CARA MEMBUAT ROTI CROISSANT BULAN SABIT


Resep Roti Croisssant Bulan Sabit Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Ada banyak aneka kreasi dan variasi Le Crroissant asal prancis ini biasanya disebut roti bulan sabit yang menurut situs Wikipedia. Roti sabit (bahasa Inggris: croissant) adalah sejenis kue kering (pastry) yang berasal dari Perancis, dinamakan demikian karena bentuknya menyerupai bulan sabit. Menurut legenda, roti ini berasal dari Eropa untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam peperangan di Tours pada tahun 732, dengan bentuk seperti bulan sabit yang merupakan lambang dari Islam, sedangkan dalam legenda yang lain atau menurut sumber-sumber yang lain roti ini diciptakan pertamakali di Buda atau Vienna pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan pasukan Kristen atas Ottoman pada peperangan memperebutkan kota ini, sebagai gambaran atas bulan sabit yang terdapat pada bendera Ottoman; Jangka waktu pembuatannya menurut tata cara mula-mulanya dapat memakan waktu beberapa hari; maka dari itu, perlu tingkat kesabaran yang tinggi. Dewasa ini, roti sabit dalam jumlah besar biasanya dibuat dengan mesin.

Roti Resep Roti Croisssant Bulan Sabit Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Roti Croisssant Bulan Sabit

Di Perancis, roti sabit umumnya dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan mentega. Namun di luar negara asalnya, terdapat pula roti sabit yang berisikan cokelat untuk roti croissant coklat yang enak, daging, keju, dan sebagainya.

Croissant adalah sejenis roti dengan adonan berlapis (flaky bread) yang berasal dari Perancis. Disebut croissant karena bentuknya yang mirip dengan bulan sabit. Di Perancis sendiri croissant biasa dimakan sebagai hidangan sarapan dengan diolesi mentega dan selai jeruk (orange marmalade).

Membuat croissants memang gampang - gampang susah, karena the real croissant dibuat dengan teknik laminasi (adonan diisi lemak, kemudian diratakan, dilipat beberapa kali dan diratakan kembali lalu digiling sampai tipis) dengan menggunakan beurre alias mentega sebagai lemak. Kenapa susah? karena mentega cenderung meleleh pada suhu ruang sehingga menyebabkan sulit untuk di-roll (diratakan).

RESEP ROTI CROISSANT BOGASARI


BAHAN CROISSANT :

BAHAN :
  • 1000 gram Terigu Cakra Kembar
  • 15 gram Ragi instan
  • 15 gram Garam
  • 80 gram Gula
  • 2 gram Bread improver
  • ± 550 gram Air es
  • 50 gram Indomilk UHT Susu Cair
  • 50 gram Palmia Margarin
  • 750 gram Palmia Shortening Pastry (untuk lapisan)
BAHAN OLESAN :
  • 20 (± 1 butir ) Kuning Telur
  • 10 gram Air
CARA MEMBUAT ROTI CROISSANT BOGASARI :
  1. Aduk bahan kering, masukkan telur dan air, dengan speed (1) sekitar 2 menit. Matikan mixer, masukkan lemak, pindah speed 2 aduk lagi sekitar 7 menit (tidak sampai kalis). Istirahatkan adonan di lemari es selama 20 menit, tutup dengan plastik. Adonan di-roll melebar kemudiaan masukkan shortening pastry dengan metode Prancis.
  2. Lipat dengan lipatan single, lalu istirahat di lemari es selama 5 menit. Di-roll lagi melebar persegi panjang sampai ketebalan 10 mm, lalu lakkukan seperti di atas. Lakukan seperti nomor 4 sebanyak dua kali lagi. Terakhir tipiskan setebal 4 mm, lalu potong-potong bentuk croissant lalu gulung. Biarkan mengembang di dalam proofing cabinet 30 – 40 menit. Oles dengan kuning telur setelah setengah proof.Bakar di oven selama 15 menit, pada suhu oven 200’C.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ROTI CROISSANT BULAN SABIT