CARA MEMBUAT BACEMAN CABE MERAH

Resep Baceman Cabe Merah Praktis Sederhana Spesial Asli Enak. Bacem cabe atau cabai atau lombok untuk berbagai masakan pedas, karena seringnya kita malas harus ngulek atau motong cabe sendiri setiap Kita mau memasak masakan pedas ada baiknya kita siapkan terlebih dahulu sebelum memasak, kalau penyimpanan bagus bisa tahan 1 tahun kalau sering masak 1 minggu juga habis dan bisa buat lagi.

Foto Resep Baceman Cabai Merah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Baceman Cabe Merah

Ini baceman cabe merah buatan sendiri ala rumahan (homemade), jika mau buat baceman cabe hijau atau cabai ijo tinggal ganti cabenya saja, jika ingin pedas pakai cabe yang rasanya pedas seperti cabe rawit. Apa itu bacem atau baceman? bacem atau baceman adalah sesuatu bahan makanan atau bahan bumbu yang dibacem atau difermentasi bisa tahu bacem, tempe bacem, baceman bawang putih atau baceman bawang merah, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi baceman cabe merah praktis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis macam-macam bumbu bacem atau baceman yang siap digunakan untuk menambah masakan menjadi sedap dan berasa pedas bisa berfungsi sebagai bumbu masak praktis dan mudah.

RESEP BACEMAN CABE MERAH


BAHAN :
  • 1/2 kg cabe merah keriting atau cabai besar
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT BACEMAN CABE MERAH :
  1. Cuci bersih dan potong cabai lombok untuk memudahkan kerja food processor.
  2. Cabe mentahan saja, tidak perlu direbus atau dimasak.
  3. PENTING: sisakan sedikit tangkai hijau sebagai penyumbang aroma unik.
  4. Haluskan dengan food processor tidak terlalu halus, kurleb ukuran 2mm taruh di wadah tambahkan 10% garam (dari bobot lombok), aduk garam.
  5. Masukkan ke dalam botol, sisakan 4cm dari bibir (cabe akan berbusa ketika terjadi fermentasi)
  6. tuangi dengan minyak goreng shg permukaan lombok terrtutup (langkah ini utk mencegah tumbuhnya jamur). Kalaupun terjadi jamur putih maka dibersihkan dgn sednok saja, jamur ini tidak beracun.
  7. Minyak telah munutup permukaan lombok
  8. Tutup tetapi jangan dirapatkan (akan terjadi gas ketika fermentasi)
  9. Simpan di ruang gelap untuk menghindari tumbuhnya jamur.
  10. Masa fermentasi 5 s/d 12 hari, semakin lama semakin harum
  11. Tutup dan simpan di kulkas, tahan 1 tahun

CARA MEMBUAT BACEMAN CABE MERAH