CARA MEMBUAT TEPUNG BERAS MERAH


Resep Tepung Beras Merah Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Ini tepung beras organik dari beras merah untuk MPASI makanan pendamping air susu ibu atau ASI bukan tepung beras untuk membuat kue basah seperti tepung beras Rose Brand dan Gasol ataupun tepung beras untuk masker kecantikan, tapi kalau mau dipakai untuk campuran kue yang silahkan saja, memang lebih bagus beras merah ketimbang tepung beras putih karena lebih rendah karbohidrat yang bisa bikin gemuk Si bayi agar supaya bayi tidak terlalu gendut. Kegunaan tepung beras merah ini untuk bayi 6 bulan keatas dan untuk bubur bayi atau makanan bayi.

Foto Resep Cara Membuat Tepung Beras Merah Untuk Bubur Bayi MPASI Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak
Gambar Tepung Beras Merah Untuk Bayi

Menurut blog Mba Intan Rastini. Mak DePe Zahrial dalam buku “MPASI Perdana Cihuy!”, merendam beras pecah kulit (beras merah/beras cokelat) dapat mengurangi zat phytate sehingga nutrisi di beras seperti zat besi, seng dan kalsium akan lebih mudah diserap tubuh. Tapi proses mengurangi phytate dalam perendaman itu berhasil pada beras yang embrionya masih hidup jadi berasnya sama sekali tidak melalui proses disosoh (mungkin digiling di mesin selip, ya?) dan indikatornya adalah muncul bau peragian setelah perendaman. Berikut resep cara membuat tepung beras merah untuk bayi MPASI sendiri lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) dengan mudah simple dan praktis.


RESEP TEPUNG BERAS MERAH


BAHAN :
  • Beras merah
ALAT :
  • 3 buah mangkok
  • Cobek dan ulekan batu
  • Saringan kawat
  • Saringan plastik
  • Sendok
  • Plastic scrapper
  • Wajan besi
  • Spatula besi
  • Wadah kedap udara
CARA MEMBUAT TEPUNG BERAS MERAH :
  1. Rendam beras merah di dalam mangkok selama 24 jam pada suhu ruang.
  2. Cuci bersih beras dari air rendaman lalu tiriskan hingga kering, bisa diangin-anginkan di atas saringan kawat lalu dijemur sebentar atau dikeringkan dengan hair dryer.
  3. Berhubung tak punya dry mill, aku pakai cara seperti lumpang dan alu. Diuleg berasnya sampai jadi serbuk. Ambil satu sendok beras yang sudah direndam lalu ditumbuk sampai halus seperti serbuk tepung.
  4. Beras yang jadi serbuk disendok ke mangkok kering dan bersih, lalu lanjutkan menumbuk 1 sendok beras lagi. ulangi hingga beras yang utuh habis seluruhnya selesai ditumbuk
  5. Beras yang sudah jadi serbuk diayak dengan saringan plastik ditadahi mangkok baru yang bersih, beras yang tidak tersaring oleh ayakan bisa disisihkan ke mangkok lain untuk ditumbuk lagi lalu disaring kembali. Tapi kalau aku tidak ditumbuk lagi, cuma dibersihkan saja dari beberapa kulit ari beras yang pecah lalu disangrai terpisah dari beras yang halus. Sebenarnya tidak usah diayak juga boleh biar ada sedikit tekstur.
  6. Sangrai tepung beras di atas wajan besi dengan spatula besi. Kenapa menggunakan peralatan masak yang serba besi lebih baik? Karena menurut Kellymom.com dan buku Sehat Lezat: Olah Saji oleh dr. Tiwi, makanan dengan sumber zat besi yang non-heme (nabati) bisa menjadi lebih mudah diserap jika diolah dengan peralatan masak dari besi. Sangrai hingga kering tapi jangan sampai merubah warna tepung beras.
  7. Setelah disangrai biarkan tepung beras dingin sebelum dimasukkan ke wadah kedap udara.
  8. Hasilnya, dapat 2 tekstur tepung beras : tepung beras yang halus dan yang agak kasar.
  9. Kemudian untuk lebih awet, tepung beras merah, di keringkan kembali dengan di jemur/ di oven.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TEPUNG BERAS MERAH