CARA MEMBUAT IKAN ASIN JAMBAL ROTI


Resep Ikan Asin Jambal Roti Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan. Jambal roti ikan asin paling mahal harganya di Indonesia apalagi harga jambal roti super itu harganya terkadang bisa lebih mahal dari harga sekilo daging sapi. Tulang jambal rotipun bisa dimanfaatkan untuk masakan olahan tulang jambal. Penasaran ingin melihat proses pembuatan ikan asin jambal roti ini? simak cara pengelohannya di blog carabuatresep.blogspot.com.

Foto Resep Cara Membuat Ikan Asin Jambal Roti Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan
Gambar Ikan Asin Jambal Roti Siap Jual

Pasti banyak yang bertanya-tanya. Apa itu jambal roti? terus jambal roti dari ikan apa? Ikan jambal roti adalah olahan ikan asin yang berasal dari ikan manyung. Ikan ini dibuat melalui proses fermentasi garam yaitu salah satu teknik pengawetan ikan sehingga mengalami perubahan karakteristik yang khas. Mengapa disebut jambal roti atau jambal kue karena tekstur dagingnya yang mudah hancur setelah digoreng seperti roti panggang. Olahan ini mempunyai ciri khas antara lain aroma harum yang disebabkan adanya degradasi protein dan lemak yang menghasilkan senyawa metil keton, amona, butilaldehid, amino, dan senyawa anonim lainnya. Asam amino nitrogen yang terkandung sangat tinggi sehingga mempengaruhi cita rasa jambal roti.

Ikan yang sangat terkenal paling enak cita rasanya ini bahkan harganya lebih mahal dari harga daging di pasaran tapi kalau saya paling suka ikan asin kolentang goreng lebih renyah dan crispy kalau digoreng. Daerah penghasil ikan jambal roti adalah Pangandaran, Tasikmalaya, Cirebon, Indramayu yang telah menjadi oleh-oleh khas Indramayu, dll. Adapun cara pengolahan ikan jambal roti pada setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Cara pengolahan ikan asin jambal roti sebagai berikut.

RESEP IKAN ASIN JAMBAL ROTI


BAHAN :
  • Ikan Manyung
  • Garam kristal sebanyak 20% dari berat ikan
CARA MEMBUAT IKAN ASIN JAMBAL ROTI :
  1. Ikan manyung segar bagian kepalanya dipotong, dibuang isi perutnya, dan dicuci sampai bersih. Tiriskan hingga benar-benar tiris, lalu timbang.
  2. Ikan dicelupkan sebentar dalam larutan gula merah.
  3. Ikan diberi garam dengan cara memasukkan garam ke dalam rongga perut ikan. Garam yang digunakan sebanyak 20 % dari berat ikan yang telah dibersihkan isi perut. Kemudian ikan disusun berlapis garam di dalam bak. Bak penggaraman ditutup rapat. Ikan diangkat dari bak penggaraman dan garam dikeluarkan dari rongga perut ikan setelah 3 hari penggaraman.
  4. Ikan dibelah memanjang sehingga ikan terbelah dua. Dan bagian daging tebal pada bagian punggung ikan bisa dibelah lagi. Lalu ikan yang telah terbelah dicuci sampai bersih.
  5. Ikan dijemur selama tiga hari hingga kering. Pada saat dijemur, bisa diolesi dengan larutan bawang putih secara merata.
  6. Ikan yang telah kering selanjutnya disimpan.
Demikian cara pengolahan ikan dengan teknik penggaraman untuk pembuatan ikan asin buatan sendiri di rumah. Garam yang digunakan dalam pengolahan ikan jambal roti adalah garam kristal dengan kadar normal dan tidak tercampur oleh unsur lain. Pemberian gula selain untuk meningkatkan cita rasa juga untuk mengurangi garam dan juga mengurangi efek pengerasan yang ditimbulkan oleh pemberian garam pada ikan dimana gula tersebut mengurangi jumlah penguapan air pada ikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT IKAN ASIN JAMBAL ROTI