CARA MEMBUAT PEMPEK IKAN TERI PALEMBANG


Resep Pempek Ikan Teri Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Mendapatkan ikan tenggiri segar untuk pempek yang lezat terkadang memang susah harus pesan terlebih dahulu jika sudah punya langganan ikan di pasar ikan atau pasar tradisional. Apalagi bila tidak musim ikan akan semakin sulit memperoleh ikannya apalagi ikan belida yang memang ikan asli pempek Palembang karena sudah langka di sungai Musi. Jadi boleh dicoba untuk buat pempek dari ikan teri asin Palembang atau ikan teri medan yang memang dagingnya dan tubuh serta kepalanya lebih besar jika dibanding dengan ikan teri jengki atau ikan teri lainnya seperti ikan teri nasi, kan terlalu kecil walaupun bisa juga dibuat pempek teri nasi, kalau masalah rasa sedap juga, walau tampilannya tidak secantik dan menarik empek-empek yang pakai ikan tenggiri/ikan gabus/ikan berdaging putih lainnya, putih bersih. kalau pempek ikan teri warnanya agak sedikit gelap cenderung hitam mungkin karena kepala ikan yang masuk juga ke dalam adonan.

Foto Resep Pempek Ikan Teri Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak
Gambar Pempek Ikan Teri

Di Palembang, Sumatera Selatan dan di Bengkulu terutama di pasar-pasar tradisional banyak penjual pempek yang jualan pempek teri atau pempek iwak teri, bahkan ada juga yang membuat pempek dari kepala ikan teri saja, pempek ini biasanya berbentuk pempek lenjer panjang besak mak lengan sebenarnya mudah saja mengenali dan membedakannnya dengan pempek ikan tenggiri warna pempek ikan teri berwarna agak gelap cenderung kehitaman. Berikut resep pempek ikan teri yang sedap dan istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP PEMPEK IKAN TERI

Sumber : Mama Khayla

BAHAN :
  • 500 gram tepung terigu
  • Air panas
  • 250 gram ikan teri Palembang bisa juga pakai teri medan, belah buang tulang dan kepalanya, pilih yang kuning besar (rendam dengan air panas)
  • Penyedap rasa sedikit saja
  • 700 gram-1 kg tepung sagu tani/kanji/tapioka tergantung banyak dan sedikitnya air panas tadi
  • 2 telur kocok lepas.
  • Air untuk merebus pempek
CARA MEMBUAT PEMPEK IKAN TERI :
  1. Tepung terigu diberi air panas sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
  2. Ikan teri di siram air panas, tiriskan lalu di giling halus (blender), lalu masukkan ke adonan terigu,aduk pakai sendok hingga rata.
  3. Setelah rata, lalu masukkan tepung kanji/tapioka sedikit demi sedikit,sambil di aduk pakai ujung jari, jangan terlalu di uleni nanti jadinya alot.
  4. Ambil sedikit adonan,bentuk mangkok, jika adonan belum bisa di bentuk,sambil di tambah tepung kanji hingga bisa di bentuk.lalu isi dengan 1 sdm telur yang sudah di kocok lepas dan di beri sedikit garam.
  5. Tutup mangkok adonan atau bisa di plintir seperti pastel. atau jika malas,bisa di bentuk panjang-panjang seperti pempek lenjer atau bulat saja, tanpa di isi telur atau bentuk pempek sesuai selera.
  6. Lalu rebus pempek dalam air mendidih,hingga mengapung. jika sudah mengapung,tunggu agak lama, agar dalamnya benar benar matang.
  7. Tiriskan, pempek sudah bisa di goreng.
  8. Hidangkan bersama cuko pempek, resep bikin cuko kental bisa di lihat di artikel cara membuat cuko.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PEMPEK IKAN TERI PALEMBANG