CARA MEMBUAT KERUPUK GENDAR NASI SISA


Resep Kerupuk Gendar Nasi Sisa Tanpa Bleng Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Nasi sisa bukan berarti nasi basi yang sudah tidak layak dimakan karena telah ditumbuhi jamur memang tidak menutup mata kalau ada kerupuk nasi basi. Jadi resep krupuk nasi sisa kemarin ini masih termasuk olahan nasi sisa tradisional agar bermanfaat dan tidak terbuang mubazir. Walaupun sebenarnya bisa juga dibuat dari nasi baru dari ricecooker atau magicom. Nama lain kerupuk nasi sisa ini adalah kerupuk gendar. Baca juga : Resep Pempek Nasi

Foto Resep Kerupuk Gendar Nasi Sisa Tanpa Bleng Renyah Sederhana Spesial Asli Enak Baru Selesai digoreng
Gambar Kerupuk Gendar Nasi Sisa Goreng

Membuat kerupuk gendar homemade biasanya dengan memakai bleng (boraks) tapi ini tanpa boraks lebih aman dan alami. yaitu ditipis-tipis kan dengan botol saus sambal/botol kecap, lalu dijemur dengan wadah tampah. kemudian tinggal digoreng jika sudah kering kira-kira 2 hari pengeringan di bawah sinar matahari langsung.

Cemilan kerupuk nasi gurih ini sangat cocok untuk dijadikan bahan camilan di rumah. Waktu saya membuat resep kerupuk nasi ncc ini di rumah suami dan anak saya langsung suka terbukti 1 toples habis dalam 2 hari saja saudara-saudara. Itu artinya mereka suka. Berikut aneka resep kerupuk gendar dari nasi sisa kemaren yang dilengkapi cara bikin sendiri di rumah ala rumahan.

RESEP KERUPUK GENDAR NASI SISA TANPA BLENG


BAHAN :
  • 275 gram nasi putih, 1 piring nasi
  • 3 buah bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk atau 1/4 sdt ketumbar butir
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT KERUPUK GENDAR NASI SISA TANPA BLENG :
  1. Campur semua bahan, aduk rata lalu kukus kurang lebih 15 menit.
  2. Tumbuk nasi panas-panas dengan memakai cobek yang dibungkus plastik wrap (pakai plastik untuk batu es juga bisa), agar tdk lengket. Bulat-bulatkan lalu masukkan ke dalam rice cooker atau magicom agar tetap hangat, sehingga menjadi mudah digepeng-gepengkan.
  3. Taruh di atas talenan yang dialasi plastik wrap. Bagian atas dan bagian bawahnya diapit dengan plastik wrap. Kalau saya buat seperti bentuk pempek lenjer bulat panjang, lalu potong-potong.
  4. Tekan dengan talenan untuk mendapatkan bentuk pipih yang rata, karena kalau pakai rolling pin hasilnya terlalu tebal, tidak sama dan rempong. Ini jadinya bulat dan tebalnya rata.
  5. Jemur seharian jika cuaca cerah. Karena di rumah saya siang terkadang turun hujan atau mendung. Maka saya 2 hari baru kering. Setelah itu tinggal digoreng. Oh iya, jemurnya dibalik sekali, agar bagian bawahnya juga kering merata. Jika sudah kering kerupuk mentah siap digoreng. Agar renyah garing dan tahan lama simpan dalam toples tutup rapat.
  6. Sajikan.

RESEP KERUPUK NASI SISA VERSI LAIN


BAHAN :

BAHAN BIANG :
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 100 ml air panas yang baru mendidih
BAHAN ADONAN :
  • 450 gram nasi hangat, kira-kira 1 mangkuk bakso
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt Ketumbar, sangrai dan haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT KERUPUK NASI SISA :
  1. Tuangkan air mendidih ke dalam tepung tapioka lalu aduk-aduk hingga mengental seperti lem.
  2. Masukkan adonan biang ke dalam nasi hangat ambil dari ricecooker atau magicom. Tambahkan bumbu halus, garam dan kaldu bubuk penyedap rasa gurih. Tumbuk nasi supaya pecah dan hancur.
  3. Siapkan loyang yang telah dioles minyak goreng, lalu alasi plastik, olesi minyak lagi supaya tidak lengket. Tuang adonan kerupuk nasi ke dalam loyang, ratakan dan padatkan. Kukus sampai matang kurleb sekitar 30 menit.
  4. Angkat dan dinginkan dahulu.
  5. Potong-potong sesuai selera kerupuk nasi dengan pisau tajam yang dibungkus plastik. Pipihkan tiap potongan supaya tipis, pindahkan ke tampah/nampan dan jemur hingga kering (Jika musim panas seperti sekarang, menjemur dari pagi sampai sore bisa kering sempurna asal dibalik ketika sudah setengah kering).
  6. Kerupuk siap digoreng atau disimpan terserah Anda kapan mau digoreng. Mau langsung goreng juga boleh.
  7. Sajikan.

RESEP KERUPUK KARAK BAWANG NASI PUTIH


Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks), berawal dari kengerian saya setelah tau bahwa garam bleng pada hmpir semua kerupuk karak itu adalah turunan dari BORAKS, saya mncoba bereksperimen di dapur carabuatresep untuk bisa menciptakan kerupuk Karak khas Solo Homemade yang enak, sehat dan tanpa bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan manusia.

BAHAN :
  • 300 gram nasi putih pulen
  • 5 siung bawang putih
  • secukupnya garam
  • secukupnya kaldu bubuk
CARA MEMBUAT KERUPUK KARAK NASI PUTIH :
  1. Haluskan bawang putih, garam dan kaldu bubuk. Garam dan kaldu bubuknya sedikit saja dulu, nanti keasinan.
  2. Campurkan bumbu halus tadi ke dalam nasi putih pulen, Aduk hingga rata. Cicipi rasa nya, jika kurang, ditambah garam dan kaldu bubuknya. Kemudian, kukus kurleb 15 menit. Perhatikan: rasa tdk boleh terlalu asin, hanya sebatas gurih dan bawang terasa.
  3. Setelah 15 menit, keluarkan dari kukusan. Tumbuk atau uleg pada saat panas sampai halus. Jangan lupa ulekan dan wadahnya dialasi plastik es terlebih dahulu ya biar tdk lengket.
  4. Dengan menggunakan sarung tangan plastik, bentuk adonan yg sudah halus lembek tdi menjadi bulatan2 kecil, kira-kira diameter 3cm. kemudian masukkan ke dalam magic com, agar adonan tetap hangat.
  5. Untuk mencetaknya, saya menggunakan peralatan seadanya, hehe, pake 2 buah piring datar. Ambil 1 bulatan hangat, taruh di tengah bagian piring yg dialas plastik dan dioles sedikit minyak tipis, tutup dgn plastik lagi, kemudian di tekan dgn piring yang lain.
  6. Nanti akan bulat seperti ini hasilnya. Tebal tipisnya, bisa disesuaikan selera ya, klo saya, suka yg tipis karena hasilnya nnti akan sangat renyah.
  7. Setelah itu tata di atas tampah, atau jika tidak ada, bisa gunakan loyang. Langsung jemur di bawah terik matahari. Dari pengalaman saya, jika cuaca cerah dan terik, saya jemur jam 9 pagi, nnti jam 3-4 sore sudah kering.
  8. Setelah kering, jadinya akan seperti ini. Berwarna bening transparan, seperti warna alami nasi. Pada kerupuk karak yang memakai boraks, akan sangat terlihat perbedaannya, warnanya akan cenderung kuning keabuan atau putih keabuan.
  9. Untuk menggorengnya, panaskan minyak goreng sampai minyak nya tua, kecilkan api. Goreng kerupuk karak dengan api yg kecil-sedang. Kerupuk karak bawang khas Solo nan renyah dan sehat siap dihidangkan.
  10. Sajikan.

RESEP KERUPUK NASI SAYUR WORTEL


BAHAN :
  • 2 piring nasi sisa atau mendekati basi
  • 1/2 kilo sagu biasa kalau mau bagus hasilnya pakai Tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 3 buah wortel atau boleh sayuran lain, seperti sawi, brokoli, bayam, bit dll
  • Cabai, boleh ditambah cabe untuk selera pedas
CARA MEMBUAT KERUPUK NASI SAYUR WORTEL :
  1. Kukus nasi sisa selama 15 menit/ dihangatkan.
  2. Haluskan bawang putih dan tumbuk nasi yang dihangatkan tadi (Seperti buat krupuk nasi pakai bleng/gendar).
  3. Campur nasi dengan tepung sagu, garam, kaldu bubuk dan wortel yang sudah di parut ulenin hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
  4. Bentuk bundar memanjang kukus selama 30 menit.
  5. Setelah matang dinginkan lalu masukkan kedalam kulkas biarkan semalaman.
  6. Iris tipis adonan yang telah semalaman dikulkas lalu jemur sampai kering.
  7. Setelah kering goreng.
TIPS & TRICKS :
  • Takaran nasi sisa berbeda-beda. Jadi ini hanya sebagai patokan saya apabila nasinya sedikit tinggal dikurangi dan juga pemberian tepung kira-kira sudah kalis/tidak lengket di tangan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KERUPUK GENDAR NASI SISA