CARA MEMBUAT NASI TIMBEL KOMPLIT LENGKAP KHAS BANDUNG


Resep Nasi Timbel Lengkap Komplit Sederhana Spesial Asli Enak. Nasi timbel ada 2 jenis yang pertama adalah nasi timbel kukus dan yang kedua adalah nasi timbel bakar yang lebih lezat dan nikmat. Nasi timbel juga ada 2 macam yakni nasi timbel Sunda khas Bandung sajian sedap dan nasi timbel Betawi Khas Jakarta istimewa. Pokoknya mantap lah. Tidak perlu tahu asal-usul sejarah nasi timbel atau asal mulanya karena jawabannya mungkin dan mungkin ada yang bilang dulu sebagai bekal untuk petani yang mau turun dan bekerja ke ladang sehingga dibungkuslah nasi dengan daun pisang agar supaya harum dan tidak cepat basi jika dimakan siang atau sore hari. Kalau sekarang kan telah menjadi sebuah bisnis kuliner yang menjanjikan pasti untung sebagai menu rumah makan, cafe resto, restoran (restaurant), dan sebagai menu jualan warung-warung pinggir jalan banyak dijual di Dago, Bandung, Lembang, Cianjur, Ciganea, Punclut, dll, dan gerobak Abang-abang.

Foto Resep Nasi Timbel Lengkap Komplit Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Nasi Timbel Kukus Sunda

Menurut situs Wikipedia. Nasi Timbel Atau dalam Bahasa Sunda adalah Sangu Timeul adalah icon masakan Indonesia Khas Sunda, Jawa Barat, Nasi Timbel sama dengan Nasi pada umumnya, akan tetapi nasi timbel dibungkus dengan daun pisang dengan cara digulung memanjang atau dengan bentuk kotak yang dilengkapi dengan lauk pauk yang komplit dengan lalapan mentah segar, dan sambal goreng terasi, dan juga Nasi yang digunakan pun nasi yang Pulen dalam Bahasa Sunda, Biasanya Beras yang dipakai buat Nasi Timbel adalah jenis Beras Bagolo atau Beras Merah Campuran. Berikut resep nasi timbel komplit lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) dengan mudah dan praktis untuk diikuti.

RESEP NASI TIMBEL


BAHAN :
  • 2 bks nasi putih, dibungkus daun pisang agar harum
  • 1 potong paha, dada atau sayap ayam goreng
  • 1 buah tempe goreng
  • 1 buah Tahu goreng
  • 1 mangkuk sayur asem
  • 1 buah ikan asin goreng
  • Sambal goreng secukupnya
BAHAN LALAPAN :
  • 1 bh tomat, iris atau potong sesuai selera
  • 1 bh mentimun segar
  • 2 btg daun kemangi
  • Sayur kol segar bisa diganti dengan sayur selada bokor
CARA MEMBUAT NASI TIMBEL :
  1. Cara Membungkus Nasi Timbel : Nasi putih yang telah dibungkus daun pisang dikukus sebentar hingga nasinya menjadi hangat, Setelah hangat, angkat nasi dan letakkan diatas piring yang besar.
  2. Letakkan ayam goreng beserta tahu goreng, tempe goreng, sambal goreng, ikan asin goreng, sayur asem, disisi nasi, Lalu tata atau hias juga lalapan segar (tomat, timun, daun kemangi, dan sayur kubis atau kol) disampingnya hingga tampilan nasi timbel terlihat menarik, unik, dan menggugah selera.
  3. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT NASI TIMBEL KOMPLIT LENGKAP KHAS BANDUNG