat diolah seperti kangkung atau daun bayam. Ibu-ibu menyusui diketahui mengonsumsi daunnya untuk memperlancar keluarnya ASI. Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

Pucuk tunas yang muda dijual orang di Indocina dan dimanfaatkan seperti asparagus. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan karena mudah diperbanyak dan biasa dijadikan pagar hidup perkarangan rumah di desa-desa. Berikut resepi sayur gulai daun katuk masak kuah santan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis. Daun katuk juga bisa dimasak kombinasi dengan dicampur jagung, toge, labu siam, oyong, petai, mix kacang hijau, dll.

RESEP SAYUR DAUN KATUK MASAK SANTAN


BAHAN :
  • 1 ikat (kurleb 50 gram) daun katuk
  • 1.300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 10 buah petai bakar, diiris panjang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak untuk menumis
BUMBU HALUS :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm gula merah
CARA MEMASAK SAYUR DAUN KATUK SANTAN :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Tambahkan petai. Aduk sampai layu.
  2. Masukkan santan, garam, dan merica bubuk. Didihkan. Masukkan daun katuk. Masak sampai matang.
  3. Sajikan untuk 5 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SAYUR DAUN KATUK SANTAN