CARA MEMBUAT KUE LUPIS SINGKONG UBI KAYU


Resep Kue Lupis Singkong Sederhana Spesial Asli Enak. Kue lopis atau lupis ini masih tergolong kue basah tradisional jajanan pasar yang telah langkah tergerus dengan makanan dan jajanan aneka kue - kue modern. Kue lupis berasal dari mana? Konon katanya lupis ini berasal dari Pulau Madura dan Jawa Timuran, akan tetapi kue lupis ini hampir ditemukan di setiap daerah yang saya kunjungi, seperti ada lupis bali, lupis betawi. Biasanya kue lupis terbuat dari beras ketan yang dimasak dan dibungkus daun pisang. Cara makannya diberi taburan kelapa diatasnya dan tuangkan saus kinca atau kuah gulah merah untuk pemanis. Mungkin ini resep kue lapis singkong lebih tepatnya atau mungkin ini olahan singkong terbaru di resep kue lupis. Berikut photo kue lupis singkong by Dapur Comel Selma.

Foto Resep Kue Lupis Singkong Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Lupis Singkong Dapur Comel

Kue lupis sering juga disebut Kue lopis adalah makanan khas Indonesia terutama area Jawa. Lupis adalah kue manis yang terbuat dari beras ketan putih pada umumnya dan ada juga lupis yang terbuat dari beras ketan hitam, bahkan ada yang diberi warna ijo untuk kue lupis hijau, kini telah dibuat aneka kreasi olahan kue lupis singkong, kue lupis ubi jalar, dll. Dapat menambah kemanisannya dengan adanya kelapa parut dan gula aren. Biasanya dimakan pada saat sarapan atau teman minum teh pada sore hari.

Dahulu bentuknya segitiga, tetapi karena sulit untuk cara membungkusnya, maka dibentuk bulat memanjang dengan daun pisang. Berikut aneka resepi kue lupis singkong ubi kayu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan usaha kuliner aneka kue basah tradisional.





RESEP KUE LUPIS SINGKONG


BAHAN :
  • 500 gram singkong, kemudian kupas bersihkan dan diparut
  • 135 gram kelapa muda/sedang, kemudian diparut
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
BAHAN SAUS KINCA :
  • 150 gram Gula merah
  • 1,5 sendok makan Gula pasir
  • 60 ml Air
  • Daun pandan
BAHAN TABURAN :
  • Parutan kelapa muda/sedang campur sedikit garam dan daun pandan kemudian kukus sebentar, secukupnya
CARA MEMBUAT KUE LUPIS SINGKONG :
  1. Campurkan singkong parut, kelapa parut dan garam kemudian aduk hingga merata.
  2. Siapkan potongan daun pisang kemudian masukan adonan sesuai selera dan bungkus.
  3. Jika sudah kukuslah hingga matang.
  4. Campurkan semua bahan untuk membuat saus kinca kemudian rebus hingga mengental.
  5. Cara penyajian Kue Lupis Singkong : Potong-potong Kue Lupis singkong kemudian taburi dengan kelapa parut dan saus kinca.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE LUPIS SINGKONG UBI KAYU