CARA MEMBUAT KERIPIK SANJAI BALADO KHAS PADANG

Resep Keripik Sanjai Balado Pedas Renyah Padang Khas Minang Sederhana Spesial Asli Enak. Keripik sanjai atau kripik sanjay balado merah bukanlah nama seorang inspektur polisi dari India, melainkan makanan cemilan keripik singkong pedas ala Minang Khas Padang, Sumatera Barat. Keripik singkong renyah (Crispy) garing kriuk ini rasanya campur aduk dari pedas, manis, asin, dan gurih menjadi satu kesatuan yang utuh.

Foto Resep Keripik Sanjay Balado Pedas Renyah Padang Khas Minang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Keripik Sanjai Balado Pedas

Keripik sanjai adalah cemilan aneka rasa atau makanan ringan (Snack) yang terbuat dari olahan singkong yang telah diparut tipis memanjang kemudian dibumbui dengan taburan garam dan lado (cabe), sehingga banyaklah orang yang menyebutnya keripik balado. Oleh-oleh khas Bukit Tinggi keripik balado merek Christine Hakim khas bukit tinggi itulah yang terkenal paling enak, selain itu ada keripik sanjai Mahkota, keripik sanjai Shirley, dll.

Bertandang ke Bukittinggi tidak lengkap rasanya tanpa berfoto di sekitar Jam Gadang yang telah menjadi ikon kota ini. Tapi sekedar membawa foto saja tentu tidak akan cukup sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan rekan-rekan di daerah asal. Sedikit cemilan khas asal kota sejuk ini pastinya akan memberi kesan yang lebih untuk mereka. Dari sekian banyak pilihan kuliner khas, karupuak sanjai mungkin layak menjadi pilihan utama untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Bukittinggi.

Meski masyarakat setempat menamakannya karupuak, penganan ini sebenarnya berwujud keripik berbahan baku singkong. Karupuak sanjai secara umum terbagi menjadi tiga jenis, tawar tanpa bumbu berwarna putih, asin berwarna kuning pakai bumbu kuning, dan berbumbu pedas atau yang populer disebut dengan keripik balado.

Di antara ketiga jenis keripik ini, keripik balado adalah jenis yang paling populer dan dianggap paling khas karena rasanya yang pedas manis. Karenanya, terkadang orang salah kaprah dan menganggap keripik sanjai adalah keripik jenis balado.

Sebutan Sanjai berasal dari nama sebuah jalan atau daerah di bagian utara Kota Bukittinggi. Jalan Sanjai ini terletak di Desa Manggis, Kelurahan Manggis Gantiang Sanjai, Kota Bukittinggi. Munculnya sebutan ini tentu bukan tanpa alasan.

Warga yang bermukim di sekitar Jalan Sanjai ini memang rata-rata berprofesi sebagai pengrajin keripik singkong. Tidak hanya itu, daerah Sanjai sendiri memang dipercaya sebagai daerah asal muasal persebaran industri keripik singkong di Bukittinggi.

Menurut sejarahnya, memang warga Sanjai yang pertama kali memproduksi jenis keripik singkong di daerah sekitar Bukittinggi. Usaha keripik di Jalan Sanjai ini diperkirakan mulai muncul sekitar tahun 1970-an.

Menurut seorang pengrajin bernama Ibu Rosnita, awalnya hanya ada tiga orang pengrajin yang mulai berjualan keripik singkong ini, yaitu Amai Malan, Amai Seram dan Amai Terimalah. Mereka adalah tiga orang nenek yang berjualan keripik singkong di Los Maninjau, Kawasan Pasar Atas, Bukittinggi.

Kesuksesan usaha dari ketiga pengrajin ini menginspirasi warga di kawasan Jalan Sanjai untuk ikut memproduksi keripik Singkong. Karenanya, keripik singkong asal daerah ini di kemudian hari terkenal dengan sebutan karupuak sanjai.

Seiring meningkatnya popularitas penganan ini sebagai oleh-oleh khas Bukittinggi, bermunculan pula produsen keripik singkong di daerah-daerah lain, bahkan hingga menyebar ke seantero ranah Minangkabau. Uniknya, nama sanjai pun akhirnya menjadi sebutan umum untuk jenis keripik singkong asal Bukittinggi ini.

Ibu Rosnita, pemilik usaha keripik sanjai bermerk 'Nipik', menyebutkan, dalam sekali produksi tempatnya dapat mengolah sekitar 15 karung singkong. Pengrajin yang juga cucu dari Anai Malan ini mengungkapkan, pada hari-hari biasa dirinya melakukan produksi tiga hari dalam seminggu. Akan tetapi saat musim liburan seperti Lebaran atau Natal tiba, produksi bisa setiap hari dari pagi hingga malam.

Pembuatan keripik singkong di Sanjai sebenarnya terbilang sederhana. Keripik berwarna kuning yang bercitarasa asin dibuat dengan merendam potongan keripik singkong dalam bumbu campuran kunyit, bawang putih, dan garam, sebelum digoreng.

Adapun keripik singkong pedas dibumbui dengan saus gula yang dibuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan gula pasir. Saus gula ini dioleskan pada permukaan keripik yang telah digoreng dengan menggunakan kuas, kemudian dikeringkan.

Di tengah persaingan antar produsen, selain ketiga varian umum tersebut muncul inovasi-inovasi baru seperti keripik berbentuk stik atau keripik berbumbu cabai kering. Selain itu, para pengrajin umumnya juga memproduksi makanan khas lain yang disebut dakak-dakak, yaitu singkong yang dipotong dadu seukuran kurang lebih 1 cm dan digoreng kering.

Keripik singkong pede ini bisa anda dapatkan bila sedang berkunjung ke daerah padang atau bukit tinggi, karena memang olahan keripik lezat pedas ini adalah oleh-oleh khas bukit tinggi atau tepatnya Sumatera Barat. Untuk jenis dari keripik sanjai sendiri sebenarnya sudah dihadirkan dengan tiga varian yang berbeda, seperti ada yang hanya di beri garam saja (keripik sanjai tawar), ada yang diberi olesan gula merah (keripik sanjai saka), dan yang terakhir adalah keripik yang dibumbui lado (keripik balado). Semua ini sangat lezat dan renyah sekali sehingga sangat cocok untuk anda jadikan buah tangan bila berkunjung ke daerah tersebut. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi keripik sanjai balado merah pedas manis asin gurih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis oleh-oleh khas Padang Minang Kabau.

RESEP KERIPIK SANJAY BALADO MERAH


BAHAN :
  • 500 gram singkong ubi kayu, kupas dan parut tipis panjang
  • 1 sdm garam halus
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng
BAHAN BUMBU BALADO MERAH :
  • 20 cabe merah, buang dulu bijinya
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm cuka makan
CARA MEMBUAT KERIPIK SANJAI BALADO :
  1. Bila singkong sudah diparut, silakan taburi dengan garam dapur terlebih dulu, aduk merata dan diamkan 10 menit.
  2. Goreng singkong hingga matang, tapi jangan terlalu gosong cukup putih saja, angkat dan tiriskan.
  3. Ulek atau blender semua bahan bumbu lado sampai halus dan tercampur rata, jangan lupa untuk mencampur cuka.
  4. Tumis bumbu tersebut sampai matang dan merah masak, angkat
  5. Masukkan keripik singkong yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu lado, lalu aduk hingga tercampur rata.
  6. Simpan dalam stoples atau kemasan plastik tebal untuk dijual, agar tidak mudah anyep atau lempam/lembek.
  7. Keripik sanjai balado siap disajikan.
  8. Sajikan dengan kemasan plastik supaya tahan lama kriuk dan garingnya awet.

CARA MEMBUAT KERIPIK SANJAI BALADO KHAS PADANG