CARA MEMBUAT BINTE BILUHUTA KHAS GORONTALO


Resep Binte Biluhuta Khas Gorontalo Sederhana Spesial Asli Enak. Provinsi Gorontalo dikenal sebagai daerah penghasil jagung manis yang terkenal di Indonesia. Jadi tidak heran kalau makanan dan jajanan khas Gorontalo kebanyakan berbahan dasar jagung, seperti makanan Gorontalo binte biluhuta alias resep milu siram komplit yang super lezat ini.

Foto Resep Binte Biluhuta Ikan Cakalang Khas Gorontalo Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Binte Biluhuta Cakalang

Binte Biluhuta adalah jagung yang disiram alias jagung siram atau milu siram kuah, binte artinya jagung sedangkan biluhuta artinya disiram. Bagi Masyarakat Gorontalo, Palu, Manado, Sulawesi Utara makanan ini lebih dikenal dengan sebutan milu siram yang masih tergolong aneka kreasi olahan jagung manis tradisional dan masih termasuk macam-macam jenis aneka bubur jagung manis atau sup jagung (corn soup).

Menurut situs wikipedia masakan Binte Biluhuta (Milu Siram atau Sup Jagung) adalah makanan khas masyarakat Gorontalo. Makanan ini merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan atau udang yang di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu menu yang sangat lezat dan panas serta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Dalam Bahasa Indonesia Binte yang artinya jagung dan orang Gorontalo sering menyebutnya Milu sedangkan Biluhuta artinya disiram jadi kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram. Karena berbahan dasar jagung, makanan ini dapat menghancurkan kolesterol khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Menurut majalah kesehatan pria dewasa mensheatlh Makanan yang berasal dari daerah Gorontalo ini menggunakan bahan jagung sebagai bintang utamanya. Ini adalah salah satu senjata terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menghancurkan kolesterol - khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh Anda. Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari penyakit-penyakit kardiovaskular dan gangguan fungsi hati.

Cara membuat makanan binte miluhuta ini cukup mudah dan praktis, pertama-tama biji jagung manis dipisahkan dari batangnya atau tongkol jagung dicampur dengan kuah yang telah dibumbui dengan berbagai rempah-rempah khusus serta dicampur dengan parutan kelapa, lalu diberi pelengkap campuran seafood, seperti udang atau sumwiran daging ikan cakalang. Berikut resep milu siram binte biluhuta lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah.

RESEP BINTE BILUHUTA


BAHAN :
  • 2 buah jagung manis (550 gram), dipipil
  • 2.000 ml air
  • 1 buah cabai merah, diiris bulat
  • 4 buah cabai rawit merah, diiris bulat
  • 6 butir bawang merah, diiris tipis
  • 200 gram udang kupas
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 2 1/2 sendok teh gula pasir
  • 75 gram kelapa parut kasar
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 5 tangkai kemangi, diambil daunnya
  • 2 buah tomat segar, dipotong-potong
CARA MEMASAK BINTE BILUHUTA :
  1. Rebus air, jagung manis, cabai merah, cabai rawit merah, dan bawang merah sampai mendidih.
  2. Tambahkan udang, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang.
  3. Masukkan kelapa parut, air jeruk nipis, dan daun kemangi. Masak sampai matang.
  4. Menjelang diangkat, tambahkan tomat. Aduk rata.
  5. Sajikan untuk 8 porsi dengan pelengkap sambal pedas, jeruk nipis, dan bawang goreng renyah.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BINTE BILUHUTA KHAS GORONTALO