CARA MEMBUAT DAGING SAPI BEEF TERIYAKI HALAL


Resep Daging Sapi Beef Teriyaki Halal Sederhana Spesial Asli Enak. Pada resep masakan kali ini berbahan dasar daging sapi (beef teriyaki) dengan saus teriyaki, tentu Anda dapat menggantinya dengan daging kambing atau daging domba. Tekstur daging sapi lebih lembut dan empuk dibanding daging kambing, asal kita bisa mengolahnya daging akan menjadi empuk dan lembut dengan rasa yang lebih lezat. Baca Juga : Resep Sapi Lada Hitam

Foto Resep Daging Sapi Beef Teriyaki Halal Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Beef Teriyaki Halal

Daging teriyaki biasa disebut beef teriyaki memang resep aslinya menggunakan bahan utama daging sapi, seperti beef teriyaki ala hokben. Kini banyak yang memodifikasinya diganti bahan ayam (chicken teriyaki), tahu teriyaki, udang, ikan, kambing atau domba, dll.

Menurut situt Wikipedia Teriyaki (照り焼き, てりやき?) adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake/mirin/gula beraroma rasa. Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

Asal kata teriyaki berasal dari kata teri (照り?) yang artinya bersinar (karena mengandung gula dari tare (タレ?)), dan kata yaki (焼き?) yang artinya dibakar atau dipanggang. Tare merupakan campuran dari kecap, sake/mirin, dan gula/madu yang dipanaskan.

Di negara-negara muslim, dimana sake dianggap haram, dapat digantikan dengan gula merah dan/ madu. Pada resep-resep tertentu tepung kentang diganti dengan tepung maizena dan ditambah jahe, bawang putih, air jeruk nipis. Di Jepang sendiri ada yang resepnya disederhanakan menjadi kecap manis, gula, dan tepung kentang. Kini ada banyak olahan yang menggunakan saus teriyaki sebagai andalannya. Berikut resep daging sapi teriyaki lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade).

RESEP DAGING TERIYAKI


BAHAN :
  • 300 gram daging gandik, diiris tipis lebar ukuran lebar 5 cm
  • 2 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 1 buah bawang bombay, dipotong panjang lebar
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 3 buah cabai hijau besar, dibuang biji, dipotong kotak 2cm
  • 4 sendok makan kecap teriyaki bisa gunakan merk saori
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk bisa gunakan lada putih dan lada hitam
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
CARA MEMASAK DAGING TERIYAKI :
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang bombay, jahe, dan cabai hijau sampai harum.
  2. Tambahkan irisan daging. Aduk sampai berubah warna.
  3. Tambahkan kecap teriyaki, garam, merica. Aduk rata.
  4. Tuang air. Masak hingga meresap.
  5. Sajikan untuk 4 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT DAGING SAPI BEEF TERIYAKI HALAL