CARA MEMBUAT RUJAK KANGKUNG DADAKAN KHAS KUNINGAN


Resep Rujak Kangkung Dadakan Cibingbin Khas Kuningan Sederhana Spesial Pedas Segar Asli Enak. Kangkung yang direbus dadakan serta sambal asem super pedas hot bumbu rujak menjadi ciri khas rujak kangkung Cibingbin Bu Icih atau Bu Deni ini, apalagi dilengkapi kerupuk mi atau gorengan bakwan goreng yang dipotong kecil-kecil dan jangan lupa es kelapa muda sebagai sajian penutupnya akan semakin nikmat untuk disantap di siang hari atau di sore hari. Kalau di Bali, Lombok, dan Jawa masakan atau makanan ini mirip tapi tak sama dengan plecing kangkung.

Foto Resep Rujak Kangkung Dadakan Cibingbin Khas Kuningan Sederhana Spesial Pedas Segar Asli Enak
Gambar Rujak Kangkung dan Es Kelapa Muda

Sesuai namanya, kudapan yang satu ini berasal dari Cibingbin, sebuah desa di ujung timur Kabupaten Kuningan. Rujak Kangkung Cibingbin berbahan dasar kangkung yang direbus kemudian disiram sambal terasi yang diracik khusus oleh warung Rujak Kangkung Cibingbin Bu Icih cabang Jalaksana. Kini cabangnya tersebar dimana-mana seperti warung rujak kangkung ibu h. deni duren sawit, kota jakarta timur, daerah khusus ibu kota jakarta dan ada juga di Cirebon yang dijual oleh Iis di Jalan Raden Dewi Sartika Kelurahan Kenangan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Pedas dan aroma terasi khas Cirebon membuat rujak kangkung dadakan Iis diburu pembeli dengan harga murah meriah ekonomis sehingga laris manis secara mendadak rujak kangkung Cirebon mengalahkan ke populeran rujak kangkung kuningan. Selain itu juga ada aneka kreasi dan variasi dengan varian rujak kangkung Betawi, rujak kangkung petis, rujak kangkung cookpad, rujak kangkung sajian sedap, rujak kangkung khas Tegal, dan masih banyak lagi yang ikut-ikutan pada usaha bisnis rujak kangkung ala warung ini.

Rujak kangkung adalah salah satu jajanan pinggir jalan yang sering kita jumpai dengan rahasia resep sambal rujak kangkung yang lezat dengan rasa gurih asin, manis, asam, pedas. Kangkung rebus yang disajikan dengan sambal dan kerupuk mi ini bisa kita buat sendiri. Berikut resepi rujak kangkung sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri atau untuk jualan rujak kangkung ala warung.

RESEP RUJAK KANGKUNG


BAHAN :
  • 3 ikat kangkung, petiki atau disiangi
  • 4 buah tahu pong, dipotong-potong
  • 3 buah kerupuk mi atau kerupuk mie atau kerupuk aci atau kerupuk kuning
BAHAN SAMBAL RUJAK :
  • 12 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 1 1/2 sdt terasi, dibakar
  • 1 sdt garam
  • 175 gram gula merah, disisir
  • 2 1/2 sdt air asam jawa dari 1 sdt asam jawa dilarutkan dengan 2 sdt air
CARA MEMASAK RUJAK KANGKUNG :
  1. Rebus kangkung hingga matang. Angkat. Sisihkan.
  2. Cara Membuat Sambal Rujak Pedas, ulek cabai rawit, cabai merah, terasi, garam, dan gula merah sampai halus. Tambahkan air asam jawa. Aduk rata.
  3. Campur kangkung rebus dan tahu dengan sambal, aduk rata.
  4. Sajikan dengan kerupuk mi untuk 3 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT RUJAK KANGKUNG DADAKAN KHAS KUNINGAN