CARA MEMBUAT SOSIS SENDIRI HOMEMADE HALAL 100%


Resep Sosis Homemade Buatan Sendiri Sederhana Spesial Ala Rumahan Asli Enak Halal 100%. Bingung mau masak apa hari ini Susis ? Saat sedang kehilangan ide dan inspirasi memasak, masakan cepat saji seperti sosis sering jadi andalan di rumah. Selain sosis mudah didapat, bahan makanan ini juga termasuk yang bisa diolah dengan mudah untuk memperkaya sajian Anda. Tapi, mungkin Anda termasuk mereka yang ragu untuk membeli sosis siap santap karena tidak yakin dengan kandungan bahan pengawet dan pewarna makanan yang mungkin terdapat di dalamnya. Untungnya, Anda pun bisa mencoba membuat sosis sendiri di rumah. Anda bisa membuat berbagai macam-macam jenis aneka sosis, seperti sosis sapi, sosis ayam, sosis tempe, sosis tahu, sosis ikan lele, sosis sayur - sayuran, dll. Sosis dapat diolah menjadi berbagai aneka masakan dari yang paling mudah adalah cara membuat sosis goreng, cara membuat sosis bakar, cara membuat sosis sapi, cara membuat sosis gulung mie, dll. Kalau cara membuat sosis solo itu beda.

Foto Resep Sosis Homemade Buatan Sendiri Sederhana Spesial Ala Rumahan Asli Enak
Gambar Sosis Rumahan Homemade

Menurut situs Wikipedia sosis atau sausage adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, terna dan rempah, serta bahan-bahan lain. Sosis umumnya dibungkus dalam suatu pembungkus yang secara tradisional menggunakan usus hewan, tapi sekarang sering kali menggunakan bahan sintetis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya dengan pengasapan. Pembuatan sosis merupakan suatu teknik produksi dan pengawetan makanan yang telah dilakukan sejak sangat lama. Di banyak negara, sosis merupakan topping populer untuk pizza. Sosis terdiri dari bermacam-macam tipe, ada sosis mentah dan juga sosis matang.

Salah satu resep sosis sehat yang bisa Anda coba dengan mudah bisa Anda temukan di resep sosis bakar dengan Sosis Ayam atau sosis sapi. Pada resep ini cara membuat sosis yang sehat, Anda bahkan tak perlu membeli casing atau bahan pembungkus sosis. Anda hanya perlu menggulungnya dengan aluminium foil dan mengukusnya. Beberapa aneka tips yang harus diperhatikan dalam pembuatan sosis yang sehat dan segar, diantaranya.

  1. Jaga Suhu Adonan Sosis. Suhu adonan sosis sangat penting untuk menjaga bentuknya, karena adonan yang terlalu hangat bisa membuat adonan sosis menjadi mudah hancur. Penggunaan air es dalam adonan bisa membantu Anda menjaga suhu adonan tetap dingin. Selain itu, sebelum adonan diisikan ke dalam casing sosis atau dibentuk memanjang seperti sosis, Anda bisa menyimpan adonan dalam kulkas selama beberapa saat agar adonan lebih mudah dibentuk.
  2. Bumbui Adonan dengan Baik. Seperti sajian lainnya, bumbu yang tepat akan membuat sosis buatan Anda semakin nikmat. Bumbu dan rempah seperti garam, merica hitam, jintan, dan bawang putih sangat penting untuk menambah rasa sosis. Untuk mencicipi adonan sosis Anda, ambil sedikit adonan sosis dan masak di atas wajan hingga matang. Setelah itu, sesuaikan bumbu adonan dengan selera Anda sebelum adonan dimasukkan ke dalam casing sosis atau sebelum adonan dibentuk.
  3. Isi Casing Sosis tanpa Alat Khusus. Biasanya adonan sosis diisikan ke dalam casing menggunakan sausage stuffer. Tapi, kalau Anda tak memiliki alat khusus tersebut, Anda bisa mengisikan adonan ke dalam casing menggunakan piping bag dan alat semprit kue. Kalau Anda tak menggunakan casing sosis, Anda pun bisa membuat bentuk sosis dengan cara menggulung adonan dengan kertas foil seperti pada resep Sosis Ayam di atas.
  4. Sosis buatan sendiri tentu lebih sehat dibandingkan sosis siap olah atau siap saji, bahkan ada sosis siap makan atau siap santap. Anda pun bisa memasaknya dengan berbagai cara. Coba buat sosis sendiri ala rumahan (homemade) dan ikut pelatihan cara membuat sosis untuk wirausaha dan peluang usaha. Berikut resep sosis lengkap dengan step by step cara bikin sendiri dengan mudah dan praktis di rumah home industri.

RESEP SOSIS HOMEMADE


BAHAN :
  • 600 gram daging sapi/ayam giling
  • 100 ml minyak goreng / minyak apa aja yang tidak beraroma
  • 150 gram es serut/es batu yang dihancurkan
  • 3 sdm tepung tapioka/sagu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 butir putih telur
CARA MEMBUAT SOSIS HOMEMADE :
  1. Campur daging ayam/daging sapi dengan sebagian es serut dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan minyak, aduk rata.
  3. Campurkan semua bumbu, tepung tapioka/sagu, putih telur, dan sisa es parut.
  4. Setelah adonan tercampur rata, masukkan ke dalam plastik segitiga, tekan tekan, usahakan jangan ada rongga udara.
  5. Semprotkan adonan ke dalam casing sosis, sampai adonan habis.
  6. Ikat dengan benang setiap 10 cm atau sesuai selera.
  7. Didihkan air, biarkan sebentar kira-kira 1 menit, masukkan sosis ke dalam air panas.
  8. Biarkan selama 15-20 menit, angkat.
  9. Langsung celupkan sosis ke dalam air dingin/air es supaya bentuknya tidak berubah.
  10. Tiriskan, gunting ikatan. Tunggu sampai dingin, masukkan ke dalam wadah tertutup, simpan di freezer.
INFORMASI PENTING :

Jika ingin memesan sosis sapi home industri bebas pengawet dan pewarna lebih sehat dan higenis alami serta Halal 100% karena sudah dapat sertifikat MUI. Anda bisa memesan langung di Heni Online Shop khusus wilayah Bandung, Jawa Barat. Like saja facebook ini untuk informasi lebih lanjut : https://www.facebook.com/henionlineshop


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SOSIS SENDIRI HOMEMADE HALAL 100%