CARA MEMBUAT GELAMAI PERENTAK KHAS JAMBI


Resep Gelamai Perentak Khas Jambi Sederhana Spesial Asli Enak. Berbeda dengan kue gelamai-gelamai dari daerah lain yang biasanya berwarna cokat cenderung hitam, gelamai Jambi ini justru berwarna putih. Gelamai parentak Jambi telah populer di Jambi sebagai oleh-oleh khas Bangko Jambi, sedangkan untuk varian rasanya ada rasa original biasa, rasa durian, dll. Membuat gelamai Jambi tidak butuh waktu lama, mudah dan praktis tidak seperti membuat gelamai dari daerah lain di Sumatera bagian selatan.

Foto Resep Gelamai Parentak Khas Jambi Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gelamai Parentak Khas Jambi

Gelamai adalah sejenis makanan khas kue dodol Sumatera Selatan dari tepung ketan, santan, gula merah, dan bahan lainnya berasal dari provinsi Jambi, karena namanya kue dodol rasanya pastilah manis yang masih termasuk golongan jenis kue basah tradisional Indonesia, dan uniknya gelamai rasa manisnya didapat dari gula merah atau gula aren, berbeda dengan gelamai dari daerah lain, seperti galamai/gelamai Padang, Sumatera Barat, gelamai Palembang, Sumatera Selatan, gelamai Riau, Pekanbaru, dan gelamai Bengkulu. Berikut resep gelamai Jambi khas Bangko Jambi lengkap dengan step by step cara bikin sendiri di rumah untuk oleh-oleh, untuk lebaran, dan untuk usaha.

RESEP GELAMAI PERENTAK

Sumber : Bpk. Erman Suprapta

BAHAN :
  • 500 gram tepung ketan/tepung beras ketan
  • 450 ml santan kental dari kelapa tua
  • 200 ml santan encer dari kelapa tua
  • 450 gram gula merah/aren, disisir halus/dikikis
  • 1/2 sendok teh garam
CARA MEMBUAT GELAMAI PARENTAK :
  1. Rebus 450 santan kental dan setengah santan encer. Pastikan apinya sedang dan tidak terlalu besar lalu masukkan gula merah yang telah dikikis/disisir halus tadi dan juga masukkan garam secukupnya. Setelah mendidih lalu kemudian angkat.
  2. Kemudian sisa santan encer sebagiannya diaduk kedalam tepung ketan dan pastikan semuanya tercampur rata, lalu tuang kedalam rebusan sambil diaduk terus hingga sampai kelihatan berminyak.
  3. Siapkan loyang yang telah diolesi minyak goreng didalamnya, lalu kemudian tuang adonan kedalam loyang dan tunggu hingga matang.
  4. Setelah matang matikan api lalu tunggu sampai dingin, setelah dingin potong-potong Gelamai Perentak Jambinya.
  5. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT GELAMAI PERENTAK KHAS JAMBI