CARA MEMBUAT TAHU ACI PLETOK KHAS TEGAL

Resep Tahu Aci (Tahu Pletok) Khas Tegal Slawi Sederhana Spesial Renyah Asli Enak. Nama makanan aneka kreasi olahan tahu ini adalah tahu aci dengan nama kerennya tahu pletok yang masih termasuk golongan aneka kreasi olahan goreng-gorengan. Dari sebutannya makanan tahu ini unik "Pletok" mirip dengan nama bir pletok khas Betawi mungkin karena saking garingnya crispy. Tapi tahu pletok ini adalah jajanan ala Slawi Tegal. Kini sudah menyebar ke kota-kota besar di seluruh Indonesia, seperti di Semarang, Surabaya, Bandung, Jakarta, dll. Cara makannya bisa hanya pakai cabai atau cabe rawit atau dicolek sambal pedas atau sambal kecap.

Gambar Tahu Aci (Tahu Pletok) Khas Tegal Slawi

Tahu aci atau sering disebut juga tahu pletok adalah tahu khas daerah Slawi, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Sederhana saja sebetulnya, hanya tahu yang dipotong-potong berbentuk segitiga dan diberi pulungan adonan aci (kanji) di atasnya lalu digoreng. Tapi, untuk musim hujan seperti sekarang ini, tahu aci bisa menjadi teman minum teh Anda bersama keluarga. Berikut resepi tahu pletok sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP TAHU ACI (TAHU PLETOK)


BAHAN :
  • 10 buah tahu kuning ukuran sedang
  • Tepung kanji atau tepung sagu
  • Daun bawang / daun kucai iris tipis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Air es
CARA MEMBUAT TAHU ACI (TAHU PLETOK) :
  1. Potong tahu menjadi 2 bagian secara diagonal, sehingga tahu berbentuk segitiga. Sisihkan.
  2. Campur tepung kanji, daun kucai, bawang putih, merica bubuk, dan garam. Uleni dengan air sampai adonan bisa dipulung.
  3. Ambil sepotong tahu, beri pulungan di atasnya, lalu goreng dalam minyak panas.
  4. Setelah kekuningan dan aci matang, angkat dan tiriskan minyaknya. Tahu aci ini enak disantap saat hangat bersama dengan cabai rawit, kecap sambal, atau sambal kacang.
  5. Sajikan.

CARA MEMBUAT TAHU ACI PLETOK KHAS TEGAL