CARA MEMBUAT ABON SAPI KERING


Resep Abon Sapi Kering Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade). Abon daging sapi merupakan makanan praktis bisa untuk campuran roti tawar, sebagai isi roti bakery, sebagai isi lemper abon sapi, bahkan untuk dimakan bersama bubur ayam, bubur nasi dan nasi putih. Soal rasa abon ada banyak jenis dan macam-macamnya, ada rasa manis, manis asin, asin gurih, asin pedas, pedas manis, dll.

Menurut situs Wikipedia Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon kering tampak seperti serat-serat kapas seperti rambut, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara. Berbeda dengan abon basah kurang awet dan tahan lama untuk disimpan.

Foto Resep Abon Sapi Kering Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade)
Gambar Abon Sapi Kering

Selain terbuat dari bahan dasar daging (daging sapi, daging kambing, daging kuda, daging babi, dan daging domba), ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan dasar dari makanan laut, seperti abon ikan tuna, abon ikan lele, abon ikan tongkol, abon belut, dan abon udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (cemilan). Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi halal, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam untuk abon ayam halal, babi untuk abon babi haram atau non halal, ikan, kuda, dan kambing. Di China, abon yang paling lazim adalah abon yang terbuat dari daging babi atau daging ham yang disebut Chousong.

Pusat sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga bisa di temui di kota Palembang dan Pontianak. Sedangkan sentra pembuatan abon dari daging babi banyak terdapat di daerah Bali, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara. Berikut resep abon daging sapi kering istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade). Anda tertarik untuk bisnis usaha jualan aneka abon?

RESEP ABON SAPI KERING


BAHAN :
  • 1/2 kg daging sapi gandik atau bisa juga pakai daging sapi has dalam
  • 4 butir kemiri
  • 4 butir bawang merah
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 batang lengkuas
  • 1 cangkir santan kental
CARA MEMBUAT ABON SAPI KERING :
  1. Daging gandik dipotong jadi 2 atau 3 potong, lalu direbus sampai empuk betul dan airnya sampai habis. Pukul-pukul daging tersebut dengan pemukul daging sampai empuk sekali, lalu suwir-suwir.
  2. Bumbu-bumbu ditumbuk halus, campur dengan santan kental lalu siramkan ke dagingnya. Remas-remas sampai rata betul, jemur sampai kering, goreng dengan minyak kelapa sampai kering, taruh dalam pres kentang, lalu pres supaya minyaknya keluar.
  3. Sajikan untuk konsumsi sendiri baik untuk dijual dengan kemasan kaleng untuk abon sapi kaleng atau kemasan plastik untuk abon plastik.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ABON SAPI KERING