CARA MEMBUAT OLAHAN BUAH GAYAM

Resep Mengolah Buah Gayam Tradisional Sederhana Spesial Asli Enak. Buah gayam atau biji buah gayam dapat dinikmati dengan cara direbus dahulu biasanya dicampur dengan garam sedikit maka menjadikan rasa gayam gurih. Buahnya biasa dimakan anak-anak, setelah direbus terlebih dahulu. Sedangkan biji gayam dapat dimanfaatkan untuk membuat tepung atau sereal yang dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat bermacam-macam jenis kue kering maupun kue basah tradisional jajanan pasar dan kue modern. Selain itu biji gayam yang dikeringkan dapat dibuat cemilan keripik gayam lezat yang renyah dan crispy dengan aneka rasa pedas, manis, dan gurih sehingga keripik gayam dapat dijadikan oleh-oleh khas daerah.

Foto Gambar Buah dan Biji Gayam
Gambar Buah dan Biji Gayam

Menurut situs Wikipedia. Gayam atau gayang (Inocarpus fagifer) adalah pohon yang mampu tumbuh setinggi 20 meter dengan diameter 4 hingga 6 meter. Pohon ini biasa ditanam di pedesaan sebagai peneduh pekarangan dan kuburan. Pohon ini seringkali tumbuh berdekatan dengan kolam atau mata air sehingga diduga memiliki kemampuan menyerap air yang kuat dari sekitarnya. Karena anggapan itu, gayam juga merupakan salah satu tumbuhan penghijauan. Pohon gayam memang sudah agak langka di Indonesia, bagian dari gayam yaitu buahnya ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang tidak tahu tentang hal tersebut.

Buah gayam berjenis polong berbentuk ginjal dan tidak pecah dengan kulit buah yang keras. Buah gayam mempunyai 1 biji berbentuk gepeng. Kulit biji keras dengan endosperm putih. Ketika mentah buah berwarna hijau dan menjadi kuning atau kecoklatan ketika masak.

Berikut khasiat dan manfaat buah gayam untuk kesehatan :
  1. Membersihkan kotoran dalam usus dan saluran percernaan. Buah gayam memiliki kandunga zat kimia saponin dimana kandungan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dalam usus besar dan saluran pencernaan.
  2. Menjaga kekebalan tubuh. Buah gayam juga memiliki kandungan Flavonoida (zat antioksidan) kandungan ini berfungsi untuk kekebalan tubuh sehingga tubuh terjaga dari berbagai penyakit.
  3. Membantu usus dalam menyerap sari makanan. Tanin merupakan unsure senyawa yang terdapat pada buah gayam ini berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses.
Seperti dikutip dari situs Life Viva gayam bisa diolah menjadi sereal lalu diolah kembali menjadi kue lezat. Biji dari buah gayam selama ini hanya dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi keripik gayam, kue gayam, bubur gayam khas Banjar, ataupun biji buahnya hanya direbus lalu disantap.

Foto Gambar Buah Gayam Rebus
Gambar Buah Gayam Rebus

Namun dengan berkembangnya zaman dan juga tuntutan agar lebih praktis, maka biji buah gayam dapat diolah menjadi sereal yang selama ini lebih banyak kita temui lewat bahan dasar jagung, gandum atau beras.

Sekelompok Mahasiswa FMIPA UNY berhasil membuat sereal dari biji gayam. Pemanfaatan biji buah gayam sebagai sereal dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi biji buah gayam. Secara tidak langsung apabila masyarakat mulai menyukai biji buah gayam maka mereka akan membudidayakan tumbuhan gayam untuk dimanfaatkan bijinya.

Lailatul Fitriyah dan Dwi Nugrohowati dari program studi Pendidikan Biologi, Felita Aprilla Zora dari program studi Fisika, Mariana Ramelan dari program studi pendidikan matematika serta Niken Ambar Pratiwi dari program studi kimia mengolah biji buah gayam yang banyak terdapat di daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta menjadi sereal.

Lailatul Fitriyah mengatakan bahwa biji gayam dapat dimanfaatkan menjadi sereal karena memiliki asupan gizi yang baik bagi sistem pencernaan.

“Selain itu biji gayam juga mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menggantikan peran nasi sebagai makanan pokok” kata Lailatul Fitriyah, Rabu 27 Mei 2015.

Selain itu gayam memiliki kandungan zat antioksidan, kandungan ini berfungsi untuk kekebalan tubuh sehingga tubuh terjaga dari berbagai penyakit. Tanin merupakan unsur senyawa yang terdapat pada biji gayam ini berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses.

Gadis kelahiran Blitar, 8 November 1995 tersebut mengungkapkan bahwa gayam memiliki kandungan karbohidrat, protein dan lemak yang merupakan sumber energi yang tinggi. Selain itu terkandung pula mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi sebagai pengatur fungsi tubuh. Biji gayam memiliki potensi nutrisi yang baik. Pengolahan biji gayam dapat dikembangkan untuk memberdayakan potensinya dalam perdagangan.

Dwi Nugrohowati menambahkan bahwa secara tradisional biji gayam dikonsumsi terutama dalam bentuk biji rebus. Biji gayam rebus bersifat kesat sehingga jika dikonsumsi bersifat mengenyangkan, tetapi sulit dicerna.

“Ini yang menyebabkan masyarakat enggan untuk mengolah biji gayam tersebut” kata Dwi Nugrohowati.

Biji gayam terasa hambar sehingga pada saat musim berbuah, buah gayam hanya dibiarkan berjatuhan dan hanya sebagian orang saja yang mau mengomsumsinya. Menurut Felita Aprilla Zora membuat sereal gayam cukup sederhana. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gayam tradisional sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue dan dan oleh-oleh khas.

RESEP KUE GAYAM


BAHAN :
  • Tepung gayam
  • Tepung terigu
  • Tepung maizena
  • Margarin
  • Kuning telur
  • Gula halus
  • Cokelat bubuk
  • Choco chip
  • Pengembang
  • Vanili
CARA MEMBUAT KUE GAYAM CHOCO CHIPS :
  1. Cara Membuat Tepung Gayam : Buah gayam dipilah kemudian dikupas dan diambil bijinya, kemudian dicuci bersih. Setelah itu biji gayam dijemur hingga kering lalu digiling menjadi tepung persatu sambil terus dikocok dengan mixer.
  2. Cara Membuat Kue Gayam Coklat Cookies Choco Chips : Langkah berikutnya masukkan campuran tepung, coklat bubuk dan pengembang sedikit demi sedikit hingga semua tercampur. Adonan lalu dikocok sampai kalis dan dapat dibentuk.
  3. Kemudian adonan dicetak sesuai selera dan hias dengan choco chip, letakkan dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Panggang dalam oven selama 15 menit kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Sereal gayam siap dihidangkan.
  5. Sajikan.

RESEP KERIPIK GAYAM


BAHAN :
  • Gayam
BUMBU :
  • Garam
  • Penyedap rasa untuk rasa gurih
  • Gula halus untuk rasa manis
  • Cabai bubuk untuk rasa pedas
CARA MEMBUAT KERIPIK GAYAM RENYAH :
  1. Biji gayam dibersihkan dari kulit dalam.
  2. Biji gayam yang sudah bersih dipotong tipis-tipis sambil direndam dalam air bersih agar tidak berwarna coklat.
  3. Goreng gayam yang sudah dipotong-potong.
  4. Campurkan bumbu dengan gayam yang sudah digoreng setengah matang.
  5. Gayam digoreng kembali sampai kuning kecoklatan.
  6. Jika menginginkan rasa manis, campurkan gula halus secukupnya.
  7. Sajikan.

CARA MEMBUAT OLAHAN BUAH GAYAM