CARA MEMBUAT SPAGHETTI BOLOGNESE


Resep Spaghetti Bolognese Sederhana Spesial Asli Enak. biasa disebut Spageti bolognaise la fonte yang simple ala rumahan. Dengan racikan bumbu yang sesuai dan cocok dengan lidah Indonesia, kita bisa menikmati spagheti bolognaise dengan lebih nikmat. Tak perlu ragu untuk mencobanya karena resep spaghetti bolognaise ini telah diuji coba di dapur carabuatresep.blogspot.com. Silahkan jika ingin memodifikasi dengan aneka variasi lain.

Foto Resep Spaghetti Bolognaise Solaria Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Spaghetti Bolognese Solaria

Spageti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti ala Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju Parmesan parut.

Hampir setiap orang mengira bahwa spaghetti adalah bakmi yang dibawa pulang oleh Marco Polo dalam perjalanannya dari Tiongkok. Tetapi setelah diselidiki oleh banyak pihak, sejak zaman dahulu kala Bangsa Romawi yang menang dari medan perang selalu menyantap Spaghetti. Sedangkan Marco Polo kembali dari Tiongkok pada tahun 1292.

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta yang telah dikenal oleh bangsa Italia sejak zaman manusia bercocok tanam kira-kira 10.000 tahun yang lalu, dari tepung yang dihasilkan lalu diolah dengan sedikit air dan telur menjadi sebuah adonan yang disebut pasta. Lalu digiling tipis menjadi selembar-lembar, yang merupakan induk pasta yang kita kenal sebagai Lasagna. Kemudian baru berkembang jenis-jenis pasta lainnya seperti Fusili, Penne, Tagliatelle dan lain sebagainya.

RESEP SPAGHETTI BOLOGNAISE


BAHAN :
  • 1 genggam pasta spaghetti atau 250 gram la fonte
  • 1/2 buah bawang bombay yang kecil, kupas dan cacah halus.
  • 1 siung bawang putih, kupas dan cacah halus.
  • 1 buah wortel ukuran kecil, kupas dan parut.
  • 250 gram daging sapi giling, boleh diganti 1 kaleng corned beef 198 gram
  • 2 buah tomat, cacah halus, boleh pakai 4 buah tomat ukuran sedang, dipotong dadu kecil
  • 1/2 kotak jamur champignon, iris tipis, boleh pakai 1/2 kaleng jamur kalengan
  • 2 sdm mentega untuk menumis
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 200 ml air + 2 blok kaldu, dilarutkan, boleh pakai kaldu jamur, kurleb 1 sdm
  • 6 sdm saus tomat atau kurang sedikit
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
CARA MEMASAK SPAGHETTI BOLOGNESE :
  1. Panaskan minyak dan mentega dalam wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu, tapi jangan sampai berubah jadi kecoklatan.
  2. Tambahkan parutan wortel dan jamur, masak terus selama 2-3 menit sampai layu.
  3. Masukkan daging giling, masak terus sambil menghancurkan daging dengan sutil agar daging tidak menggumpal dan masak 3-4 menit lagi.
  4. Tuang tomat cacah, saos tomat dan larutan kaldu. Bumbui dengan garam dan merica, aduk rata dan cicipi agar rasanya enak dan pas di lidah. Masak di atas api sangat kecil sambil diaduk-aduk sesekali agar supaya tidak gosong bawahnya selama 1 jam, lebih baik lagi 2 jam, hingga semua bumbu meresap dan saus mengental.
  5. Bila sudah, matikan api dan siapkan spaghetti sesuai dengan petunjuk di kemasannya.
  6. Sajikan untuk 2 porsi besar bersama saus bolognese.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SPAGHETTI BOLOGNESE