CARA MEMBUAT KUE CARABIKANG MAWAR MEKAR EMPUK

Resep Kue Carabikang Mawar Mekar Merekah Sederhana Spesial Asli Enak. Kue cara bikang atau carabikang atau kue bikang adalah jenis kue basah tradisional asli Indonesia yang merupakan warisan leluhur yang perlu dipertahankan. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung terigu bogasari walaupun ada juga yang menambahkan tepung kentang seperti resep kue lumpur peneleh, santan kental, gula pasir dan pewarna makanan atau pasta untuk menghasilkan warna-warni yang bagus dan Anda juga bisa memberi warna polos, misalnya warna hijau pandan/daun suji atau kombinasi merah strawberry dan coklat. Untuk loyang cetakan kue menggunakan cetakan kue carabikang biasanya bentuk motif bunga mawar, teratai dari Jawa Timur - Surabaya. Ada juga yang menyebut kue ini dengan sebutan kue bikang ncc. Jadi kue bikang Jawa Timur ini beda bentuk dengan resep kue bika Ambon Medan karena sering juga ada yang menyebut kue bikang Ambon, padahal mungkin maksudnya kue bika.

Foto Resep Kue Cara bikang Mawar Mekar Merekah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Carabikang Mawar

Membuat kue cara bikang (carabikang) mekar mengembang, berserat memang gampang-gampang susah dan susah-susah gampang. Salah sedikit komposisi adonan atau salah dalam tehnik pembuatan akan membuat kue tidak berserat dan gagal ujar Budi Sutomo ahli tata boga Indonesia. Andapun bisa memodifikasi kue bikang terbaru. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih bikang mawar super lembut dan empuk bersarang takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa akan memandu Anda membuat cara bikang yang berserat halus dan bertekstur lembut dan empuk lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis, karena resep sudah diujicoba oleh Master Chef dengan cita rasa tinggi tentu sangat Istimewa untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue cara bikang mawar mekar ekonomis harga murah meriah pasti laris manis.

RESEP KUE CARA BIKANG


BAHAN :
  • 350 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 850 ml santan kental dari dua butir kelapa
  • 130 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/2 sdt pasta pandan/pewarna hijau
  • 1/2 sdt pasta stroberi/pewarna merah
  • Minyak goreng untuk olesan pertama, seterusnya jangan pakai
CARA MEMBUAT KUE CARA BIKANG :
  1. Larutkan 3 sdm tepung beras dengan 200 ml santan. Didihkan sambil diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat.
  2. Masukkan gula, garam, tepung terigu dan sisa tepung beras ke dalam rebusan tepung. Aduk rata.
  3. Uleni adonan sambil dituangi sisa santan sedikit demi sedikit. Tepuk-tepuk (pukul-pukul) adonan dengan telapak tangan selama 40 menit atau hingga adonan terasa ringan. Diamkan selama 1 jam.
  4. Ambil sedikit adonan, tempatkan di dua mangkuk berbeda, tambahkan pasta pandan dan pasta stroberi. Aduk rata.
  5. Panaskan cetakan carabikang, olesi sedikit miyak. Tuang adonan hingga setengah dari tinggi cetakan. Beri motif dengan adonan berwarna hijau atau merah di atasnya. Panggang tanpa ditutup hingga matang.
  6. Cungkil bagian sisinya hingga kue merekah, angkat. Hidangkan hangat.
  7. Sajikan untuk 20 buah.
TIPS & TRICKS :
  • Olesan minyak sebaiknya untuk olesan pertama kali panggang saja, seterunya tidak perlu memakai olesan minyak lagi.
  • Untuk variasi kue cara bikang bisa disajikan hangat dengan parutan keju atau susu kental manis.
  • Gunakan cetakan kue loyang dari kuningan karena akan anti lengket dan kue matang merata.

CARA MEMBUAT KUE CARABIKANG MAWAR MEKAR EMPUK