CARA MEMBUAT JENANG JAGUNG MANIS KHAS MALANG


Resep Jenang Jagung Khas Malang Sederhana Spesial Asli Enak. Kue jenang jagung manis adalah makanan tradisional Jawa, Indonesia yang terbuat dari jagung muda atau jagung manis dengan mencampur bahan-bahan lainnya, seperti gula merah, garam, dan santan kental, lalu dimasak diatas api dan diaduk sampai rata itulah ciri-ciri khas masakan jenang ini mirip dengan dodol tapi jenang lebih lembut dan empuk dan rasanya sama-sama legit. Jenang jagung legit yang paling enak yaitu jenang jagung Malang dan jenang jagung Probolinggo, Jawa Timur dimana kota tempat padepokan Dimas Kanjeng Taat Probadi yang katanya bisa menggandakan uang atau mengadakan uang.

Foto Resep Jenang Jagung Manis Tradisional Khas Malang Sederhana Kemasan Plastik Spesial Asli Enak
Gambar Jenang Jagung Bungkus Plastik

Menurut situs Wikipedia. Dodol adalah panganan manis dari Indonesia dan juga Malaysia. Proses pembuatan dodol bermutu tinggi memerlukan waktu yang lama dan membutuhkan keahlian khusus. Bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan tambahan pada dodol menentukan rasa. Dodol dari durian disebut dodol durian, dodol dari sirsak disebut dodol sirsak, dodol dari nangka disebut dodol nangka, dodol dari jahe disebut dodol jahe. Dodol khas Garut disebut dodol Garut. Dodol khas Kandangan, Kalimantan Selatan disebut dodol Kandangan. Dodol durian juga disebut lempok. Bila hanya disebut dodol saja, maka dodol tersebut hanya dibuat dari tepung ketan, gula merah, dan santan.

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dodol disebut jenang. Tekstur jenang lebih lembek daripada dodol, lebih basah berminyak, dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan. Jenang diiris sesuai permintaan pembeli. Aneka macam-macam jenis jenang banyak jenisnya dan bahannya diantaranya ada jenang grendul Jawa dari tepung ketan, tepung beras, tepung kanji atau jenang candil, jenang Kudus, jenang gulo, resep jenang sumsum, dll. Dodol lebih kering (kesat), dipotong dengan ukuran 2 cm×1 cm×3 cm. Pembungkus dodol berupa plastik atau kertas roti, dan dijual dalam jumlah besar di dalam kardus. Saat ini dodol mulai diminati konsumen dari negara lain, antara lain Belanda, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Berikut resep jenang jagung manis dari tepung jagung tradisional ncc lengkap dengan cara mudah dan praktis untuk bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP JENANG JAGUNG


BAHAN :
  • 10 buah jagung muda manis
  • 200 gram gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 gelas/250 cc santan kental dari 1/2 butir kelapa
CARA MEMBUAT JENANG JAGUNG KHAS MALANG :
  1. Jagung muda diparut, kemudian diperas dan diberi sedikit air. Biarkan selama 2 jam, supaya mengendap.
  2. Setelah mengendap, ambil patinya untuk bahan pokok pembuatan jenang itu.
  3. Iris gula merah, campur dengan garam, santan kental, dan jagung.
  4. Masak di atas api, dan aduk hingga kental. Setelah masak dan kental, angkat lalu letakkan pada panci lengser.
  5. Tuangkan di piring, dinginkan. Setelah dingin, potong-potong sesuai kesukaan.
  6. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT JENANG JAGUNG MANIS KHAS MALANG