CARA MEMBUAT KACHORI KHAS INDIA

Resep Kachori Khas India Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Terkadang juga sering disebut Khasta Kachori, katanya kuliner kue ini Dorayakinya India. Rasanya nano nano alias mix campur-campur asam, asin, manis, dan pedes lumer di mulut menjadi satu. Itulah uniknya kue makanan khas India ini.

Foto Resep Kachori Khas India Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Kachori Khas India

Kachori adalah kue Dorayaki dari India dalam bahasa inggris Kachori is the Dorayaki of India. Makanan ini cukup populer di beberapa wilayah states di India bahkan Anda bisa menemukan Kachori di Karachi, Pakistan juga.

Menurut Situs Wikipedia. Kachori (diucapkan [kətʃɔːɽi]) adalah camilan goreng pedas, berasal dari anak benua India, dan umum di tempat-tempat dengan diaspora India dan diaspora Asia Selatan lainnya. Nama alternatif untuk makanan ringan termasuk kachauri, kachodi dan katchuri.

Gol Kachori / Dry Kachori - Snack India Haldiram's. Camilan India. Salah satu camilan berisi rempah pedas dan kacang mede maupun kacang khas India lainnya, wajib coba bagi pecinta rempah dan camilan pedas.

Gol Kachoris adalah jajanan bola yang renyah dan garing yang diisi dengan bumbu yang beraroma dan digoreng dengan hasil yang lezat. Kachoris seukuran gigitan ini sempurna untuk disajikan di setiap kesempatan dan dapat dipasangkan dengan saus tomat atau chutney pedas.

Sejarah asal usul mulanya. Kachori diyakini berasal dari wilayah sabuk Hindi di India. Di negara-negara bagian ini biasanya bola bulat pipih yang terbuat dari tepung halus diisi dengan isian campuran panggang moong dal atau urad dal (kacang kuda yang dihancurkan dan dicuci), besan (tepung gram yang dihancurkan dan dicuci), lada hitam, cabai merah bubuk, garam dan rempah-rempah lainnya.

Banarasidas, penulis biografi Ardhakathanaka, telah menyebutkan membeli Kachoris di Indore pada tahun 1613. Selama tujuh bulan, ia membeli satu ser Kachoris setiap hari, dan berutang dua puluh rupee.

Kota Kachori dari Rajasthan mungkin adalah kachori paling terkenal di negara bagian ini. Pyaaj Kachori (bawang kachori) juga sangat populer. Bentuk lain dari Kachori di Jodhpur adalah Mawa Kachori, yang ditemukan oleh mendiang Rawat Deora. Ini adalah hidangan manis yang dicelupkan ke dalam sirup gula.

Di Gujarat, biasanya bola bundar yang terbuat dari tepung dan adonan diisi dengan isian moong dal kuning, lada hitam, bubuk cabai merah, dan pasta jahe.

Di Delhi sering disajikan sebagai chaat. Delhi juga memiliki jenis kachori lain, yang disebut 'Khasta kachori' atau 'Raj Kachori' (cepat) kachori, dibuat dengan kentang, kelapa, dan gula. Kachoris sering disajikan dengan chutney yang terbuat dari asam, mint, atau ketumbar. Jenis lainnya digoreng dan diisi dengan kacang-kacangan (terutama urad dan moong) dan umumnya ditemukan di wilayah Kutch di Gujarat.

Di Benggala Barat dan Bangladesh, kachori (sering diucapkan kochuri) memiliki variasi yang cukup berbeda. Di Benggala Barat, kachori lebih lembut dan lebih kecil. Sebagian besar terbuat dari tepung putih (maida) dan asafoetida (hing), yang sering ditambahkan untuk membuatnya sangat lezat. Hal ini sebagian besar dimakan sebagai camilan waktu minum teh di pagi atau sore hari sering disertai dengan kari kentang-kacang yang lezat dan manisan Bengali. Juga, kachori yang diisi dengan kacang polong (koraishuti kochuri) adalah makanan lezat musim dingin di Bengal. Varian lain di Bengal yang kebanyakan ada di toko manisan adalah bentuk keras (seperti di Delhi) dengan masala di dalamnya yang disebut 'Khasta Kochuri'. Umumnya, tidak ada kari yang disertai dengan versi khasta kochuri.

Beberapa varian di India Utara termasuk versi yang mirip dengan Rajasthani, disertai dengan kari yang terbuat dari kentang dan rempah-rempah yang bervariasi atau bahkan chana (chole) yang mirip dengan yang disajikan di chole bhature.

Bentuknya bulat berisi olahan Dal makanya sering juga disebut dal kachori. Cara makannya, bolongin Kachori di tengah tengah jadi seperti kue donat, tuangkan saos manis berwarna merah kegelapan kedalam Kachori lalu taburi dengan mie kremes warna kuning. Kadang-kadang beberapa toko suka memberikan yogurt atau yoghurt di atas kue Kachori yang bikin rasa makanan ini “warna-warni” (asem, asin, manis, dan pedes dalam waktu bersamaan). Itulah keunikan kue kachori ini. Menarik bukan?. Jika ingin mencoba membuatnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kachori sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk jualan ide usaha bisnis kachori di Indonesia.

RESEP KHASTA KACHORI


BAHAN ADONAN :
  • 1 cangkir tepung terigu (tepung terigu atau maida)
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm minyak
  • 1/4 cangkir air dingin lebih atau kurang sesuai kebutuhan
BAHAN ISIAN DAL :
  • 1/4 cangkir moong kuning dal (tersedia toko kelontong India)
  • 1 sdt biji adas kasar dihaluskan (saunf)
  • 1 sdt biji ketumbar kasar dihaluskan (Dhania)
  • 1 sdt serpih merah dingin
  • 1/4 sdt jahe bubuk
  • 1/2 sdt mangga bubuk (amchoor)
  • Sejumput asafetida (hing)
  • 1/2 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera Anda)
  • 1 sendok makan minyak
  • 2 sendok makan air
  • Minyak untuk menggoreng
CARA MEMBUAT KACHORI :

Cara Membuat Dough :
  1. Campur tepung, garam dan minyak.
  2. Tambahkan air dingin perlahan-lahan, pencampuran dengan jari-jari Anda seperti yang Anda tuangkan.
  3. Jangan uleni adonan. Adonan dasar harus lembut.
  4. Tutup adonan dan biarkan duduk selama setidaknya lima belas menit.
Cara Membuat Isi Kachori :
  1. Menggiling moong dal kering, hampir bubuk.
  2. Campurkan satu sendok makan minyak ke dal tanah dalam wajan dan panggang di atas api sedang selama sekitar dua sampai tiga menit atau sampai dal berubah warna sedikit. Aduk terus menerus.
  3. Matikan api. Tambahkan semua bumbu aduk rata. Biarkan campuran dingin.
  4. Tambahkan dua sendok makan air hangat dan mencampurnya dengan baik. Biarkan duduk selama sepuluh menit dan tutup dengan kain Demp.
Cara Membuat Kachoris :
  1. Ambil adonan dan uleni untuk menit. Bagi adonan dalam dua belas bagian yang sama.
  2. Ambil satu bagian adonan dan dengan jari-jari Anda meratakan tepi dan membuat menjadi lingkaran 3-inch. Meninggalkan pusat sedikit lebih tebal kemudian tepi.
  3. Cetakan adonan ke dalam cangkir dan menempatkan 1 sendok teh mengisi di tengah. Tarik tepi adonan untuk membungkus dal mengisi. Lanjutkan untuk membuat semua 12 bola.
  4. Biarkan bola diisi duduk selama tiga sampai empat menit sebelum bergulir.
  5. Mengatur Kachoris pada permukaan dengan lapisan menghadap ke atas. Menggunakan dasar telapak tangan, perlahan-lahan meratakan mereka menjadi sekitar tiga inci diameter.
  6. Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang menggoreng panas pan harus memiliki sekitar satu inci dari minyak. Untuk memeriksa apakah minyak siap menempatkan sepotong kecil adonan dalam minyak. Adonan harus mendesis, dan datang sangat lambat.
  7. Menggorengnya dengan api sedang-rendah. Setelah mereka mulai puff, perlahan-lahan menyerahkan mereka. Goreng sampai cokelat keemasan di kedua sisi. Jika Kachoris digoreng pada panas tinggi, mereka akan mendapatkan lembut dan tidak akan renyah.
  8. Kachories dapat disimpan selama setidaknya satu minggu dalam wadah kedap udara
  9. Sajikan untuk 12 kachori.
TIPS & TRICKS :
  • Jangan menggulung Kachoris dengan rolling pin.
  • Bergulir pin dapat membuat lubang-lubang kecil dalam adonan yang membiarkan meresap minyak ke Kachoris, dan mereka juga dapat menyebabkan Kachoris untuk keluar dengan satu sisi lebih tebal dari yang lain.
ANEKA VARIASI :
  • Alih-alih menggunakan moong dal, Anda dapat menggunakan dicuci dal urad atau chana dal.
  • Sisa resep tetap sama.
SARAN CARA PENYAJIAN :
  • Kachoris dapat dilayani polos, dengan Tamarind Chutneys, chola, atau dengan Aloo Dum.
  • Melayani mereka sebagai chatting, menuangkan yoghurt polos dan chutney di atas.

CARA MEMBUAT KACHORI KHAS INDIA