CARA MEMBUAT LONTONG DAUN PISANG


Resep Lontong Daun Pisang Sederhana Spesial Asli Enak. Ada banyak cara membuat lontong nasi atau lontong beras yang lembut dan empuk ini baik secara tradisional maupun cara modern, diantaranya. Cara pertama lontong dibungkus dengan plastik, cara kedua lontong dibungkus pakai daun pisang, kemudian membuat lontong dengan cara modern menggunakan magicom atau rice cooker yang kita kenal dengan sebutan lontong magicom atau lontong rice cooker yang cara membuatnya dengan cara dicetak atau nasi ditekan-tekan di dalam wadah plastik bisa menggunakan tupperware untuk tips cara cepat membuat lontong, malah ada yang membuat lontong dengan bungkus alumunium foil. Ini lontong dilihat dari cara membuatnya yang berbeda dengan ketupat yang menggunakan selonsong dari daun kelapa muda pada umumnya walau ada juga yang membuatnya pakai daun kelapa tua. Orang Bali menyebutnya tipat dan orang Sunda menyebutnya kupat. Untuk jenis-jenis lontong lainnya bisa Anda baca pada artikel sebelumnya di konten resep lontong plastik. Begitu juga dengan beras yang digunakan ada yang menggunakan beras short grain dan ada yang mengunakan beras jenis long grain jenis beras pulen atau beras pera, malah ada yang membuat lontong dengan nasi aron. Nasi aron adalah nasi setengah matang yang dimasak dengan cara merebus hingga air tiris.

Foto Resep Lontong Daun Pisang Sederhana Spesial Asli Enak Siap Makan
Gambar Lontong Daun Pisang Siap Makan

Aneka macam-macam jenis olahan lontong daun pisang ada banyak macam dan bentuk bungkusnya, ada yang bungkus memanjang baik ukuran kecil maupun besar dan ada juga membungkus dengan bentuk segitiga yang dikenal dengan lontong daun pisang segitiga, semua itu tergantung kreatifitas Sang pembuat lontong khusus untuk lontong daun pisang, biasanya ada lontong daun pisang original tanpa rasa dan ada lontong sudah ada rasa gurih, bahkan ada lontong isi yang sudah diberi isian, seperti lontong isi oncom pedas, isi daging, isi ayam, isi sayur-sayuran, isi kacang merah, dll kelebihan dan kegunaan lontong nasi daun pisang bumbu gurih ini bisa langsung dimakan karena rasanya sudah gurih dan ada juga yang belum diberi garam dan bumbu, biasanya untuk dimakan bersama opor ayam, opor daging, untuk lontong Padang, lontong cap gomeh, lontong Medan, untuk teman makan sate kambing, sate sapi, sate ayam, dll cocok untuk pelengkap menu Idul Adha. Berikut resep lontong daun pisang biasa mudah dan praktis lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade).





RESEP LONTONG DAUN PISANG


BAHAN :
  • 400 gram beras, beras short grain
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Panci tinggi, cooking pot ukuran 6 ltr
CARA MEMBUAT LONTONG DAUN PISANG :
  1. Cuci beras hingga bersih tiriskan.
  2. Sementara didihkan air sebanyak 3/4 tinggi panci.
  3. Ambil 1 lembar daun pisang, bentuk gulungan (diameter kira-kira 3 cm) sematkan salah satu ujungnya dengan penjepret kertas atau tusuk gigi atau lidi.
  4. Isi dengan beras dengan komposisi sebanyak 2/3 dari tinggi gulungan daun pisang lalu semat kembali bagian atas seperti cara di atas, gulung daun pisang beberapa kali agar tidak mudah robek atau sobek.
  5. Masukkan beras yang sudah digulung daun pisang ke dalam rebusan air mendidih.
  6. Masak selama 50 menit dengan api sedang.
  7. Kalau sudah matang, angkat lontong, tiriskan.
  8. Kalau sudah dingin baru bisa dipotong-potong.
  9. Sajikan cak lontong bersama hidangan teman lontong.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT LONTONG DAUN PISANG