CARA MEMBUAT KECAP ASIN SENDIRI


Resep Kecap Asin Sederhana Buatan sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Kecap asin terbuat dari bahan fermentasi kedelai yang dibuat secara tradisional dan juga diolah secara modern dengan skala pabrik. Ada juga kecap asin yang terbuat dari ikan laut. Nanti kapan-kapan Carabuatresep.blogspot.com akan membahas kecap asin ala Jepang (Kikkoman Shoyu) tunggu pada artikel selanjutnya. Kalau Saya paling suka dengan kecap asin Majalengka lezat sekali dimakan dengan telor ceplok mata sapi karena rasa kecapnya tidak terlalu asin dan rasanya gurih. Selain itu merk kecap asin yang terkenal di Indonesia ada kecap asin ABC, kecap asin cap atom Palembang, Kecap asin Borobudur, dll. Anda juga bisa buat resep cara membuat kecap asin dari kecap manis.

Menurut situs Wikipedia. Kecap asin adalah sejenis kecap yang rasanya asin. Kecap asin merupakan hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi di dalam larutan garam. Kecap berwarna coklat tua, berbau khas, rasa asin dan dapat mempersedap rasa masakan. Kecap asin terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Baca juga : Cara Membuat Kecap Ikan

Foto Resep Kecap Asin Sederhana Buatan sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak
Gambar Kecap Asin Produksi Sendiri

Sejarah mencatat bahwa VOC menuliskan kecap asin sebagai salah satu komoditasnya pada tahun 1737, ketika 75 tong kecap asin bahasa inggrisnya Soy Sauce atau saus kedelai dikirimkan dari Dejima, Jepang, ke Batavia; 35 di antaranya kemudian dikirimkan ke Belanda. Orang-orang Eropa tidak dapat membuat kecap asin karena mereka tidak memahami kegunaan Aspergillus oryzae, yaitu jamur yang digunakan dalam fermentasi kedelai.

Sumber pada abad ke-19 menuliskan bahwa kecap asin terbaik "dibuat dengan cara memasak kedelai hingga empuk, kemudian menambahkan sejumlah gandum atau jelai, dan membiarkannya difermentasi; kemudian garam dan air ditambahkan ke dalamnya, dan dibiarkan dua hingga tiga bulan sampai airnya ditiriskan

Sejarah asal usul mula kecap. Etimologi Konon kata "kecap" diambil dari bahasa Amoy kôechiap atau kê-tsiap.

Aksara Hanzi untuk kôechiap yang benar dipertentangkan :
  • Teori 1: "kecap" artinya"茄汁": "茄"adalah karakter Hanzi untuk "terong" (labu) atau bentuk pendek "tomat"(蕃茄). Jadi "kecap" artinya"茄汁"atau "saus/kuah air tomat". Pengertian ini lebih cocok untuk arti ketchup dalam bahasa Inggris.
  • Pelafazan modern dalam bahasa Taiwan (sangat mirip Amoy):茄(kiô) 汁(chiap)
  • Pelafazan modern bahasa Kantonis: ?茄(ke4) 汁(jap1)
  • Teori 2: "kecap" artinya"鮭汁": "鮭"adalah karakter Hanzi untuk "salem"(鮭魚), atau secara umum "ikan". Oleh karena itu, "kecap" artinya"鮭汁"atau "kuah ikan".
  • Pelafazan dalam bahasa Taiwan modern: 鮭(kôe) 汁(chiap)
  • Pelafazan dalam bahasa Kantonis modern: 鮭(gwai1) 汁(jap1)

Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi kicap asin halal sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) bisa untuk konsumsi sendiri maupun untuk usaha jualan bisnis kecap asin atau untuk usaha rumah makan restoran. Kecap asin yang akan melezatkan setiap masakan Anda atau sebagai pelengkap makanan Anda. Prosesnya sama dengan cara membuat tempe kedelai. Cara membuat kecap asin untuk mie ayam dan cara membuat kecap asin untuk sushi akan dibahas nanti.





RESEP KECAP ASIN SEDERHANA


BAHAN :
  • Kacang kedelai
  • Garam dapur secukupnya
CARA MEMBUAT KECAP ASIN :
  1. Mula-mula kedelai difermentasi oleh kapang (aspergillus sp dan Rhizopus sp) menjadi semacam tempe kedelai,
  2. Kemudian “tempe” ini dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam. Garam merupakan senyawa yang selektif terhadap pertumbuhan mikroba. Hanya mikroba tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut. Mikroba yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti Zygosaccharomyces (khamir) dan Lactobacillus (bakteri). Mikroba ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, serta menghasilkan asam. Fermentasi tersebut terjadi jika kadar garam cukup tinggi, yaitu antara 15 sampai 20%.

RESEP KECAP ASIN GURIH


BAHAN :
  • 1 kg kacang kedelai
  • 1 atau 2 kg garam dapur
  • 1 atau 2 ons lengkuas
  • 1 atau 2 ons bawang putih
  • 1 ons serai
  • 1 ons jahe
  • 8 lembar daun salam
  • Ragi tempe secukupnya
  • Air bersih secukupnya
CARA MEMBUAT KECAP ASIN :
  1. Kedelai dicuci kemudian direndam selama 10 jam.
  2. Kemudian kedelai direbus hingga masak.
  3. Setelah masak kemudian ditebar diatas tampi. Setelah dingin taburi dengan ragi tempe yang telah di haluskan.
  4. Pindahkan kedelai ke dalam panci yang di beri alas daun pisang, terus di tutup dan dibiarkan selama 2-3 hari.
  5. Kemudian kedelai di jemur sampai kering dan di tampir hingga cendawan hilang.
  6. Kemudian di rendam dengan air 4 liter selama satu hari.
  7. Kedelai di saring, bekas rendaman inilah yang diambil sebagai biang sari kecap.
  8. Bumbu dihaluskan dan dicampurkan dengan sari biang kecap, selanjutnya dimasukkan sampai mendidih. Dengan demikian kecap asin telah jadi.
  9. Kemas dalam botol kaca atau kemasan plastik tebal dan siap dipasarkan atau dijual.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KECAP ASIN SENDIRI