10 RESEP MAKANAN HALLOWEEN SERAM 2017


Aneka Resep Masakan Halloween Party Sederhana Spesial Paling Seram Asli Enak Lengkap Dengan Gambarnya. Anda bisa membuat makanan, minuman dan kue-kue cookies khas Halloween atau ala Halloween untuk hari Halloween. Pesta Hari Halloween diperingati pada tanggal 31 Oktober 2017 di seluruh dunia. Halloween party kini bukan lagi untuk memperingati perubahan musim panen menuju musim dingin di Eropah dan Amerika Serikat USA. Halloween masa kini menjadi perayaan kostum hantu dan pernak-pernik hiasan serba hantu yang menyeramkan dan menjijikan, seperti dilansir situs online money.id. Saya pun teringan lagu-lagu pada era tahun 80 - 90 an yang dibawakan grup band Halloween Band salah satu lagunya yang sempat ngehits dengan judul Forever and One mereka menggunakan kostum Halloween makeup dan Halloween costume. Helloween adalah grup musik Power metal yang berasal dari Hamburg, Jerman. Band ini merupakan perintis musik European Power metal pada tahun 1980-an.

Foto Image Aneka Resep Masakan Halloween Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Logo Halloween

Namun tak lengkap rasanya bila tak ada hidangan atau sajian menyeramkan untuk pasangan yang pas untu kostum hantu di malam Halloween. Anda dapat sediakan kudapan aneka kreasi olahan makanan, minuman, dan kue-kue cookies dengan hiasan seram dan bentuk seram pada malam Halloween yaitu biskuit jari atau resep kue jari Halloween, kue bola mata zombie, frozen banana ghosts, kue Meringue, Oreo pops versi Jack Skellington, marshmallow pops, Kelelawar tortilla gula kayu manis, Biskuit jari nenek sihir yang mirip biskuit jari, Brownies peti mat, puding labu halloween, dll.

Menurut situs Wikipedia. Halloween atau Hallowe'en (kependekan dari All Hallows’ Evening (Malam Para Kudus), yang juga disebut Allhalloween, All Hallows' Eve, atau All Saints' Eve. Halloween adalah suatu perayaan yang dapat dijumpai di sejumlah negara pada tanggal 31 Oktober, yaitu malam Hari Raya Semua Orang Kudus (All Hallows' Day) di Kekristenan Barat. Perayaan tersebut mengawali peringatan trihari Masa Para Kudus (Allhallowtide), suatu periode dalam tahun liturgi yang didedikasikan untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia, termasuk para kudus atau santo/santa (saints, hallows), martir, dan semua arwah umat beriman.

Terdapat keyakinan luas bahwa banyak tradisi Halloween bermula dari festival-festival panen Kelt kuno yang mungkin memiliki akar-akar pagan, khususnya festival Samhain etnis Gael, dan festival tersebut dikristenkan sebagai Halloween. Namun, beberapa akademisi mendukung pandangan bahwa Halloween bermula secara independen sebagai suatu perayaan Kristen semata-mata.

Kegiatan saat Halloween meliputi Trick or treat (atau hal terkait dengan penyamaran dengan kostum seram), menghadiri pesta kostum Halloween, mendekorasi, mengukir waluh menjadi Jack-o'-lantern, menyalakan api unggun besar, penenungan dan apple bobbing, bermain lelucon praktis, mengunjungi atraksi berhantu, menceritakan dongeng menakutkan, dan menonton film horor. Di banyak belahan dunia, perayaan keagamaan Kristen saat Malam Para Kudus, misalnya menghadiri ibadah gereja dan menyalakan lilin pada makam, masih tetap populer, meskipun di tempat lain berlangsung perayaan yang lebih sekuler dan komersial. Beberapa umat Kristen secara historis berpantang daging pada Malam Para Kudus, suatu tradisi yang tercermin dengan makan makanan tertentu pada hari vigili ini, misalnya apel, panekuk kentang, dan kue jiwa.

Etimologi Sejarah asal usul mula. Penggunaan kata Halloween atau Hallowe'en berawal pada sekitar tahun 1785 dan berasal dari Kekristenan. Kata "Hallowe'en" berarti "malam yang dikuduskan" atau "malam suci", dan berasal dari suatu istilah Skotlandia untuk All Hallows' Eve (Malam Para Kudus, yaitu malam sebelum Hari Raya Semua Orang Kudus). Dalam bahasa Skot, kata "eve" adalah even, dan dipendekkan menjadi e'en atau een. Seiring berjalannya waktu, (All) Hallow(s) E(v)en berevolusi menjadi Hallowe'en. Frasa "All Hallows" ditemukan dalam bahasa Inggris Kuno, namun frasa "All Hallows' Eve" tidak terlihat hingga tahun 1556. Untuk sejarah lengkap bisa baca di situs Wikipedia. Perayaan Halloween di Indonesia hanya serua-seruan saja dan untuk kepetingan promosi mall pusat perbelanjaan, misalnya di Kota Bandung. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi masakan Halloween lengkap dengan cara bikin sendiri dengan mudah, praktis dan simple yang diambil dari berbagai sumber, seperti money.id, wikipedia.com, google.com, blibli.com, merdeka.com, hobimasak.info, farahquinn.com, dll.

RESEP KUE JARI ZOMBIE


Oleh : Kokiku.tv

Potongan jari berlumuran darah yang lengkap dengan kuku, dapat Anda buat sendiri di rumah, seperti dilansir atau dikutip dari situs Kokiku.tv. Semoga Anda dapat merayakan pesta Halloween bersama teman-teman dan Anggota keluarga Anda.

Foto Jari Jari Zombie (Almond Vanilla Shortbread) by Farah Quinn
Gambar Jari Jari Zombie (Almond Vanilla Shortbread) by Farah Quinn

BAHAN DOUGH :
  • 125 gram tepung gula
  • 250 gram mentega tawar yang telah dimasukan ke kulkas selama 30 menit
  • 1 butir telur
  • 450 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • 5 gram ekstrak vanila
BAHAN KUKU :
  • Irisan kacang almond secukupnya
  • Pewarna makanan berwarna hijau
BAHAN DARAH :
  • 1 butir telur
  • Pewarna makanan berwarna merah
  • Selai stroberi/strawberry
CARA MEMBUAT ADONAN KUE :
  1. Masukkan tepung gula dan mentega, aduk hingga merata. Campur dengan satu butir telur. Bahan ini kemudian disebut sebagai adonan basah.
  2. Di wadah terpisah, campur tepung terigu dengan baking powder, cokelat bubuk, dan ekstrak vanila. Bahan ini kemudian disebut sebagai adonan kering.
  3. Kemudian campurkan adonan kering sedikit demi sedikit ke adonan basah. Nah yang harus diperhatikan dalam pembuatan adonan ini, jangan sampai overmix karena dapat membuat adonan keras usai dipanggang.
  4. Bungkus adonan dengan cling atau plastic wrap dan simpan di kulkas selama 15 menit.
  5. Sambil menunggu adonan, campur pewarna makanan ke dalam piring kecil yang telah berisi air. Lalu rendam kacang almond. Sisihkan.
CARA MEMBUAT JARI :
  1. Adonan di dalam kulkas dikeluarkan dan bulatkan seperti bola, lalu rol panjang menggunakan tangan Anda. Kemudian adonan tersebut diletakkan disela-sela jari, sehingga membentuk tulang jari buatan.
  2. Tekan bagian ujung depan adonan tersebut ke bawah, sampai sedikit pipih. Lalu letakkan kacang almond di atasnya. (Membentuk adonan di sela jari dan memipihkan bagian ujung adonan).
  3. Lumurkan darah buatan di area kuku. Kemudian potong bagian bawah adonan menggunakan pisau bergerigi hingga menciptakan kesan jari tersebut dipotong.
  4. Untuk menciptakan kesan keriput di jari, goreskan adonan menggunakan bagian tumpul atau belakang pisau.
  5. Masukkan adonan 'jari putus' tersebut ke dalam oven dan panggang dengan suhu 170 derajat.
  6. Biskuit jari zombie pun siap dihidangkan dengan selai stroberi sebagai pengganti darah buatan.
  7. Sajikan bersama kostum yang cocok dengan tema ini.

RESEP KUE HALLOWEEN BENTUK LABU KUNING


Oleh : Kokiku.tv

BAHAN DASAR :
  • 165 gram butter
  • 280 gram tepung
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt baking powder
  • 235 gram gula
  • 4 butir telur
  • 125 ml susu, suhu ruangan
  • 1 sdt vanilla
BAHAN ORANGE GLAZE :
  • 280 manisan gula
  • 65 ml jus jeruk
  • Vanilla secukupnya
CARA MEMBUAT KUE HALLOWEEN BENTUK LABU KUNING :
  1. Siapkan oven dengan suhu 325oC. Siapkan loyang bentuk labu, olesi dengan mentega dan tepung, sisihkan.
  2. Cara Membuat Orange Glaze : kocok manisan gula, susu, dan vanilla hingga rata, sisihkan.
  3. Ayak tepung terigu, gula, dan baking powder, sisihkan.
  4. Kocok butter hingga mengembang. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan lembut.
  5. Tambahkan telur, masukkan satu demi satu.
  6. Tambahkan tepung, susu, dan vanilla secara bergantian. Kocok hingga rata.
  7. Bagi adonan menjadi dua, panggang selama 90 menit hingga kue matang. Dinginkan.
  8. Ratakan bagian atas kue dengan pisau bergerigi.
  9. Oleskan orange glaze diatas kue secara merata. Tumpuk kue menjadi satu dan tutup dengan orange glaze. Potong-potong. sajikan.
  10. Sajikan.

RESEP PUDING LABU HALLOWEEN


Oleh : Hobimasak.info

BAHAN :
  • 2 bks agar-agar warna putih
  • 1000 ml Santan, 1 butir kelapa
  • 400 gram labu kuning
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 5 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt garam
CARA MEMBUAT PUDING LABU HALLOWEEN :
  1. Kukus labu kuning, kemudian blender sambal lembut.
  2. Masukkan labu kuning, agar-agar, gula pasir, vanili, susu, dan garam ke dalam santan.
  3. Masak menggunakan api sedang, aduk terus setelah mendidih. Angkat, tuang ke dalam loyang/ cetakan sesuai selera, dinginkan.
  4. Puding labu Halloween siap disantap.
  5. Sajikan untuk 10 buah.

RESEP KUE BOLA MATA ZOMBIE


Oleh : Merdeka.com

Pada bulan Oktober selalu identik dengan perayaan Halloween yang berkaitan dengan hal-hal seram. Jika kalian ingin mengadakan pesta Halloween bersama dengan teman-teman, kudapan yang satu ini pasti sangat cocok untuk disajikan.

Foto Resep Kue bola Mata Zombie
Gambar Kue bola Mata Zombie

Aneka kue - kue berbentuk bola-bola berwarna putih, lengkap dengan iris berwarna hitam dan dekorasi berwarna merah ini benar-benar terlihat seperti bola mata manusia seperti dilansir oleh The Stir.

BAHAN :
  • 10 ons mashmallow besar
  • 1/4 cangkir butter
  • 6 cangkir sereal nasi
  • 24 butir cokelat
  • Icing warna merah untuk dekorasi
CARA MEMBUAT KUE BOLA MATA ZOMBIE :
  1. Campurkan marshmallow dan butter kemudian lelehkan dalam microwave selma tiga menit. Aduk hingga marshmallow meleleh.
  2. Masukkan sereal dan campur hingga merata. Biarkan hingga adonan lebih padat. Setelahnya bentuk menjadi bulatan.
  3. Setelah bola-bola berbentuk, letakkan satu cokelat di atas masing-masing bola mata. Biarkan hingga benar-benar padat. Kemudian dekorasi dengan icing warna merah.
  4. Biarkan hingga icing menjadi padat. Kemudian simpan di tempat tertutup pada suhu ruangan.
  5. Sajikan dengan kostum yang pas dan sesuai dengan tema ini.

RESEP KUE MUMI MERINGUE


Kue Meringue versi Halloween merupakan favorit banyak orang dikarenakan rasanya yang ringan, manis, dan meleleh di dalam mulut. Ini membuat kue Meringue sama sekali tak membosankan disantap berkali-kali. cukup memberikan sedikit sentuhan untuk mendapatkan bentuk mumi yang seram namun juga lucu.

BAHAN :
  • 2 putih telur
  • 1/2 sendok krim tartar
  • 1 gelas gula bubuk, diayak
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla
CARA MEMBUAT KUE MUMI MERINGUE :
  1. Panaskan oven sampai 95°C. Kemudian, masukkan dua buah loyang dialas kertas roti.
  2. Gunakan mangkuk besar untuk mengocok putih telur dengan secara pelan-pelan hingga berbusa. Masukkan krim tartar dan lanjut dikocok, pelan pelan dipercepat sampai semuanya teraduk rata.
  3. Masukkan gula bubuk sedikit demi sedikit, dan kocoklah hingga adonan menjadi hard peak (jika mangkok di telungkupin adonan nggak jatuh/ tumpah). Tambahkan ekstrak vanilla dan aduk lagi sampai merata.
  4. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang dipasangkan spuit berbentuk bulat. Bentuklah stik sekitar tiga inci dengan gerakan zigzag.
  5. Untuk bagian mata, kamu bisa menggunakan wijen hitam ataupun pewarna hitam.
  6. Masukkan ke oven, panggang sekitar 30-40 menit hingga kue mumi kering sepenuhnya.
  7. Matikan oven, biarlah pintu oven terbuka sedikit dan biarkan kue didinginkan dengan perlahan.
  8. Sajikan.

RESEP POPS VERSI JACK SKELLINGTON


Bila keluarga dan temanmu yang sangat suka makan Oreo, maka berikan sedikit kejutan kepada mereka untuk Halloween ini dengan membuat Oreo pops berbentuk pemain utama The Nightmare Before Christmast, Jack Skellington.

BAHAN :
  • 12-14 potong Oreo krim vanila
  • 270 gram Coklat putih yang bisa dilelehkan
  • Spidol makanan hitam/Gula kue hitam
  • Stik lolipop seperlunya
  • Pita hitam
  • Loyang yang ditutupi dengan kertas perak
CARA MEMBUAT POPS VERSI JACK SKELLINGTON :
  1. Lelehkan coklat putih dan letakkan dalam mangkuk untuk digunakan nanti.
  2. Celuplah stik lollipop ke dalam coklat putih. Setelah itu, tusukkan stik lolipop di tengah-tengah Oreo tepatnya di bagian krim Oreo.
  3. Susunlah masing-masing tusukan dengan rapi di dalam loyang yang telah disiapkan sebelumnya.
  4. Masukkan loyang ke dalam kulkas selama satu menit supaya coklat putih mengeras terlebih dahulu.
  5. Keluarkan loyang dari kulkas dan celuplah masing-masing tusukan Oreo ke dalam coklat putih hingga merata. Kemudian masukkan kembali loyang ke dalam kulkas sekitar 5 menit atau hingga coklat mengeras.
  6. Keluarkan loyang dari kulkas dan Oreo pops siap kamu dekorasi! Tambahkan mata, hidung, dan juga mulut yang lebar sesuai bentuk Jack Skellington. Oh ya, jangan lupa ikatkan pita hitam untuk sentuhan terakhir!.

RESEP HALLOWEEN MARSMALLOW


Pilihan manisan populer musim gugur lainnya yang bisa kamu coba adalah marshmallow. Marshmallow yang manis, empuk, dan mudah meleleh di mulut pasti bisa menjadi snack yang disukai teman dan keluarga.

BAHAN :
  • 1 bungkus marshmallow putih
  • Coklat hitam dan coklat putih yang bisa dilelehkan
  • Ceres/meses warna-warni
  • Stik lolipop secukupnya
CARA MEMBUAT HALLOWEEN MARSMALLOW :
  1. Lapisi loyang dengan kertas roti.
  2. Tusuklah stik lolipop tepat di tengah-tengah marshmallow.
  3. Lelehkan coklat hitam dan coklat putih, serta pisahkan di dua tempat yang berbeda.
  4. Celuplah masing-masing tusukan coklat, baik sepenuhnya ataupun 3/4 (sesuai selera), kemudian segera lapisi dengan meses warna warni.
  5. Letakkan setiap tusukan marshmallow pops di dalam loyang dan tunggulah hingga coklatnya mengeras.

RESEP KELELAWAR TORTILLA GULA KAYU MANIS


Resep selanjutnya adalah logo Batman cokelat yang lezat. Tortilla manis yang dilapisi kayu manis ini sangat cocok untuk menemani malam hari menonton film horor!

BAHAN :
  • 1/4 gelas gula pasir (~100gram)
  • 1 1/2 sendok teh kayu manis
  • 4 sendok makan mentega (bukan margarin), dilelehkan
  • 2-3 lembar tortilla
CARA MEMBUAT KELELAWAR TORTILLA GULA KAYU MANIS :
  1. Potonglah tortilla sesuai bentuk kelelawar atau gunakan cetakan kelelawar untuk menghasilkan bentuk yang sempurna (selembar tortilla bisa menghasilkan 6 hingga 8 potongan).
  2. Siapkan oven dan loyang yang dilapisi dengan kertas roti, masukkan ke dalam oven, dan panaskan hingga suhu 175°C.
  3. Campurlah gula pasir dan kayu manis dengan merata dan taruhlah di sebuah piring kecil (membentuk gula kayu manis).
  4. Celuplah potongan tortilla ke dalam mentega yang sudah dilelehkan, kemudian celupkan satu sisi tortilla pada gula kayu manis.
  5. Kemudian susunlah semua potongan tortilla dengan rapi ke dalam loyang dengan bagian gula kayu manis dihadapkan ke atas.
  6. Pangganglah dalam oven selama 10 menit atau hingga tortilla Keluarkan dari oven dan biarkan 2 menit sebelum disajikan.
  7. Sajikan dengan kostum Halloween yang sesuai.

RESEP BISKUIT JARI NENEK SIHIR HIJAU PUCAT


Bila kamu merasa resep kue dan manisan di atas kurang seram, maka kamu perlu mencoba membuat biskuit jari nenek sihir ini. Tapi, tidak perlu khawatir, meskipun tampillannya terlihat seram, sebenarnya rasanya mantap.

BAHAN :
  • 1 gelas mentega tawar, dilelehkan
  • 1 gelas gula bubuk
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ekstrak almond
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla
  • 2 3/4 gelas tepung serba guna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 3/4 gelas kacang almond (seutuhnya)
  • Pewarna makanan hijau
  • 1 tabung gel dekorasi yang aman dikonsumsi
CARA MEMBUAT BISKUIT JARI NENEK SIHIR HIJAU PUCAT :
  1. Campurkan mentega, gula bubuk, telur, ekstrak almond, dan vanilla secara bersamaan pada semua mangkuk besar. Setelah beberapa saat, tambahkan tepung serba guna, baking powder, dan juga garam.
  2. Tutuplah mangkuk dengan rapat dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Keluarkan adonan dari kulkas, kemudian ambillah porsi kecil dan membentuknya sesuai jari manusia hingga semua adonan habis.
  4. Ambillah almond dan tekankan dibagian ujung adonan jari untuk memberikan efek kuku. Untuk hasil yang lebih bagus, tekan di bagian tengah-tengah untuk menghasilkan efek tulang buku jari, serta gunakan tusuk gigi untuk membuat sedikit goresan.
  5. Susunlah semua adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti, kemudian panggang dengan temperature 160°C selama 20-25 menit.
  6. Biarkan biskuit dingin selama 3 menit, setelah itu keluarkan almond dari masing-masing biskuit jari.
  7. Berikan jel merah pada setiap bagian kuku, kemudian tempelkan kembali almond untuk menghasilkan efek kuku berdarah.

RESEP BROWNIES PETI MATI


Resep terakhir yang paling seram cocok untuk Halloween ini adalah brownies peti mati. Nah, untuk memudahkan cara bikin, kamu bahkan bisa langsung membeli tepung instan brownies. Kemudian, cukup pelajari cara dekorasi sesuai petunjuk di bawah!

BAHAN :
  • 1 kotak tepung instan brownies
  • Icing kue berwarna ungu, merah, dan putih secukupnya
  • Ceres/meses warna warni
CARA MEMBUAT BROWNIES PETI MATI :
  1. Buatlah kue brownies sesuai arahan dalam kemasan (merek yang berbeda akan mempunyai panduan yang sedikit berbeda).
  2. Potonglah kue brownies sesuai bentuk peti mati dengan panjang sekitar 3 inci. Gunakan cetakan kue untuk memberikan hasil maksimal.
  3. Mainkan dekorasi peti mati brownies sesuai yang diinginkan. Misalnya, kamu bisa memberikan tulisan RIP atau gambar lainnya.
  4. Sajikan dengan kostum dengan tema bernuansa kuburan angker.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

10 RESEP MAKANAN HALLOWEEN SERAM 2017