CARA MEMBUAT DAUN PEPAYA REBUS AGAR TIDAK PAHIT


Resep Sayur Daun Pepaya Rebus Agar Tidak Pahit Sederhana Spesial Asli Enak untuk Lalapan. Banyak tips cara untuk menghilangkan atau minimal mengurangi rasa pahit dari daun pepaya atau daun kates dan bisa juga digunakan untuk bunga pepaya atau daun dan buah yang rasanya pahit juga seperti buah pare atau paria. Pada Masyarakat Jawa Indonesia penggunaan tanah liat murni yang bersih sering digunakan atau dipakai untuk menghilangkan rasa pahit dari daun dan bunga pepaya yang dimasak secara direbus, ditumis maupun digulai santan.

Foto Resep Sayur Daun Pepaya Rebus Agar Tidak Pahit Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sayur Daun Pepaya Rebus

Selain itu ada juga yang mencampur daun pepaya dengan daun singkong ubi kayu dengan perbandingan 1 : 2, ikat daun pepaya dicampur 2 ikat daun singkong hasilnya memang berkurang ketika Saya terapkan pada daun pepaya rebus untuk lalapan apalagi jika dibuatkan sambal dadakan mentah atau masak/matang, sambal tomat atau sambal pecak pedas, sambal terasi, sambal korek atau sambal ijo Padang atau Sambak Hejo Sunda sebagai teman makannya dan lauknya bebek goreng, ayam goreng serta tahu tempe goreng. Ada juga yang mencampurnya dengan daun jambu biji bagi yang suka, kalau saya tidak suka daun jambu biji, kalau dicampur sayur kangkung rebus masih masuk.

Daun pepaya baik mentahnya ataupun setelah direbus memang terasa pahit apalagi tidak dicampur dengan daun lain. Namun ada cara merebus daun pepaya supaya hilang rasa pahitnya. Terlepas dari kemungkinan berkurangnya khasiat dan manfaat dari daun pepaya yang kehilangan rasa pahitnya, tips ini boleh dicoba agar warna daun pepaya tetap hijau atau ijo dengan kesegarannya bisa direndam dengan campuran baking soda sedikit.

Tanah liat ternyata selain sebagai bahan pembuatan gerabah atau aneka kerajinan ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Tanah liat banyak dijual di pasar-pasar tradisional biasanya berbentuk bulat-bulat kering dikemas plastik, 1 plastik kecil isinya 1 bulatan bisa untuk beberapakali pemakaian atau penggunaan ketika mau membuat daun pepaya rebus. Sedangkan harganyapun cukup murah tapi hanya dijumpai di daerah Jawa, karena saya sudah mencoba mencarinya di pasa-pasar tradisional di Bandung tidak temukan akhirnya titip teman yang kebetulan habis mudik dari Jawa. Bunda yang jauh dari pulau Jawa tidak perlu khawatir Anda mungkin bisa membuatnya sendri dengan tanah liat yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari bentuk bulat-bulat sebesar kelereng.

Cara penggunaan cukup mudah, cukup dengan merebus daun pepaya atau bunga pepaya yang akan disayur dengan air yang dicampur dengan tanah liat. Tentunya setelah masak, rebusan pepaya kembali dibilas dengan air agar bersih dari sisa-sisa tanah liatnya sampai bersih.

Agar warna daun pepaya tetap kehijauan atau hijau segar, caranya dengan memisahkan daun pepaya yang masih muda dan yang agak tua. Masukkan daun pepaya yang agak tua terlebih dahulu, beberapa saat kemudian baru dimasukkan daun pepaya yang masih muda, dengan cara ini daun pepaya tetap berwarna kehijauan dan lagi jangan terlalu lama direbusnya dan boleh sedikit dicampur dengan baking soda atau soda kue.

Demikian cara merebus daun pepaya agar tidak pahit dengan menggunakan tanah liat. Selain tanah liat bisa juga diaplikasikan penggunaan garam, batu-bata atau pencampuran dengan beberapa sayuran jenis lain seperti bumbu-bumbu rempah dan cabe/cabai untuk menumis hanya sekedar untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya atau bunga pepaya yang dimaksud. Sebenarnya pada artikel sebelumnya Resep Tumis Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit sudah dijelaskan tapi tidak menggunakan tanah liat akan tetapi hanya mencampur sayur atau daun-daunan lain tapi khusus dengan tanah liat ini hasilnya cukup memuaskan rasa pahitnya sedikit sekali kalau pahitnya hilang sama sekali takutnya khasiat daun pepaya akan berkurang. Selain daun pepaya rebus dapat juga diolah dengan aneka kreasi masakan lainnya, seperti cara memasak tumis dan oseng daun pepaya atau bisa dicampur dengan bunga pepaya/bunga kates, dan juga bisa memasak buntil, bahkan gulai daun pepaya. Berikut tips resep masak daun pepaya dan daun singkong rebus untuk lalapan agar tdk pahit.





RESEP DAUN PEPAYA


BAHAN :
  • 1 ikat daun pepaya segar tidak layu
  • 2 ikat daun singkong segar tidak layu
  • Tanah liat sedikit
  • Baking soda sedikit
CARA MEMASAK DAUN PEPAYA :
  1. Cuci bersih dan rendam daun pepaya, lalu rebus masukkan tanah liat sedikit dan masukkan baking soda sedikit agar warna hijaunya bagus.
  2. Masak sampai matang, lalu buang air rebusannya.
  3. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT DAUN PEPAYA REBUS AGAR TIDAK PAHIT