CARA MEMBUAT KUE PUKIS KHAS BANYUMAS


Resep Kue Pukis Khas Banyumas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Kue pukis Banyumas ini banyak bermain di varian aneka rasa dan masih masuk tergolong kue basah tradisional dengan sentuhan dan aneka kreasi modifikasi modern. Kue pukis ini juga bisa disebut kue pukis aneka topping. Kurang tahu juga apa bedanya dengan kue pukis Bandung, kue pukis Bangka, kue pukis Jogja, kue pukis Jawa, kue pukis Jakarta, kue pukis Arab, dll. Mungkin ukurannya yang mini atau kecil mungkin menggunakan cetakan kue pukis ukuran unyil. Entahlah bedanya apa yang jelas kue pukis rasa manis. Kalau dari bentuk kue pukis ada yang bentuk bulat dan panjang mirip kue pancong atau kue bandros tergantung cetakan yang digunakan.

Foto Resep Kue Pukis Khas Banyumas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak Cetakan Bulat
Gambar Kue Pukis Khas Banyumas Bulat

Pukis Banyumas istimewa ini sempat ngetren dan ngetop di NCC, langsung enak, bogasari, Blue band, dan sajian sedap. Apa bedanya dengan kue pukis biasa atau pukis original yang dijual oleh Abang-abang gerobak?. Kita ketahui kue pukis santan dan pukis tanpa santan ini banyak macam-macam dan aneka jenisnya ada pukis Bangka, kue pukis pandan hijau/ijo, pukis coklat, pukis coklat keju, pukis kismis, pukis cokalt meises warna warni, pukis kurma, dll. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi resep kue pukis Banyumas Jawa sajian istimewa enak dan lembut lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis gampang step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kue pukis tradisional dan modern aneka topping.





RESEP KUE PUKIS BANYUMAS

Resep by : Rina Rinso

BAHAN :
  • 375 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lbr daun jeruk purut, bisa tambahkan daun pandan 2 lbr
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram terigu serbaguna/protein sedang
  • 1/4 bungkus (4 gram) ragi/yeast instan
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 75 ml susu kental manis putih
  • 100 gram margarin blueband, cairkan
  • 15 gram mentega wijsman, cairkan
  • 1/2 sdm coklat bubuk, larutkan dalam 1 sdm air panas
CARA MEMBUAT PUKIS KHAS BANYUMAS :
  1. Rebus santan, daun jeruk dan garam sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan biarkan hangat. Saring dan buang daun jeruknya. Masukkan susu kental manis dan aduk sampai rata.
  2. Campur bahan kering seperti terigu, yeast dan vanili bubuk, sisihkan.
  3. Dalam wadah besar kocok telur dan gula menggunakan mixer speed tinggi sampai putih, kental dan mengembang. Masukkan campuran terigu berselang-seling dengan santan hangat sambil dikocok dengan mixer speed rendah sampai rata. Awali dan akhiri dengan tepung.
  4. Masukkan margarin dan mentega cair, kocok lagi dengan speed rendah sampai rata (aduk balik pake spatula juga boleh). Tutup wadahnya dan fermentasikan di tempat hangat selama 1 jam sampai mengembang.
  5. Bagi adonan jadi 2 bagian. Satu bagian diberi larutan coklat dan sisanya putih/plain. Siapkan cetakan pukis, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis dan panaskan dengan api kecil.
  6. Tuang adonan putih setinggi 1/2 cetakan, menyusul adonan coklat sampai 3/4 penuh. Tutup dan panggang sampai permukaannya kering/matang.
  7. Sajikan untuk 40-50 buah.
TIPS & TRICKS :
  • Pukis yang masih panas jangan ditumpuk-tumpuk supaya tidak gepeng karena ketika panas tekstur pukis sangat empuk dan lembut.
  • Resep di atas menggunakan terigu serbaguna semua dan hasilnya sangat lembut. Jika ingin agak padat/keras, bisa dicampur terigu protein tinggi, silahkan sesuaikan komposisinya.
  • Jika mau tambah mantap beri potongan keju yang cukup besar di pukis kejunya.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE PUKIS KHAS BANYUMAS