CARA MEMBUAT PISANG GORENG PONTIANAK


Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes Crispy Sederhana Spesial Renyah Asli Enak. Terkadang juga disebut pisang goreng kremes khas Pontianak original yang garing krispi. Mungkin Anda bertanya-tanya. Apakah Pisang Goreng Pontianak itu?.

Menurut situs Negerikuindonesia. Pisang Goreng Pontianak adalah salah satu jajanan tradisional dari Kalimantan Barat. Pisang Goreng Pontianak ini merupakan suatu aneka kreasi olahan pisang goreng yang unik. Kremesnya yang kriuk renyah menjadikan cita rasa yang khas pada jajanan satu ini.

Foto Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes Crispy Sederhana Spesial Renyah Asli Enak
Gambar Pisang Goreng Pontianak Kremes Crispy

Jenis buah pisang yang sering di gunakan pada pisang goreng ini adalah pisang gepok/ pisang kepok dan ada juga yang pakai pisang uli. Pisang ini di pilih karena pisang kepok memiliki kadar air yang tidak terlalu tinggi di banding pisang-pisang lainnya, sehingga cocok untuk di olah sebagai pisang goreng. Selain itu pisang yang di gunakan tidak terlalu masak, karena tingkat kematangan pisang akan mempengaruhi cita rasanya.

Cara proses pembuatannya, pisang ini di goreng dengan 2 tahap penggorengan. Langkah pertama pembuatan kremesan, pada tahap ini adonan di goreng dengan minyak yang panas, sehingga adonan bisa mengembang. Setelah kremesan sudah jadi, baru di masukan pisang yang sudah di bumbui ke dalam kremesan tersebut sehingga kremesan bisa menempel pada pisang yang di goreng.

Keunikan pada Pisang Goreng Pontianak terletak pada kremesan yang menyelimuti pisang tersebut. Sensasi kriuk dari kremesan pisang itu membuat kita tidak berhenti untuk menikmatinya. Namun kremesan yang di gunakan pada pisang goreng ini tidak boleh terlalu banyak, karena apabila kremes terlalu banyak maka rasa manis dari pisang kurang terasa. Selain kremesnya, salah satu keunikan pada pisang goreng ini terletak pada bentuknya. Pengirisan pada pisang di bentuk seperti kipas, sehingga akan terlihat menarik.

Pada perkembangannya, Pisang Goreng Pontianak tidak hanya terkenal di daerahnya saja. Namun pisang goreng ini telah menyebar ke kota lain, misalnya Jakarta, Bandung, Denpsar, Surabaya, Medan, dll. Pisang goreng inipun menjadi salah satu jajanan faviorit paling disukai di Indonesia sebagai usaha dan bisnis kuliner yang menjanjikan. Seiring perkembangannya, mulai banyak aneka kreasi olahan pisang goreng ala Pontianak dalam penyajian pisang goreng satu ini di antaranya di tambahkan berbagai rasa seperti rasa coklat, rasa susu, strawberry, madu, keju, dll.

Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan Barat khususnya kota Pontianak, jajanan khas satu ini tentu tidak boleh terlewatkan. Pisang Goreng Pontianak ternyata tidak hanya bisa dimakan di tempat, namun juga bisa di jadikan oleh – oleh. Penjual pisang goreng ini bisanya menggoreng pisang 2 jenis, dengan setengah matang dan matang. Yang mantang bisa tahan hingga 1 hari dan yang setengah matang bisa tahan sampai 4 hari. Berikut resepi pisang goreng Pontianak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP PISANG GORENG PONTIANAK


BAHAN :
  • 10 buah pisang kepok matang atau pisang uli
  • 1 1/2 liter minyak goreng
BAHAN ADONAN PENCELUP :
  • 125 tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt garam
  • 250 ml air
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 1/2 sdm gula tepung
BAHAN KREMESAN :
  • 1 liter air
  • 240 gram tepung beras
  • 45 gram tepung sagu tani
  • 1/2 sdm garam
  • 20 gram gula merah, disisir halus
  • 2 kuning telur
  • Pewarna kuning tua seperlunya (opsional) lebih baik pakai madu
CARA MEMBUAT PISANG GORENG PONTIANAK :
  1. Potong pisang dengan bentuk seperti kipas melebar, lalu sisihkan.
  2. Aduk-aduk bahan pencelup sampai merata.
  3. Aduk-aduk bahan kremesan sampai merata.
  4. Panaskan minyak goreng, Tuang satu sendok sayur adonan untuk kremesan, biarkan sampai menggambang, kemudian kecilkan api. Kumpulkan adonan sampai menyatu, celup pisang pada bahan pencelup, lalu masukan ke bagian tengah kremesan yang telah dikumpulkan, kemudian lipat kremesan sampai menutupi pisang.
  5. Goreng sampai pisang matang.
  6. Sajikan panas atau hangat.

TIPS & TRICKS :

Tips Membuat Pisang Goreng Pontianak :

  • Pemilihan sari bahan baku pisang harus sesuia, apabila terlalu masak atau masih mengkal maka rasa dari pisang goreng ini akan berubah. Pisang yang masing mengkal ini akan memberikan hasil yang bagus sebab pisang goreng masih kering dan rasanya agak sepat. Untuk pisang goreng yang terlalu masak maka hasi dari pisang goreng pun tidak bagus sebab terlalu berair.
  • Berikanlah daun pandan pada minyak yang akan digunakan menggoreng supaya pisang mempunyai aroma yang sedap atau harum.
  • Menggoreng pisang kremes ini lebih baik menggunakan 2 penggorengan yang setiap penggorengan diberi minyak panas. Untuk penggorengan pertama digunakan sebagai penuang bahan kremesan sampai melipat adonan, lalu penggoreng yang kedua digunakan sebagai pematang pisang goreng.
  • Pada saat menuangkan bahan kremes ini minyak harus benar – benar panas supaya bahan kremesan ini bisa naik serta mengambang.
  • Setelah bahan kremesan mengambang kecilkan api supaya bahan kremesan ini tidak cepat kering.

Cara membuat pisang goreng pontianak ini sangat mudah bukan, usaha untuk pisang goreng jenis ini pasti akan sangat laku dipasaran. Karena rasa renyah diluar serta lembut didalam ini akan sangat banyak disukai orang.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PISANG GORENG PONTIANAK