CARA MEMBUAT PEPES INTIP TAHU AYAM KHAS CIREBON


Resep Kerak Tahu atau Resep Pepes Intip Tahu Ayam Khas Cirebon, Jawa Barat Sederhana Spesial Asli Enak. Kerak Tahu atau Intip Tahu adalah salah satu kuliner khas daerah Sindanglaut Cirebon yang kini juga ada di Padasuka, Bandung, Jawa Barat malah sampai merambah ke luar negeri. Sesuai dengan namanya, kerak tahu berbahan dasar endapan tahu yang direndam selama tiga jam. Dengan diramu menggunakan bumbu-bumbu penyedap serta potongan cabe rawit, kerak tahu ini kemudian dibungkus dan dipepes selama beberapa saat. Pepes tahu sangat nikmat disantap sebagai menu sarapan maupun makan siang anda.

Foto Resep Kerak Tahu atau Resep Pepes Intip Tahu Khas Cirebon, Sindang, Jawa Barat Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Pepes Intip Tahu Khas Cirebon

Kerak Tahu yang merupakan Makanan Khas dari wilayah Cirebon Timur Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Cipeujeh Wetan, Kecamatan Lemah Abang, banyak diburu oleh para penikmat kuliner dan juga bisa dijadikan oleh-oleh makanan khas Cirebon. Banyak warung yang secara khusus menyajikan Pepes Kerak Tahu atau yang berbahan dasar Tahu dan hampir mayoritas masyarakatnya adalah pembuat makanan tersebut.

Selain rasanya yang gurih dan menggugah selera, kerak tahu sangat cocok dimakan sebagai cemilan dan lauk pelengkap nasi. Muhamad, salah satu penikmat kuliner, mengaku ketagihan dengan rasa gurih Kerak Tahu. Menurutnya, makanan tersebut bisa dijadikan sebagai lauk maupun cemilan. Gurihnya Pepes Kerak Tahu yang menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya tersebut sangat nikmat dimakan kapanpun. “Mau dimakan pagi, siang atau malam kerak tahu tetep enak,” pungkasnya.

Dalam perkembangannya, kerak tahu memiliki banyak varian rasa dan kombinasi. mulai dari jamur, ikan sampai daging ayam yang mampu memunculkan selera makan para penikmatnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, pepes tahu bisa menjadi referensi kuliner bagi para penikmat makanan khas. jadi, jika anda berkunjung ke wilayah Cirebon Timur atau lebih tepatnya di sekitar Desa Cipeujeh Wetan, belum lengkap rasanya jika belum menikmati makanan yang satu ini.

Konon pepes intip tahu ini dikembangkan pertama kalinya di Sindanglaut, Cirebon. Kawasan Sindanglaut dulu memang dikenal sebagai sentra tahu. Intip tahu atau kerak tahu adalah produk limbah pembuatan tahu yang dulunya dibuang dan kadang hanya jadi pakan hewan. Tapi namanya manusia, kreativitasnya tanpa batas. Kerak tahu ini kemudian diolah menjadi pepes yang citarasanya enak. Gurih tahu dengan rasa samar keraknya itu bercampur dengan pedas dan gurih bawang merah. Harum daun pisang juga menyeruak karena pepes intip tahu ini memang dipanggang di atas tungku dan memberikan efek sedap lainnya. Asli sedap sekali mas bro. Berikut resepi pepes intip tahu ayam sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri atau untuk usaha jualan pepes siapa tahu jadi juragan pepes sukses.

RESEP PEPES INTIP TAHU (KERAK TAHU)


BAHAN :
  • Sedikit air
  • 125 gram daging ayam, cuci bersih
  • 1/2 sdm gula
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 bks kaldu bubuk
  • Cabe sesuai selera bisa pakai cabe rawit ijo
  • 1/2 bks terasi ABC atau terasi merk lain
  • 250 gram intip tahu (kerak tahu)
  • Daun pisang untuk membungkus pepes
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 siung bawang merah
  • 2 lbr daun salam
CARA MEMBUAT PEPES INTIP TAHU KERAK TAHU AYAM :
  1. Tumbuk intip tahu, potong dadu daging ayam yang sudah dicuci bersih, sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, terasi, gula pasir, kaldu bubuk
  3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu pepes intip tahu kerak tahu yang sudah dihaluskan sampai harum, kemudian masukkan lengkuas geprek dan daun salam, tambahkan sedikit air biar tidak gosong, lalu masukkan ayam dan intip tahu kemudian masukkan kecap. Masak hingga matang sisihkan.
  4. Bungkus dengan daun pisang seperti bungkus lontong sampai habis kemudian bakar dengan teflon yang diolesi sedikit minyak goreng.
  5. Sajikan pepes intip tahu ayam hidangkan dengan nasi anget atau hangat dan nasi panas juga boleh jangan lupa sambal tomat pedas dan kerupuk.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PEPES INTIP TAHU AYAM KHAS CIREBON