CARA MEMBUAT KEJU EDAM SENDIRI


Resep Keju Edam Belanda Sederhana Rumahan (Homemade) Spesial Buatan Sendiri Asli Enak. Keju Edam (Edam Cheese) ini harganya termasuk paling mahal dibanding saudara keju halal yang lainnya, seperti keju mozarella, keju cheddar, keju parmesan, sehingga banyak orang pada saat lebaran Hari Raya Idul Fitri dimana pembuatan kue kering meningkat seiring permintaan pesanan kue kering yang memang banyak, seharusnya kue kering lebih enak menggunakan keju edam, seperti untuk kue nastar dan kue kastengel, dll akhirnya menggunakan keju yang harganya lebih murah seperti pakai keju cheddar, dll, makanya banyak yang mencari di google dengan kata kunci pengganti keju edam untuk kastengel atau pengganti keju edam. Nah, apa salahnya jika membuat sendiri keju edam. Siapa tahu bisa jualan keju edam, apalagi kota Bandung ada Lembang sebagai penghasil susu sapi

Foto Resep Keju Edam Belanda Sederhana Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak
Gambar Keju Edam Belanda

Menurut situs Wikipedia. Edam (bahasa Belanda Edammer) adalah keju yang berasal dari Belanda yang secara tradisional berbentuk bulat dan berwarna kuning terang dan dibungkus dengan parafin dan malam berwarna merah. Keju ini dinamai demikian karena pertama kali dibuat di Edam, Holland Utara Edam yang berumur setidaknya 17 minggu dibungkus oleh malam berwarna hitam, bukan merah atau kuning. Kalau dilihat bahan-bahannya keju edam halal?.

Keju Edam memiliki rasa yang sangat lembut, sedikit asin atau terasa seperti kacang, sehingga cocok untuk membuat kue kastengels, keju ini juga tidak berbau bila dibandingkan keju lainnya. Keju ini juga memiliki kandungan lemak jauh lebih rendah dibandingkan keju tradisional lainnya sebanyak 28 persen dengan kandungan protein sebanyak 25 persen. Keju Edam yang modern jauh lebih lembut dibandingkan keju yang lain, seperti Keju Cheddar, karena kandungan lemaknya yang lebih rendah.

Menurut situs cheesemaking. Keju Belanda tradisional atau keju tradisional Belanda, dibuat dengan susu sebagian skim dan dimakan saat masih muda. Edam memiliki tekstur halus, lembut dan rasa halus. Berikut resepi keju edam Belanda buatan sendiri sajian sedap istimewa di rumah ala rumahan (homemade) dilengkapi dengan cara bikin sendiri di rumah dengan mudah dan praktis.





RESEP KEJU EDAM


BAHAN :
  • 2 galon susu sapi
  • 1 sdt kalsium klorida dalam 1/4 cup air
  • 4 tetes pewarna annatto di 1/4 cup air (opsional)
  • 2 ons mesofilik kultur starter
  • 1 sdt rennet cair dalam 1/4 cup air
  • 4 cangkir garam dalam 1 galon air (larutan air garam)
CARA MEMBUAT KEJU EDAM SENDIRI :
  1. Tuang susu ke dalam double boiler dan perlahan menaikkan suhu susu untuk 86 ° F. Tambahkan kultur starter dan aduk selama lima menit. Hapus dari panas dan penutup. Diamkan selama 30 menit.
  2. Tambahkan kalsium klorida dan warna jika diinginkan. Aduk rata selama lima menit. Memungkinkan untuk mengatur selama 10 menit.
  3. Tempatkan double boiler kembali ke sumber panas dan meningkatkan suhu 86 ° F. Tambahkan rennet dan aduk selama lima menit. Tutup, dan biarkan ditetapkan pada 86 ° F selama 30 menit atau sampai istirahat bersih tercapai.
  4. Potong dadih ke 1/2 "kotak dan lembut aduk selama 15 menit. Biarkan dadih untuk beristirahat selama 10 menit.
  5. Perlahan menaikkan suhu 96 ° F. Hapus whey ke atas dadih (melacak jumlah) dan menyimpan untuk digunakan nanti. Menjaga suhu dari whey pada 96 ° F.
  6. Panaskan jumlah air yang sama untuk 96 ° F. Perlahan-lahan tambahkan air dan aduk sampai dadih tegas. (Sekitar 20 menit) Izinkan dadih untuk menetap selama 10 menit.
  7. Tuang dadih ke saringan stainless, tutup dengan piring makan berat, dan memungkinkan untuk mengeringkan diri tersisa whey selama kurang lebih 5 menit.
  8. Tempatkan dadih dalam kain katun tipis dilapisi cetakan keju dan pers di 30 lbs. tekanan. Setiap 45 menit, dip kain katun tipis berlapis dadih di whey panas, membalik, dan kembali ke cetakan. Setelah 3 jam alternatif menekan dan flipping, pers di 30 lbs. tekanan selama 12 jam.
  9. Hapus keju dari cetakan dan menghapus kain tipis. Rendam dalam larutan air garam selama 2-3 hari pada 60 ° F, membalik keju setiap 12 jam.
  10. Hapus keju dari air garam, tempatkan pada keju tikar, dan memungkinkan keju untuk matang ditemukan pada 60 ° F selama 3-4 minggu, membalik setiap hari.
  11. Keju lilin dan usia dalam lemari es selama 3-8 minggu pada 45-50 ° F, membalik dua kali per minggu selama beberapa minggu pertama.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KEJU EDAM SENDIRI