CARA MEMBUAT KUE PERUT PUNAI KHAS BENGKULU


Resep Kue Perut Punai Gula Aren Goreng Khas Bengkulu Sederhana Renyah Crispy Spesial Asli Enak. Satu lagi kue kering goreng khas Provinsi Bengkulu yakni kue perut punai yang bentuknya unik dan namanya juga unik. Kue ini masih termasuk jenis kue kering tepung beras yang digoreng. Kue ini sangat menarik dan cocok untuk menjadi buah tangan tau oleh-oleh dari kota Bengkulu walaupun mirip dengan bentuk kue perut ayam khas Jawa. Perbedaannya kue perut punai ukurannya lebih kecil atau mini sedangkan kue perut ayam ukurannya lebih besar sehingga cocok menjadi cemilan tanpa terasa satu toppless habis sambil minum kopi panas atau teh panas.

Foto Resep Kue Perut Punai Gula Aren Goreng Khas Bengkulu Sederhana Renyah Crispy Spesial Asli Enak
Gambar Kue Perut Punai Bengkulu

Kue perut punai adalah salah satu olahan camilan asal Bengkulu yang manis dan gurih. Kue ini dinamai perut punai karena mirip dengan bentuk isi perut usus burung punai yang melilit dan melingkar. Ada dua pilihan varian rasa yang ditawarkan perut punai rasa manis berbalut gula aren karamel dan rasa asin gurih adonan tepung.

Kue perut punai renyah krispi lembut dan empuk sudah menjadi oleh-oleh khas Bengkulu yang banyak dicari setelah kue bay tat, lempok durian, dll. Kini Anda bisa membuatnya di rumah. Berikut resepi kue perut punai sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha oleh-oleh khas Bengkulu Kito.

RESEP KUE PERUT PUNAI


BAHAN :
  • 375 gram tepung beras
  • 50 gram gula aren
  • 100 gram keju parut
  • 3 butir telur
  • 75 gram margarin
  • 175 ml air
BAHAN LAPISAN/BESTA/CARAMEL :
  • 200 gram gula aren, sisir halus
  • 100 cc air
CARA MEMBUAT KUE PERUT PUNAI :
  1. Cara Membuat Adonan Dasar Perut Punai. Campur tepung beras, keju parut, dan garam. Aduk rata. Masukkan telur, margarin, dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga berbentuk adonan yang bisa dipulung.Ambil sejumput adonan, bentuk lingkaran dengan kedua telapak tangan cara membentuk pakai tangan. Tampung hasilnya didalam wajan berisi minyak dingin.Panaskan minyak berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.
  2. Cara Membuat Lapisan Perut Punau : didihkan gula aren dan air hingga kental, masukkan kue yang sudah digoreng. Aduk cepat hingga tercampur rata. Angkat.
  3. Sajikan atau kemas dengan plastik makanan yang tebal agar tahan lama dan tetap renyah.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE PERUT PUNAI KHAS BENGKULU