CARA MEMBUAT KUE SATU KACANG HIJAU RENYAH

Resep Kue Satu Kacang Hijau Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Kue lembut satu ini masih termasuk golongan kategori kue kering tradisional Indonesia. Biasanya kue satu ini berwarna putih terbuat dari tepung sagu itu versi original biasanya sering disebut kue sagu atau kue satu sagu ngeprul dan ada juga kue satu sagu kelapa dan kue satu dari tepung beras ketan, sedangkan sekarang trend kue kering terus berinovasi dan berkreasi, mulai dari perubahan aneka bentuk dan aneka rasa dengan mencampurkan bahan-bahan lain, seperti green tea, redvelvet, taro, pandan, daun suji, keju, coklat, kacang tanah, dan kue satu kacang hijau warna ijo ini, dan mungkin masih banyak jenis dan macam-macam aneka variasi kreasi yang lain dan warna warni Semarak lebaran.

Foto Resep Kue Satu Kacang Hijau Warna Ijo Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Satu Kacang Hijau Ijo

Kue satu (di Jawa Barat dan Jakarta) atau kue koya (di Jawa Tengah dan Jawa Timur) adalah sebuah kue kering tradisional populer yang berwarna putih yang renyah saat digigit. Makanan ini populer karena alamiah dan bergizi. Begitu populernya sampai asal-usulnya tidak banyak diketahui lagi.

Kue satu terbuat dari tepung kacang hijau tanpa kulit dan gula. Warna putih terjadi setelah kacang hijau dijemur atau dioven. Makanan tersebut umumnya ditemukan sebagai kue tradisional di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Di Indonesia, kue tersebut biasanya disajikan pada hari-hari raya, seperti Lebaran, Natal dan Imlek.

Kue tersebut diyakini berasal dari kue kering Tionghoa Peranakan. Nama "Sa" & "Tu" dalam bahasa Tionghoa Peranakan berarti "Kacang" & "Kue" yang berarti kue kacang. Disebut demikian karena bahan utamanya adalah kacang, yaitu kacang hijau atau kacang ijo. Variasi kue satu ini adalah kue koya kacang tanah. Kue kering ini aslinya kue satu berwarna putih tapi Anda bisa memberi pewarna makanan supaya terlihat lebih menarik dan lebih modern, misalnya kue satu warna warni, kue satu pelangi (rainbow), kue satu hijau, dll.

Baca Juga :

Resep Kue Sagon Kelapa

Kue satu adalah makanan kue kering tradisional Indonesia yang langkah dan susah ditemukan, karena jarang orang membuatnya, biasanya pada momen lebaran Hari Raya Idul Fitri kue kering ini sering muncul menghiasi meja dengan berbagai bentuk sesuai motif cetakan kue satu ada yang berbentuk bunga dan bentuk-bentuk lainnya. Kue ini lebih dikenal dengan kue satu sagu kelapa namun ternyata perkembangannya dibuat dengan bahan-bahan dasar lain dan aneka rasa lain seperti kacang hijau, ketan hitam, ketan putih, sagu keju, susu, gula merah, dari tepung beras, dll, jika ingin resep irit Anda bisa buat kue satu telur. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih satu kacang hijau renyah ngeprul takaran sendok dan gram super lembut dan empuk lumer di mulut sajian sedap istimewa yang sedang populer lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis lapak kios toko aneka kue lebaran dan kue kering.

RESEP KUE SATU KACANG HIJAU


BAHAN :
  • 200 gram kacang hijau
  • 1/4 sdt perasa Vanila atau vanili
  • 175 gram gula pasir putih halus atau gula pasir bubuk
  • Air matang, secukupnya
CARA MEMBUAT KUE SATU KACANG HIJAU :
  1. Sangrai 200 gram kacang hijaunya. Kupas kulitnya sampai bersih dan tumbuk sedikit demi sedikit sampai halus. Bisa juga menggunakan blender untuk menghaluskan kacang hijau sangrainya.
  2. Saring hasil tumbukan atau blenderan kacang hijaunya untuk memastikan benar benar halus.
  3. Masukkan 175 gram gula bubuk dan sedikit vanila essence nya. Campur semua bahan sampai benar-benar rata.
  4. Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil tetap di aduk dengan rata sampai terbentuk adonan yang pulen. Kalau perlu memakai tangan untuk mencampurnya (biasa di sebut dengan meng-uleni). Jadi bisa membuat adoanan tanpa mixer atau no mixer.
  5. Siapkan oven dengan api sedang cenderung kecil sampai mencapai suhu 145-160 derajat celcius.
  6. Sambil menunggu oven panas masukkan adonan kue satu ke dalam cetakan kue satu dari kayu. Tekan sampai padat. Kalau buat kue satu tanpa oven atau no oven caranya bisa dijemur pakai loyang selama kurleb 2 hari jika cuaca panas.
  7. Masukkan cetakan kue dalam oven dan panggang sebentar sampai matang dan kering. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan sebelum di masukkan ke dalam toples.
  8. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE SATU KACANG HIJAU RENYAH