CARA MEMBUAT KUE GARPU RENYAH

Resep Kue Garpu Sederhana Spesial Renyah Garing Kriuk Asli Enak. Ide dan inspirasi membuat kue kering tanpa cetakan untuk koleksi kue lebaran Hari Raya Idul Fitri salah satunya kue garpu ini, makanya disebut kue garpu memang kue ini dibuat dengan menggunakan cetakan garpu. Kue garpu ini masih termasuk golongan macam-macam jenis kue goreng tradisional atau kue kering goreng atau kue kering serba digoreng. Aneka rasa dari kue garpu garing ini ada 2 macam, tersedia rasa asin gurih renyah dan manis renyah krispi dan ada juga yang menambahkan bahan keju ke dalam adonan dasarnya sehingga menjadi kue garpu keju renyah crispy. Kalau kue sendok ada tidak ya?.

Foto Resep Kue Garpu Sederhana Spesial Renyah Garing Kriuk Asli Enak
Gambar Kue Garpu Gurih

Adapun kue kering unik nan menarik ini juga punya beberapa nama tenar lainnya sebut saja seperti kue Klatak di Semarang, Jawa Tengah, atau kue Kekewukan di Tasikmalaya. Disebut kekewukan bahasa Sunda karena bentuknya mirip kewuk atau siput laut bisa juga disebut dalam bahasa Indonesianya kue siput laut. Ada juga yang menyebutnya kue bentuk uler uleran atau kue ulat.

Di beberapa tempat di Indonesia, kue ini merupakan kue khas hari Lebaran, jadi di bulan ramadhan ini bisa dipastikan beberapa orang mulai bersiap-siap membuat kue ini. Bahan-bahan kue garpu cukup sederhana ekonomis hemat telur dan harga murah meriah. Biaya pembuatan satu resep bahkan tidak sampai 10 ribu Rupiah saja. Namun rasanya yang gurih dan renyah kriuk-kriuk cocok banget dijadikan camilan sambil santai untuk nonton tv atau untuk teman makanan berkuah seperti sop atau bakso. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih garpu renyah takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk lebaran konsumsi sendiri ataupun untuk jualan ide usaha bisnis kios toko kue kering.

RESEP KUE GARPU


BAHAN :
  • 100 gram tepung terigu
  • 20 gram mentega, cairkan
  • 20 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • Daun seledri, iris halus
CARA MEMBUAT KUE GARPU :
  1. Siapkan wadah, lalu masukkan semua bahan yang ada. Aduk dan uleni sampai menjadi adonan yang kalis dan tidak lengket.
  2. Pipihkan adonan menggunakan penggilingan tangan atau botol kaca, latu potong persegi seperti pada gambar.
  3. Ambil sepotong adonan, lalu tekan-tekan pada bagian punggung garpu, kemudian gulung sampai ujung dan membentuk gulungan seperti pada gambar di atas.
  4. Goreng adonan menggunakan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Setelah dingin, masukkan ke dalam toples yang kedap udara supaya tetap renyah.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE GARPU RENYAH