CARA MEMBUAT KUE PUKIS KHAS BANYUMAS

Resep Kue Pukis Khas Banyumas Sederhana Spesial Super Lembut dan Empuk Asli Enak. Kue pukis Banyumas gurih super lembut dan empuk ini banyak bermain di varian aneka rasa dan masih masuk tergolong kue basah tradisional dengan sentuhan dan aneka kreasi modifikasi modern. Kue pukis ini juga bisa disebut kue pukis aneka topping. Kurang tahu juga apa bedanya dengan kue pukis Bandung, kue pukis Bangka, kue pukis Jogja, kue pukis Jawa, kue pukis Jakarta, kue pukis Arab, dll. Mungkin ukurannya yang mini atau kecil mungkin menggunakan cetakan kue pukis ukuran unyil. Entahlah bedanya apa yang jelas kue pukis rasa manis. Kalau dari bentuk kue pukis ada yang bentuk bulat dan panjang mirip kue pancong atau kue bandros tergantung cetakan yang digunakan untuk resep kue pukis yang lezat.

Foto Resep Kue Pukis Khas Banyumas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak Cetakan Bulat
Gambar Kue Pukis Khas Banyumas Bulat

Menurut situs Wikipedia. Kue Pukis atau hanya disebut Pukis adalah Indonesia kue atau camilan tradisional yang terbuat dari tepung terigu berbasis adonan dan dimasak dalam cetakan panci khusus. Ini adalah makanan ringan yang biasa ditemukan di pasar tradisional Indonesia.

Panci cetakan mirip dengan kaleng muffin tetapi memiliki baskom persegi panjang, bukan bulat. Bentuknya berupa deretan baskom persegi panjang dari bak-bak kecil dengan dasar setengah bulan membulat, sehingga membuat kue panas berbentuk setengah bulan atau perahu. Cetakan pukis sangat mirip dengan cetakan waffle. Cetakan logam seperti panggangan khusus yang digunakan dalam pembuatan kue pukis juga digunakan dalam kue tradisional Indonesia lainnya ; termasuk kue pancong (juga dikenal sebagai bandros di Jawa Barat) dan kue rangi (yang dibuat dengan parutan kelapa dan tepung tapioka), sehingga bentuknya sangat mirip dengan kue-kue tersebut. Meskipun cetakan kue pukis biasanya lebih besar dari cetakan kue rangi. Namun rasanya lebih mirip dengan kue cubit Indonesia, poffertjes Belanda dan dorayaki Jepang , karena adonan berbahan dasar tepung terigu yang serupa.

Bahan dan cara memasak. Penjual kue pukis di atas perahu di pasar terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Adonan terbuat dari campuran tepung terigu, air, ragi, telur, gula, santan kental, dan garam; dengan minyak sayur, mentega atau margarin yang digunakan untuk melumasi cetakan kue agar tidak lengket.

Terkadang bagian atas kue ditaburi dengan taburan cokelat, potongan kacang tanah, keju cheddar parut atau tapai singkong yang difermentasi.

Kue pukis, kue pancong, dan kue rangi sangat mirip, sehingga ketiga kue panas tersebut sering salah diidentifikasi. Perbedaan umum antara ketiga kue panas tersebut terletak pada adonan.

Pukis Banyumas istimewa ini sempat ngetren dan ngetop di NCC, langsung enak, bogasari, Blue band, dan sajian sedap. Apa bedanya dengan kue pukis biasa atau pukis original yang dijual oleh Abang-abang gerobak?. Kita ketahui kue pukis santan dan pukis tanpa santan ini banyak macam-macam dan aneka jenisnya ada pukis Bangka, kue pukis pandan hijau/ijo, pukis coklat, pukis coklat keju, pukis kismis, pukis cokalt meises warna warni, pukis kurma, pukis lumer. dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih pukis Banyumas Jawa takaran sendok beserta gambarnya sajian istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis gampang untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue pukis tradisional dan modern aneka topping.

RESEP KUE PUKIS BANYUMAS

Resep by : Rina Rinso

BAHAN :
  • 375 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lbr daun jeruk purut, bisa tambahkan daun pandan 2 lbr
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram terigu serbaguna/protein sedang bogasari
  • 1/4 bungkus (4 gram) ragi/yeast instan
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 75 ml susu kental manis putih
  • 100 gram margarin blueband, cairkan
  • 15 gram mentega wijsman, cairkan
  • 1/2 sdm coklat bubuk, larutkan dalam 1 sdm air panas
CARA MEMBUAT PUKIS KHAS BANYUMAS :
  1. Rebus santan, daun jeruk dan garam sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan biarkan hangat. Saring dan buang daun jeruknya. Masukkan susu kental manis dan aduk sampai rata.
  2. Campur bahan kering seperti terigu, yeast dan vanili bubuk, sisihkan.
  3. Dalam wadah besar kocok telur dan gula menggunakan mixer speed tinggi sampai putih, kental dan mengembang. Masukkan campuran terigu berselang-seling dengan santan hangat sambil dikocok dengan mixer speed rendah sampai rata. Awali dan akhiri dengan tepung.
  4. Masukkan margarin dan mentega cair, kocok lagi dengan speed rendah sampai rata (aduk balik pake spatula juga boleh). Tutup wadahnya dan fermentasikan di tempat hangat selama 1 jam sampai mengembang.
  5. Bagi adonan jadi 2 bagian. Satu bagian diberi larutan coklat dan sisanya putih/plain. Siapkan cetakan pukis, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis dan panaskan dengan api kecil.
  6. Tuang adonan putih setinggi 1/2 cetakan, menyusul adonan coklat sampai 3/4 penuh. Tutup dan panggang sampai permukaannya kering/matang.
  7. Sajikan untuk 40-50 buah.
TIPS & TRICKS :
  • Pukis yang masih panas jangan ditumpuk-tumpuk supaya tidak gepeng karena ketika panas tekstur pukis sangat empuk dan lembut.
  • Resep di atas menggunakan terigu serbaguna semua dan hasilnya sangat lembut. Jika ingin agak padat/keras, bisa dicampur terigu protein tinggi, silahkan sesuaikan komposisinya.
  • Jika mau tambah mantap beri potongan keju yang cukup besar di pukis kejunya.

CARA MEMBUAT KUE PUKIS KHAS BANYUMAS