CARA MEMBUAT SATE KELINCI


Resep Sate Kelinci Bumbu Kacang Sederhana Spesial Asli Enak. Resep sate kelinci sambal kacang pedas ini bisa Anda ganti dengan bumbu kecap ini juga dapat Anda jadikan modal untuk membuka usaha rumah makan khusus daging kelinci karena peluang usaha sate kelinci (rabbit satay) masih sangat berkembang karena masih jarang ditemukan di tengah kota kebanyakan rata-rata membuka usaha bisnis sate kelinci di tempat-tempat wisata alam yang udaranya sejuk misalnya di Bandung banyak terdapat di Lembang, di Bali terdapat di Bedugul, di Jawa Tengah, dan masih banyak lagi di daerah lain.

Sebelum kita memasak dan mengolah daging kelinci menjadi masakan yang lezat dan bergizi. Ada baiknya kita baca daging kelinci itu halal ataukah haram untuk dikonsumsi umat Islam?. Berikut menurut sumber food detik penjelasannya. Sebagian orang merasa tak tega menyantap daging kelinci, mamalia berbulu yang sering dijadikan peliharaan. Padahal, daging kelinci halal menurut Islam. Namun, ada pula sebagian Muslim yang menganggap daging kelinci haram dikonsumsi. Mana yang benar?.

Foto Resep Sate Kelinci Bumbu Kecap Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sate Kelinci

Meski tak sepopuler daging sapi atau ayam, daging kelinci juga dikonsumsi di Eropa, Tiongkok, Amerika, dan sebagian Timur Tengah. Rasanya disebut-sebut mirip daging ayam yang cocok dipadukan dengan bumbu apa saja dan rasanya lezat banget lembut dan empuk. Daging kelinci juga memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan bagi lingkungan masyarakat manusia, diantaranya memiliki khasiat mencegah kanker, mengobati dan mencegah penyakit jantung, dapat menyembuhkan penyakit asma, untuk masa pertumbuhan anak, dll.

Daging kelincipun lebih rendah lemak dibanding daging sapi, babi, dan ayam. Dagingnya juga disebut-sebut rendah kolesterol dan tinggi protein. Namun, kandungan asam lemak esensialnya tak begitu banyak. Daging kelinci pun banyak mengandung vitamin B12, B3, serta kandungan air, natrium, kalsium, protein, dll.

Sebagian muslim menilai daging kelinci haram dikonsumsi. Alasannya, seperti dilansir IslamQuest.net (05/03/2011), kelinci termasuk hewan yang telah mengalami maskh (perubahan dari satu bentuk menjadi bentuk lain). Hewan lainnya adalah monyet, babi, anjing, gajah, serigala, tikus, cicak, dan sebagainya.

Kelinci juga dianggap haram karena memiliki cakar seperti kucing dan hewan-hewan buas. Selain itu, kelinci diyakini memiliki darah mirip darah wanita (yang dikeluarkan saat menstruasi). Maka, dagingnya haram.

Bagaimanapun juga, tampaknya lebih banyak ulama yang memperbolehkan konsumsinya. Salah satunya adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lewat sidang di Jakarta pada 12 Maret 1983, Komisi Fatwa MUI menetapkan bahwa hukum memakan daging kelinci adalah halal.

Keputusan ini didasari hadis yang diriwayatkan Jamaah - Nail al-Autarjus 7 hal. 137. "Dari Anas, ia berkata: Melintas di depan kami seekor kelinci di Marri Zahran, maka orang-orang mengejar dan menangkapnya, dan aku mendapatinya. Maka aku memberikan kepada Abu Talhah lalu disembelihnya. Dan ia mengirim kepada Rasulullah kedua pahanya dan beliau menerimanya."

Majelis Ulama Indonesia MUI juga mempertimbangkan surat permintaan Direktur Urusan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji Departemen Agama RI di Jakarta No: D11/5/HK.03.1/3647/1982 tanggal 27 November 1982 tentang daging kelinci. Termasuk pula Surat Sekretaris Direktur Jenderal Peternakan Direktorat Jenderal Peternakan Departemen Pertanian RI di Jakarta No: 512NI1b/E tanggal 8 Juli 1982.

Daging kelinci selain dimasak sate bisa juga Anda kembangkan ke macam-macam jenis masakan, misalnya gulai kelinci, soto kelinci, tongseng kelinci, steak kelinci, dan sebagainya. Berikut resepi sate kelinci bumbu kacang atau dengan sambal kacang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis simpel.


RESEP SATE KELINCI


BAHAN :
  • 1 ekor daging kelinci
  • 1 sdm minyak goreng
  • Tusuk sate dari bambu
BUMBU MARINATING DAGING KELINCI :
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt asam jawa
BAHAN SAMBAL KACANG :
  • 50 gram kacang tanah, goreng
  • 4 buah cabe rawit, atau sesuai selera anda
  • 2 buah cabe merah, atau sesuai selera anda
  • 75 mili liter air matang
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 3 butir bawang merah, iris tipis tipis
  • Gula merah seperlunya
CARA MEMBUAT SAMBAL KACANG :
  1. Hancurkan kacang tanah goreng, campurkan dengan cabe merah dan cabe rawit higga merata.
  2. Berikan gula merah seperluya, tuangkan air di ikuti kecap manis. Aduk hingga merata.
  3. Sambal kacang siap di gunakan.
CARA MEMBUAT SATE KELINCI :
  1. Buang tulang dari daging kelinci, potong kecil kecil daging kelinci berbantuk dadu.
  2. Campurkan dan haluskan semua bumbu marinating daging kelinci.
  3. Aduk potongan daging dengan minyak goreng dan bumbu marinating, kemudian diamkan kurang kebih selama 20 - 30 menit agar bumbu dapat meresap pada daging kelinci.
  4. Tusukan 3 - 4 potong daging di setiap tusukan sate.
  5. Bakar daging sate kelinci di atas bara api hingga matang, bolak balik sate saat memanggang atau membakar sate.
  6. Sate kelinci yang sudah di panggang di siram dengan sambal kacang, aduk sebentar agar seluruh sate kelinci terlumuri sambal kacang.
  7. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SATE KELINCI