CARA MEMBUAT SAMBAL BACANG KHAS PALEMBANG

Resep Sambal Bacang Khas Palembang Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Sambal bacang atau bisa diganti buah kuweni atau kueni atau kuwini, kwini ataupun mangga kuweni, dan bisa juga diganti dengan buah kemang. Sambal mangga bacang Khas Palembang, Sumatera Selatan SUMSEL ini rasanya pedas, asam, asin dan manis empat rasa menjadi satu. Sambal bacang berasal dari daerah Palembang Sumatera Selatan, sehingga terkadang didaerah lain mungkin jarang ada yang membuatnya. Kalau resep sambal mangga muda atau sambal mangga tua banyak. Malah telah dibisniskan dengan usaha rumah makan atau restoran biasanya sebagai teman makan ikan goreng, ayam goreng, atau seafood goreng atau makanan laut. Sambal buah ini bisa menggunakan atau pakai buah nanas/mangga muda/kweni/bacang/kemang/mangga matang atau masak/mangga manis, mangga Indramayu, dll.

Menurut situs Wikipedia. Bacang adalah nama sejenis pohon buah yang masih sekerabat dengan buah mangga. Orang sering menyebut buahnya sebagai bacang, ambacang (Min.), embacang, mbacang, mangga bacang, atau pakel. Juga dikenal dengan aneka nama daerah seperti limus (Sd.), asam hambawang (Banjar), macang atau machang (Malaysia), maa chang, ma chae atau ma mut (Thailand), la mot (Myanmar) dll. Dalam bahasa Inggris disebut bachang atau horse mango, sementara nama ilmiahnya adalah Mangifera foetida Lour.

Foto Sambal Bacang Sederhana Spesial Pedas, Asem, Asin dan Manis Khas Palembang Asli Enak
Gambar Sambal Bacang Asam Pedas Manis

Bacang (Mangifera foetida) adalah salah satu jenis buah yang masih satu kerabat dengan mangga yang dikenal memiliki aroma yang wangi khas dan mirip dengan Kweni (Mangifera odorata), Juga masih kerabat dengan Kemang (Mangifera kemanga).

Baca Juga :


Asal usulnya berbeda dengan mangga, bacang belum mengalami proses seleksi yang jauh, sehingga lebih beragam dan kurang memiliki sifat-sifat yang disukai orang.

Bacang ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Borneo. Sejak dahulu, pohon ini telah dibudidayakan secara luas di wilayah tersebut, yang lalu menyebar pula ke daerah-daerah sekitarnya seperti ke wilayah Indocina dan Tenasserim selatan di Burma, dan ke Filipina. Di Jawa jenis ini juga telah ditanam lama, dan bahkan sebagiannya telah meliar pula.

Bacang berkerabat dekat, dan kadang-kadang dikelirukan dengan kuweni. Yang belakangan ini memiliki rasa dan keharuman yang lebih halus, sehingga banyak disukai orang.

Di Kalimantan juga dikenal kerabat dekatnya yang disebut asam payang (Mangifera pajang). Jenis endemik Kalimantan ini berbuah lebih besar, berkulit lebih tebal, manis asam, dan baunya tidak begitu menyengat.

Hasil dan Kegunaan Bacang terutama ditanam untuk buahnya, yang biasa dimakan dalam keadaan segar jika masak. Wanginya yang khas menjadikan buah ini digemari sebagai campuran minuman atau es, meski masih kalah kualitas jika dibandingkan dengan kuweni (Mangifera odorata).

Getah bacang yang gatal juga terdapat pada buahnya; akan tetapi jika masak, getah ini terbatas berada hanya pada kulitnya. Dengan demikian buah bacang perlu dikupas agak tebal, supaya getah itu tidak melukai mulut dan bibir dan menyebabkan bengkak-bengkak dan rasa terbakar. Getah bacang hendaknya dicuci dahulu, baru bisa dimanfaatkan sebagai rujak. Buah bacang yang muda biasanya direndam dalam air garam, sesudah dikupas dan dipotong-potong, agar dapat dijadikan rujak atau asinan. Di Kalimantan Timur, bacang juga kerap digunakan sebagai asam dalam membuat sambal.

Kayu bacang tidak begitu baik kualitasnya, namun kadang-kadang dimanfaatkan dalam konstruksi ringan di dalam rumah. Khasiat dan manfaat daunnya dapat digunakan sebagai penurun demam, dan bijinya untuk mengobati penyakit jamur, kudis dan eksem. Getahnya untuk memperdalam gambar tato tradisional.

Nilai gizi buah bacang dalam 100 gram, bacang yang sudah matang mengandung kalori 98 gram, protein 1,4%, lemaknya cukup sedikit, yakni 0,2 %. Air yang terkandung juga cukup banyak, yakni 72,5%. Bagi orang yang ingin langsing/kurus, bisa menjadikan bacang sebagai menu diet-nya. Sambal bacang, pelengkap hidangan musiman khas Palembang. Tekstur sambal menjadi cukup lengket dan rasanya hampir sama dengan makan rujak. Sambal ini sangat enak dinikmati dengan nasi dan lauk. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambal mangga bacang pedas, asin, asem, manis rasa campur-sampur takaran sendok sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung nasi, rumah makan maupun buka restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP SAMBAL BACANG


BAHAN :
  • 1 sdm terasi/caluk
  • 8 buah cabe merah keriting
  • 6 buah cabe rawit
  • Garam secukupnya
  • 1 buah Bacang/ kueni yang agak matang
  • Gula merah sedikit
CARA MEMBUAT SAMBAL BACANG :
  1. Terasi digongseng (disangrai) tanpa minyak, hingga matang
  2. Haluskan cabe, campuran terasi dan gula secukupnya hingga halus
  3. Cacah/cincang/ serut kueni atau bacang, masukan dalam sambal terasi
  4. Tambahkan gula merah secukupnya
  5. Aduk hingga merata,
TIPS & TRICKS :
  • Kupas buahnya bacang/kueni agak tebal agar getahnya hilang kemudian cincang kasar.
  • Sambal Bacang/Kueni ini enak disantap bersama Nasi hangat dan Pindang Khas Palembang/Sumsel.

CARA MEMBUAT SAMBAL BACANG KHAS PALEMBANG