CARA MEMBUAT MENTEGA RUMAHAN


Resep Mentega Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Mentega merupakan produk minyak hewani, bukan produk nabati. Mentega merupakan masa dari lemak susu yang dihasilkan dengan penumbukan krim susu atau susu penuh. Penemuan mentega sudah berabad-abad lamanya. Orang yang pertama-tama secara kebetulan melihat terjadinya mentega sewaktu membawa susu dalam kantong kulit di atas kuda. Akibat pengocokan ini maka terjadilah gumpalan lemak yang merupakan awal mentega. Mentega bahasa Inggrisnya butter. Konon katanya mentega berasal dai negara Jerman.

Foto Resep Mentega Butter Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak
Gambar Mentega (Butter) Homemade

Menurut situs Wikipedia pengertian mentega. Mentéga adalah makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol.

Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, kebalikan dari krim. Mentega tetap padat saat didinginkan, tetapi meleleh secara konsisten pada suhu kamar / suhu ruangan.

Mentega hampir sama dengan roombutter tetapi roombutter adalah mentega yang wanginya tajam dan berwarna putih.

Inilah Perbedaan Mentega dan Margarin

Mentega adalah bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak hewan, biasanya disebut lemak hewani. Hewan yang diambil lemaknya sendiri bermacam-macam, ada sapi halal ataupun babi haram. Namun, di negara mayoritas Muslim di Indonesia biasanya mentega yang paling banyak beredar adalah mentega lemak sapi. Mentega bertekstur sangat lembut. Sehingga ia tidak tahan pada suhu ruangan dan cepat meleleh. Warna dari mentega adalah kuning pucat dan ada juga mentega putih dan mentega cair. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh atau kolesterol jahat yang cukup tinggi, sehingga sering direkomendasikan oleh ahli nutrisi untuk tidak banyak dikonsumsi. Merek mentega yang biasa kita jumpai di pasaran adalah merk mentega Wysman, Orchid, Elle, dll. Kalau bicara cara membuat mentega jadi teringat resep-resep Masakan di Harvest Moon Back to Nature

Margarin adalah bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak tumbuh-tumbuhan, biasanya disebut lemak nabati. Margarin ini memiliki tekstur yang lebih kaku daripada mentega. Hal ini membuat margarin lebih tahan jika diletakkan di suhu ruangan dan tidak mudah meleleh. Margarin memiliki warna kuning yang terang. Margarin juga memiliki kandungan lemak baik yang lebih banyak daripada lemak jenuh atau kolesterol jahat yang biasa terkandung pada unsur hewani. Merek-merek margarin yang biasa kita jumpai di pasaran adalah merk mentega Simas, Blue Band, Forvita, dll.

Bahan dasar untuk membuat mentega adalah krim susu. Krim susu adalah lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari di dalam kulkas. Krim ini dipisahkan dari lapisan bawah susu atau skim. Mentega dibuat dengan cara mengaduk (butter churning) krim susu menggunakan alat pengaduk mentega sampai berbentuk padat. Krim susu terpisah menjadi bagian lemak yang padat dan bagian cair (air) setelah proses pengadukan (churning) dengan menggunakan alat yang bernama churn. Cairan yang terpisah dari mentega selama proses pengadukan itu dinamakan buttermilk (susu mentega). Mentega kemudian dipadatkan dan dicetak sesuai selera dengan menggunakan cetakan. Mentega ini selanjutnya dapat pula diolah menjadi ghee atau minyak samin dengan cara memanaskan mentega dengan menggunakan nyala api kecil sampai terbentuk warna kuning emas. Cairan yang terbentuk dipisahkan dari pengotor yang berupa padatan. Minyak samin merupakan salah satu tradisi kawasan Asia Selatan (India dan sekitarnya).

Cara membuat mentega India. Orang India dahulu menumbuk susu dalam bejana-bejana logam atau tanah dengan cara agitasi atau memukul-mukul dengan tongkat berputer, yang serupa dengan prinsip kerja dasher churn modern. Orang Arab menumbuk susu dengan susu dalam kantong-kantong kulit dengan cara agitasi kantong itu ke muka dan ke belakang, yang serupa dengan prinsip kerja revolving churn modern. Selain untuk membuat Ghee Dan Paneer. Susu juga dipergunakan untuk membuat yoghurt, mentega, krim dan keju. Wanita India di pedesaan masih membuat yoghurt dan mentega dengan cara tradisional. Susu dituangkan kedalam kuali terbuat dari tanah liat dan diaduk dengan kayu bulat yang digelintirkan dengan seutas tali. Hasil Olahan ini dibiarkan masak dalam kuali. Kemudian disimpan dalam ruangan khusus. Atau digantungkan dilangit langit dapur.

Sekarang ini cara memperoleh mentega sudah bisa dilakukan secara kontinyu secara terus menerus tidak dilakukan secara batch saja. Dengan cara kontinyu ini, pengendalian kerusakan mikrobiologis dapat lebih sederhana (simple).

Bahan dasar mentega adalah susu. Agar tidak terbuang percuma, dan gizi susu tetap dapat dimanfaatkan, maka susu diolah menjadi mentega. Susu untuk bahan dasar mentega adalah susu segar berkualitas baik, sedangkan bahan penunjang, seperti garam, emulsifier, starter, pewarna, dan esens rasa ditambahkan agar mentega memiliki warna, tekstur, aroma, dan rasa yang lebih baik.

Pembuatan mentega diawali dengan memisahkan krim atau kepala susu dari susu segar. Krim susu kemudian dibubuhi zat penetral sehingga tidak asam dan tidak menggumpal. Agar krim susu tersebut tidak cepat rusak, dilakukanlah proses pasteurisasi. Krim dipanaskan pada suhu 850C, kemudian dilakukan pematangan dengan pemberian starter. Untuk mendapatkan tekstur yang padat, dilakukan churning, pengocokan atau pengadukan. Proses ini membuat butiran lemak menjadi kompak dan semi padat.

Pada proses ini terjadi pemisahan dua fase, yaitu fase lemak terdiri atas lemak, mentega, dan fase air yang melarutkan berbagai zat yang terdapat dalam susu. Gumpalan-gumpalan lemak susu dipisahkan dari bagian lain dan dicuci dengan air dingin yang beberapa kali diganti dengan air baru untuk menghilangkan susunya, mentega diberi garam, hal ini untuk mengeluarkan air yang tersisa dalam lemak susu (butter fat).Hasilnya adalah mentega seperti yang kita kenal. Warna kuning pada mentega disebabkan oleh zat warna karoten dalam krim.

Mentega biasanya mengandung air 15%, sebagian dari jumlah tersebut dalam bentuk teremulsifikasi. Mentega harus memiliki kadar lemak minimal 80%. Tingginya kadar air dalam mentega akan menyebabkan mentega mudah menjadi tengik bila disimpan pada tempat yang hangat. Salah satu asam lemak yang dilepaskan adalah asam butirat yang berantai pendek, mudah menguap, dan berbau tidak enak.

Jenis Mentega dibedakan berdasarkan cita rasa, tekstur, dan warnanya. Dilihat dari bahan dasarnya, mentega terbagi atas dairy butter yaitu mentega yang terbuat dari krim segar, dan creamy butter yaitu mentega dengan bahan dasar krim yang diperam. Berdasarkan penambahan garam yang berpengaruh terhadap rasa dibedakan menjadi mentega tawar (Unsalted butter) dan mentega asin (salted butter). Berdasarkan proses fermentasinya dibedakan menjadi mentega dengan fermentsi (pasteurized cream) dan mentega tanpa pasteurisasi (unpasteurized cream). Sedangkan berdasarkan jenis starternya dibedakan menjadi mentega krim manis (sweet cream butter) dan mentega tanpa starter atau mentega krim asam (sour cream butter).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih atau membeli mentega.

  1. Kemasan. Mentega adalah produk yang peka terhadap perubahan suhu, cahaya, dan aroma. karenanya mentega selalu dikemas dalam kertas alumunium, kaleng, kertas berlapis lilin, atau karton tebal. kemasan ini dirancang khusus agar tidak mudah tembus cahaya, panas, dan aroma tajam. Pilihlah mentega yang kemasannya tidak cacat, robek, penyok dan berjamur.
  2. Aroma. Aroma mentega terbentuk dari berbagai senyawa kimia seperti diasetil, lakton, butirat, dan laktat. Mentega yang baik harus bebas dari bau rasa tengik, pahit dan asam. Pilihlah mentega yang aromanya segar, kuat, dan khas mentega.
  3. Warna. Warna mentega yang baik adalah antara kuning muda atau pucat hingga kuning tua. Warna ini dari betakaroten krim atau kepala susu yang dipakai. Jika susu yang digunakan berasal dari sapi yang diberi pakan biji-bijian dan banyak mengandung betakaroten, maka warna mentega akan sangat baik. Pilih mentega berwana kuning merata. Warna yang tidak merata pertanda adanya bakteri atau mikroba yang mulai merusak mentega.
  4. Tekstur. Tekstur mentega harus lembut,semipadat mirip lilin. Jika berminyak atau lengket, berarti mentega sudah tidak baik.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menyimpan mentega.

  1. Mentega harus selalu disimpan dalam suhu dingin atau dalam lemari es, untuk menhambat perkembangan mikroba dan bakteri.
  2. Mentega mudah menyerap aroma tajam, karenanya simpan selalu dalam wadah tertutup rapat dan jauhkan dari bahan makanan beraroma tajam seperti durian, cabai, atau bawang putih.
  3. Perhatikan selalu tanggal kadaluarsa, kandungan nutrisi dan produsen yang tertera pada kemasan.

Nilai gizi mentega banyak tergantung pada lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak. Mentega merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan merupakan makanan berenergi tinggi, tidak mengandung laktosa dan mineral serta berprotein rendah. Komposisi mentega umumnya terdiri dari lemak susu 82,5%, air 14%, garam 2,5% dan mineral 1%, juga mengandung vitamin A, D, dan E dari susu sendiri dan sebagian ditambahkan.

Cara membuat mentega dari susu segar sudah turun temurun dari nenek moyang sampai sekarang, karena mentega merupakan olahan susu sederhana yang memiliki banyak manfaatnnya. Sayangnya banyak dari generasi muda yang melupakan sejarah tentang bagaimana cara membuat mentega sendiri dirumah menggunakan susu sapi segar. Umumnya mereka membeli mentega kemasan yang praktis daripada membuatnya meskipun caranya mudah.

Mentega merupakan produk olahan susu yang bersifat plastis, tahapan proses pembuatan mentega melalui proses pengocokan (Churning) sejumlah krim. Mentega yang baik atau standar FAO harus mengandung lemak minimal 80%. Kadar air maksimal 16%, kadar protein maksimal 1% dan MSNF (Milk Solids-Non-Fat) tidak lebih dari 2 %. Warna kuning pada mentega disebabkan oleh zat warna ß karoten dalam krim. Nilai gizi mentega banyak tergantung pada kandungan lemak dan vitamin vitamin yang larut dalam lemak. Mentega merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan merupakan makanan yang berenergi tinggi (7-9 kalori/g), tidak mengandung laktosa dan mineral serta berprotein rendah.

Ada 4 macam tipe mentega yang diproduksi yaitu Sweet cream salted butter, Cultured salted butter (Nothern Europe), Cultured unsalted butter (EEC Country) dan Sweet cream unsaltedd butter (Produksi meningkat dibanding yang lain). Komposisi mentega terdiri atas Lemak mentega sebagian besar terdiri dari asam palmitat, oleat dan stearat serta sejumlah kecil asam butirat dan asam lemak sejenis lainnya. Bahan lain yang terdapat dalam jumlah kecil adalah vitamin Air susu, E, dan D serta sebagai flavour adalah diasetil, lakton, butirat dan laktat.

Sebelum membuat mentega sendiri anda harus memperhartikan kualitas susu digunakan. Susu berasal dari ternak yang sehat. Pasca panen susu yang ditangani dan disimpan pada kondisi yang bersih dan suhu rendah dan bau tidak enak yang berkembang saat susu dihasilkan dapat pindah kementega. Satu contoh adalah ketengikan yang disebabkan oleh pembebasan asam lemak oleh enzym lipase yang disebut lipolysis. Inilah tahapan proses pembuatan mentega dari susu sapi segar yang bisa anda terapkan dirumah. Berikut cara membuat mentega dari susu mentah yang mudah dan praktis

RESEP MENTEGA


BAHAN :
  • Susu segar
  • Garam
  • Pewarna
PERALATAN :
  • Cream separator
  • Alat pemanas (panci dan kompor)
  • Alat pengocok (Churn)
CARA MEMBUAT MENTEGA :
  1. Susu segar disiapkan.
  2. Pemisahan krim dengan cream sparator.
  3. Susu dipanaskan atau Pasteurisasi pada suhu 85 derajat celcius selama 15 detik.Kemudian sampai 7 derajat celcius Lakukan Pewarnaan bila anda ingin merwarnai mentega dengan anek warna.
  4. Lakukan Churning atau pengocokan
  5. Lakukan Penggaraman atau perasa agar lebih nkmat
  6. Lakukan Peremasan sampai menjadi mentega


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MENTEGA RUMAHAN