CARA MEMBUAT MINYAK KELAPA MURNI VIRGIN COCONUT OIL VCO


Resep Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil (VCO) Sederhana Dengan Cara Basah atau Metoda Fermentasi Spesial Asli Enak. Berikut ini teknologi tradisional pembuatan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil tanpa pemanasan, non enzimatis (tanpa penambahan bahan kimia). Bisa tonton video cara membuat vco di situs Youtube penjelasannya cukup detail, sehingga tulisan cara membuat vco ini, ternyata cukup mudah dan praktis dan sebagian peralatan telah tersedia di dapur kita.

Menurut situs Vco-id. Kelapa telah lama dimanfaatkan oleh manusia baik sebagai bahan pangan maupun manfaat lainnya. Saat ini pemanfaatan kelapa lebih berkembang dengan pembuatan kelapa menjadi minyak goreng atau minyak sayur dan minyak kelapa murni atau 100% VCO minyak kelapa.

Foto Resep Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil (VCO) Sederhana Dengan Cara Basah atau Metoda Fermentasi Spesial Asli Enak
Gambar Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil (VCO)

Banyak bahan alami di sekitar kita yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah minyak kelapa. Mudahnya mendapatkan bahan baku menjadikan cara membuat minyak kelapa tidak sesulit yang dibayangkan.

Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang diduga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan untuk bayi, ibu hamil, dan orang dewasa Pria dan wanita. Bahan-bahan penyusun minyak kelapa antara lain asam laurat sebanyak 44 persen dan asam miristat sebanyak 16,8 persen.

Minyak kelapa murni ramai diperbincangkan di Indonesia karena khasiat dan manfaat bagi kesehatan yang banyak sekali, diantaranya :

Begitu Banyak Manfaat Minyak Kelapa

Dengan komposisi di atas, minyak kelapa ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa kondisi yang mungkin bisa dibantu berkat penggunaan minyak kelapa.

  • Diabetes. Minyak kelapa mungkin bisa memperbaiki toleransi penderita diabetes terhadap glukosa dan memperbaiki resistensi insulin. Pemakaian minyak kelapa juga dianggap dapat mengurangi timbunan lemak.
  • Kolesterol tinggi. Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak mengalami perubahan. Penelitian lain menyatakan konsumsi minyak kelapa tidak meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Sayangnya, penelitian mengenai efek minyak kelapa terhadap kolesterol dan penyakit jantung masih belum banyak.
  • Menurunkan berat badan. Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, pemakaian minyak kelapa mungkin baik bagi penderita obesitas. Kandungan lemak rantai yang sedang dalam minyak kelapa berkemungkinan bisa menurunkan berat badan.
  • Kutu rambut. Mengoleskan minyak kelapa pada rambut mungkin efektif untuk menjauhkan anak-anak dari kutu. Minyak kelapa diprediksi berperan sebagai pembunuh serangga alami sehingga membuat kepala anak-anak terbebas dari kutu.
  • Melembabkan kulit. Sejumlah penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa pemakaian minyak kelapa dua kali sehari pada orang dengan kulit kering akan membantu melembabkan kulit.

Minyak kelapa murni diyakini memiliki sejumlah khasiat dan manfaat untuk menjaga kesehatan manusia seperti mengurangi gejala salah cerna makanan, mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan membantu pencegahan infeksi bakteri, virus serta jamur.

Minyak kelapa murni (VCO) dipercaya mengandung antioksidan dan vitamin E yang bisa membantu mencegah penyakit kanker. Minyak ini juga diyakini baik untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut dan halus serta mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Pengolahan VCO dapat dilakukan dalam skala rumah tangga terutama oleh para petani maupun untuk usaha sebagai peluang usaha VCO.

Cara membuat VCO dengan metode sederhana, alat dan investasi yang terjangkau oleh petani, hasil olahan dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi dengan prospek pasar yang cukup menjanjikan, sehingga diharapkan pengolahan ini dapat meningkatkan pendapatan petani.

Teknologi untuk memproduksi VCO sangatlah beragam. Salah satunya adalah dengan pengolahan cara basah atau fermentasi, tanpa pemanasan dan enzimatis atau bahan pembantu kimia.

Pengolahan ini dilakukan menggunakan teknologi dan alat sederhana sekali.

Cara Membuat VCO

Persiapan Membuat VCO untuk mendapatkan hasil yang baik, harap diperhatikan hal hal sebagai berikut :
  1. Pemilihan bahan baku. Kelapa yang baik untuk dijadikan bahan baku memiliki ciri sabut berwarna coklat, belum tumbuh bahan tunas, masih mengandung air kelapa sehingga bila diguncangkan terdengar suara gemercik air. Sebaiknya buah kelapa yang digunakan berusia 10-12 bulan. Setelah dipetik, buah kelapa tersebut didiamkan atau diangin-anginkan paling sedikitnya selama dua minggu.
  2. Pastikan peralatan yang digunakan terjamin kebersihannya, karena proses pengolahan VCO harus dilakukan dalam ruangan yang bersih.

RESEP MINYAK KELAPA MURNI VIRGIN COCONUT OIL


BAHAN :
  • 15 butir kelapa
  • 0.25 Kg kapas bersih
  • Kertas Tissue
PERALATAN :
  • Corong ukuran besar dan sedang
  • Pisau
  • Pengaduk santan
  • Baskom ukuran besar dan sedang
  • Sendok sayur
  • Saringan ukuran besar dan sedang
  • Gelas ukur
  • Parutan kelapa
  • Kantong plastic bening
  • Selang kecil
  • Gayung air
  • Ember
  • Kain lap
* Peralatan yang disebutkan diatas dapat diganti dengan peralatan lain yang berfungsi sama dan sudah tersedia di rumah.

CARA MEMBUAT MINYAK KELAPA MURNI VIRGIN COCONUT OIL VCO :
  1. Kelapa dikupas sabut dan tempurungnya kemudian dibersihkan lapisan luar atau kulit arinya. Gunakan pisau untuk mengerik daging buah tipis-tipis.Belah butiran kelapa dan cuci dengan air bersih lalu tiriskan.
  2. Parut belahan kelapa menggunakan alat parut. Parutan kelapa langsung diambil santannya, apabila tertunda selama lebih dari 30 menit akan beresiko menemui kegagalan.
  3. Tuang air bersih sebanyak 4-6 liter kedalam parutan kelapa, aduk sampai rata sambil diremas-remas agar santan terkuras keluar.
  4. Peras parutan kelapa hingga santan keluar. Pemerasan dapat juga dilakukan dengan menggunakan kain.
  5. Masukkan santan ke dalam toples, lalu tutup rapat dan diamkan selama satu sampai dua jam hingga terbentuk dua lapisan, yaitu lapisan bawah berupa air dan lapisan atas berupa santan.
  6. Pisahkan santan dari air menggunakan gayung atau selang.
  7. Selanjutnya aduk sampai merata selama 30 menit dengan cara diputar-putar. Putar ke kiri antara 2-3 menit, lalu putar ke kanan dengan waktu yang sama 2-3 menit juga.
  8. Pada setiap pergantian arah putaran selingi dengan gerakan mengocok. Gerak putaran ini membutuhkan kecepatan yang stabil.
  9. Selain menggunakan alat pengocok tangan, dapat pula dilakukan dengan mixer.
  10. Masukkan santan ke dalam toples tertutup dan diamkan atau fermentasikan selama 8-12 jam.
  11. Setelah 8-12 jam akan terbentuk tiga lapisan, yaitu lapisan bawah berupa air, lapisan tengah berupa galendo, dan lapisan atas berupa minyak.
  12. Pisahkan minyak dari lapisan air dan galendo.
  13. Kemudian minyak disaring menggunakan alat yang terbuat dari corong dimana seperempat bagian dari corong sampai ujung bawah corong tersebut sudah disumbat dengan kapas.
  14. Hubungkan bagian bawah corong ke toples penampung dan tutup dengan kantong plastik bening sampai proses penyaringan selesai.
  15. Minyak yang telah tersaring merupakan VCO berkualitas tinggi dengan cirri-ciri antara lain warna minyak bening kristal tidak berbau dan tidak berasa kecuali aroma khas buah kelapa segar.
  16. Sebelum dipasarkan, VCO biasanya dikemas dalam botol. Karena itu kemas minyak dalam botol dan segel untuk menjaga kesegarannya.
  17. Minyak kelapa murni dalam botol ini telah siap untuk dipasarkan.

Memulai Proses Cara Membuat Minyak Kelapa Dengan Metode Lain

Menurut situs Alodokter. Siapa pun bisa membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa, how to make virgin coconut oil?.

  • Direbus. Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak. Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.
  • Diblender. Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak. Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah. Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.
  • Didinginkan. Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar. Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar. Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar. Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MINYAK KELAPA MURNI VIRGIN COCONUT OIL VCO