CARA MEMBUAT PEMPEK KENTANG VEGAN

Resep Pempek Kentang Vegetarian Vegan Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Ini varian pempek Palembang apalagi? pempek kok dari bahan kentang kemarin ada yang namanya pempek vegetarian atau pempek vegan tanpa ikan atau istilahnya pempek dos, yaitu pempek sayur, pempek sutra, pempek nasi pada artikel sebelumnya di blog carabuatresep ini. Pempek kentang vegan ini selain rasanya enak, lembut, empuk, dan tidak keras apalagi kenyal. Secara alamiah khasiat dan manfaat kentang sangat baik bagi tubuh manusia, karena mempunyai nilai gizi baik, lemak rendah, dan menjaga kadar gula dalam darah, sehingga sangat cocok untuk cemilan atau jajanan ala rumahan (homemade).

Foto Resep Pempek Kentang Vegetarian Vegan Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak.
Gambar Pempek Kentang Vegetarian Vegan

Kini aneka kreasi olahan pempek kentang ada 7 varian pempek kentang atau empek empek kentang dos tanpa ikan dan pakai ikan, yaitu pempek adaan, pempek isi telur atau pempek telor, pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek kulit, dan pempek tabok, dan macam-macam jenis aneka pempek akan terus berkembang mengikuti tren pasar. Pempek kentang ini hasil kreasi dan inovasi dari Mba Indah Wong Palembang nian. Kekuatan di pempek dos tanpa ikan ini terletak pada resep cuko pempek atau kuah cuka pempek yang menambah kelezatan mpek mpek ini dan menjadi lebih istimewa.

Pempek kentang vegan atau pempek vegetarian dibuat tanpa ikan yang masih masuk jenis kategori pempek dos, kalau mau pakai ikan boleh tambahkan ikan atau iwak tenggiri dan ikan lainnya. Bahan kentang ini hanya sekedar bahan campuran karena sejatinya tetaplah masih menggunakan tepung tapioka atau tepung sagu tani dan campuran tepung terigu yang komposisinya diatur sesuai selera dari hasil eksperimen atau uji coba sendiri. Oh ya bahan bahan kentang memang terbuat dari kentang langsung yang dikukus kemudian dihaluskan bukan dari tepung kentang. Tujuan ditambahkan kentang agar supaya tekstur pempek menjadi lebih lembut dan membuat pempek menjadi lebih lezat. Berikut kumpulan rahasis aneka kreasi dan variasi olahan resepi pempek kentang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) buatan sendiri yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka pempek sayur untuk vegetarian dengan prospek cerah murah meriah dan ekonomis.





RESEP PEMPEK KENTANG


BAHAN :
  • 250 gram kentang, kukus lalu haluskan dan didinginkan
  • 250 gram tepung tapioka
  • 2 1/2 sdm tepung terigu
  • 200 ml air panas mendidih
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur rebus, potong-potong untuk isian untuk pempek telor
CARA MEMBUAT PEMPEK KENTANG :
  1. Campur tepung terigu dengan air panas mendidih, aduk hingga rata lalu dinginkan.
  2. setelah dingin, masukkan kentang yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata.
  3. Setelah itu masukkan tepung tapioka, uleni hingga kalis.
  4. Setelah kalis, bentuk sesuai selera, bisa dimasukkan telur rebus untuk isiannya,
  5. Lalu rebus di air mendidih, yang sudah kita beri 2 sdm minyak goreng, agar pempek tidak saling menempel.
  6. Jika sudah mengapung, angkat pempek dan siap di goreng serta dinikmati dengan kuah cuka atau cuko.

RESEP CUKA PEMPEK KENTANG


BAHAN :
  • 120 gram gula merah
  • 300 ml air
  • 50 ml air asam jawa
  • 20 gram bawang putih, haluskan
  • 3 buah cabai rawit, haluskan
  • 1 sdt ebi, haluskan
  • Garam dan Gula putih secukupnya
CARA MEMBUAT CUKA PEMPEK KENTANG :
  1. Campur semua bahan, masak hingga mendidih, jangan lupa diicip2 jika sudah pas angkat dan saring.
  2. Kuah cuka pun siap dinikmati dengan pempek kentang yang lembut

CARA MEMBUAT PEMPEK KENTANG VEGAN