CARA MEMBUAT TING TING KACANG TANAH WIJEN

Resep Ting Ting Kacang Tanah Wijen Sederhana Spesial Asli Enak. Jajajan camilan tradisional ini di Sunda Bandung dikenal dengan nama enting enting kacang berbeda tekstur dengan permen ting ting kacang yang bentuknya lebih keras menyerupai permen, ada juga yang menyebutnya dengan teng teng khas Purwokerto kalau di Jawa, nah, kalau Ayu ting ting adalah?. Ting ting kacang tanah wijen ini tanpa menggunakan gula merah Jawa, seperti pada resep ting ting tetangga sebelah akan tetapi menggunakan Bebeco atau glukosa sebagai pengikat antara semua bahan sehingga menjadi padat, lengket, dan lebih padu. Selain kacang tanah kacang mete juga bisa dibuat ting ting dengan nama ting ting mete/mente/mede, ting ting kacang karamel, ting ting kacang madu, kalau ting ting wijen hitam dan wijen putih di Jawa dan Jogja Yogyakarta disebut geti wijen dan ada juga ting ting jahe, dll. Ada resep kue ampyang kacang tanah gula merah, ya hampir mirip-miriplah teng tong.

Foto Resep Ting Ting Kacang Tanah Wijen Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Ting Ting Kacang Wijen

*Bebeco atau glukosa adalah jenis gula dalam bentuk pasta. Wujudnya kental dan warnanya putih bening. Sangat lengket jika dipegang. Sering juga disebut corn syrup atau sirup jagung. Banyak digunakan dalam pembuatan permen dan sirup. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan pot plastik dan kantong plastik. Saat hendak memegang sebaiknya basahi dulu tangan dan sendok yang akan digunakan dengan air.

Aneka kreasi olahan dan variasi makanan cemilan ting ting kacang tanah ini ada banyak variannya, misalnya ting ting kacang gula merah, ting ting kacang coklat, ting ting kacang wijen yang telah menjadi oleh-oleh khas Surabaya, Jawa Timur, ting ting kacang garuda, ting ting kacang tanpa wijen, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ting ting kacang wijen manis yang lezat lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis cemilan. Siapa tahu Anda bisa buka usaha jualan ting-ting.

RESEP TING TING KACANG TANAH WIJEN


BAHAN :
  • 250 gram kacang tanah, kupas kulitnya
  • 100 gram wijen yang sudah disangrai, boleh wijen putih atau wijen hitam atau campur
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm *bebeco
CARA MEMBUAT TING TING KACANG TANAH WIJEN :
  1. Kacang dibelah dua lalu disangrai.
  2. Gula pasir dicairkan dalam panci dengan api kecil, setelah cair matikan api, kemudian masukkan Bebeco, mentega, aduk sampai rata kemudian masukkan kacang tanah, wijen aduk lagi sampai rata.
  3. Cetak ting ting menurut selera atau ukuran untuk dijual atau jualan.
  4. Sajikan.

CARA MEMBUAT TING TING KACANG TANAH WIJEN