CARA MEMBUAT GULAI REBUNG ASAM IKAN LAUT


Resep Gulai Rebung Asam Ikan Laut Sederhana Spesial Asli Enak. Sayur rebung asam rasa masam ini adalah masakan khas Bengkulu Kito. Biasanya campuran sayur atau gulai rebung asam ini adalah ikan laut, udang, dan seafood lainnya kalau suka, biasanya liling siput sawah tentu sesuai selera, misalnya ikan kembung, kerapu, kakap, ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan tuna, dll, jika suka ikan air tawar boleh juga, seperti ikan mas, ikan mujaer, ikan patin, dll tergantung selera.

Foto Resep Gulai Rebung Asam Ikan Laut Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gulai Rebung Asam Ikan Laut

Menurut situs Wikipedia rebung adalah tunas bambu muda yang tumbuh dari akar bambu, baik rebung bambu hijau maupun rebung bambu kuning. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur atau gulai untuk masakan khas Jawa Tengah. Selain itu, rebung juga diolah menjadi lema yaitu rebung yang telah di fermentasi seperti pada masakan Rejang Lebong Khas Bengkulu dan juga gulai rebung asam ikan laut khas Bengkulu ada juga yang bilang rebung asam ini masakan khas Padang dan gebung asam khas Palembang, Sumatera Selatan.

Saat ini, rebung sudah dapat diolah untuk berbagai macam bahan makanan olahan berbahan dasar rebung seperti aneka olahan tepung rebung yang memiliki kandungan pati tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, sayur rebung, rebung tumis, rebung santan pedas, sambal rebung, rebung kering, rebung asam udak liling, sayur rebung asam manis, dan asinan rebung.

Khusus untuk resep rebung asam undak liling atau campur siput sawah (keong sawah) atau tutut yang hidup di air tawar. Liling adalah sejenis siput sawah yang berwarna hitam. Rasa gurih pada kuliner ini didapat setelah rebung dan liling dilumuri kuah asam, cabai, tomat, bawang, santan, dan serai. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut dimasak dengan air hingga mendidih dan akhirnya kenikmatan rebung asam undak liling siap dinikmati.

Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur diyakini merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker. Bagi penderita asam urat rebung merupakan pantangan dan tidak boleh terlalu banyak makan rebung asam urat. Berikut resep sayur rebung asam sajian sedap lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah yang dilengkapi juga dengan cara membuat rebung asam sendiri.

RESEP GULAI REBUNG ASAM KHAS BENGKULU


BAHAN :
  • 500 gram rebung asam
  • 200 gram udang/kembung/kakap/kerapu
  • 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 potong asam gelugur
  • Garam secukupnya
BUMBU HALUS :
  • 10 buah cabai merah
  • 8 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh kunyit cincang
  • 1 sendok teh jahe cincang
  • 1 sendok makan lengkuas cincang
CARA MEMASAK SAYUR GULAI REBUNG ASAM :
  1. Bersihkan udang/ikan, potong-potong, lumuri asam dan garam, biarkan 10 menit, tiriskan.
  2. Masukkan semua bahan, ikan, dan bumbu ke dalam panci, tambahkan santan.
  3. Dengan api sedang, didihkan sambil sesekali diaduk sampai semuanya matang.
  4. Cara Mengasamkan Rebung Asam : 500 gram rebung rebus, cuci bersih, iris tipis. Rendam dalam air atau air bekas pencuci beras, biarkan selama 2 hari sampai rebung menjadi asam. Cuci bersih, tiriskan, rebung asam siap dimasak dan diolah dengan resep masak rebung asam ikan atau seafood.
  5. Sajikan dengan nasi putih panas.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT GULAI REBUNG ASAM IKAN LAUT