CARA MEMBUAT SATE REMBIGA KHAS LOMBOK

Resep Sate Rembiga Khas Lombok Sederhana Spesial Sate di Lombok Lembut dan Empuk Asli Enak. Pernah dengar iklan google di tv mengenai sate di lombok oke google, Nusa Tenggara Barat, salah satunya sate daging rembiga ini disamping ada sate bulayak, sate pusut, sate ikan lombok, sate tanjung khas lombok, dll. Selain ayam taliwang dan pelecing kangkung yang kita kenal, sebenarnya aneka kreasi dan variasi olahan ayam khas Sasak ini masih banyak sekali jenisnya. Antara lain ayam rarang, manuk kelak bumbu rajang, dan ayam bumbu plecing.

Foto Resep Sate Rembiga Khas Lombok Sederhana Spesial Sate di Lombok Asli Enak
Resep Sate Rembiga Sate di Lombok

Selain aneka kreasi olahan ayam, sate dari Lombok, Mataram juga punya koleksi yang menggiurkan, tak kalah dengan sate dari daerah Jawa. Seperti sate rembiga daging sapi, sate pusut, dan sate ikan tanjung. Hidangan berkuah yang terkenal seperti bebalung iga sapi juga tak kalah segar rasanya. Deretan masakan Lombok ini sebagian bercitarasa pedas, gurih, dan manis. Beberapa sate rembiga lezat paling enak dan paling terkenal adalah sate rembiga Ibu Sinnaseh, sate rembiga goyang lidah, warung sate rembiga utama paling enak, dll.

Namun demikian, belum cukup lengkap jika tersaji tanpa sambal tambahan lagi. Dua jenis sambal yang populer adalah sambal goreng lindung dan sambal cengeh. Seluruh hidangan rumahan masyarakat suku Sasak ini tak akan Anda temui dengan mudah di restoran yang menyajikan makanan khas Lombok. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sate rembiga khas Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTT) sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung sate, rumah makan aneka masakan Lombok NTB Nusa Tenggara Barat, Mataram bahkan buka restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP SATE REMBIGA


BAHAN :
  • 300 gram daging sapi (usahakan bagian lulur, yang tanpa lemak)
  • Daun pepaya (daun kates)
  • 3 sdm Kecap Manis
  • Tusuk Sate
BUMBU DIHALUSKAN :
  • 6 siung bawah putih
  • 2 buah lombok besar
  • 3 buah lombok kecil (yang suka pedas boleh tambah)
  • Gula merah (kira kira seukuran 1/4 bola pingpong)
  • 1/2 sdt terasi
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT SATE REMBIGA LOMBOK :
  1. Cuci bersih daging sapi, lalu potong kotak kecil, kira kira satu setengah cm.
  2. Siapkan piring yang sudah diberi alas daun pepaya. Letakkan potongan daging dan tutup atasnya kembali dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih 2 jam (tergantung pada bagian dagingnya, bisa kurang ataupun lebih).
  3. Haluskan bumbu sate rembiga, setelah halus tambahkan kecap manis dan aduk rata.
  4. Ambil daging dan lumuri dengan bumbu halus yang sudah tercampur kecap
  5. Letakkan kembali daging yang sudah dilumuri bumbu ke piring beralas daun pepaya tadi, tutup kembali atasnya dengan daun pepaya. Biarkan beberapa saat hingga bumbu meresap ke dalam daging (30 menit atau lebih).
  6. Tusukkan 4 potongan daging pada satu tusuk sate, lakukan hingga habis. Dan Sate siap untuk dibakar.
  7. Sajikan.
TIPS & TRICKS :
  • Daun kates berfungsi untuk melunakkan daging sapi. Bila tidak menemukan daun pepaya, bisa diganti dengan parutan nanas, didiamkan cukup 15 menit saja, karena nanas lebih cepat mengempukkan daging. Menurut beberapa orang, dengan nanas mungkin akan sedikit merubah rasa.

CARA MEMBUAT SATE REMBIGA KHAS LOMBOK