CARA MEMBUAT KUE LAPIS TEPUNG KANJI KUKUS

Resep Kue Lapis Tepung Kanji Kukus Hijau Pandan Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya kue lapis kukus identik dengan warna warni berlapis, rasa manis, gurih, dan berminyak yang masih termasuk kue basah jajanan tradisional atau jajanan kue pasar ini terbuat dari tepung beras atau tepung ketan dan resep ini telah dimodifikasi dan divariasikan dengan menggunakan kreasi dari tepung kanji. Tentu tidak murni tepung kanji melainkan dengan mencampur tepung terigu agar tekstur tidak terlalu kenyal sehingga menghasilkan kue lapis yang lembut dan empuk saat dimakan. Adapun resep kue lapis tepung beras ketan atau tepung beras rose brand akan dibahas pada artikel selanjutnya. Jadi teksturnya kenyal tapi lembut dan empuk dimulut sedikit berbeda dengan kue lapis legit atau kue lapis oven atau panggang.

Foto Resep Kue Lapis Tepung Kanji Kukus Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Lapis Tepung Kanji

Kue lapis tepung kanji pakai santan kanil. Santan kanil itu apa? Santan kanil adalah santan yang dimasak sampai keluar minyaknya. disinilah letak kenikmatan kue lapis yang sedikit berminyak yang berasal dari santan kanil itu. Sehingga menghasilkan kue lapis yang manis dan sedikit gurih, biasanya kue ini sering melengkapi berbagai acara arisan, selamatan, syukuran, aqiqah, dan berbagai acara lainnya sebagai santapan menu pembuka acara. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih lapis tepung kanji kukus mekar mengembang super lembut dan empuk takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue basah tradisional dan modern.

RESEP KUE LAPIS TEPUNG KANJI


BAHAN :
  • 160 gram tepung terigu
  • 300 gram tepung kanji
  • 500 gram gula pasir
  • 1200 cc santan kanil dari 2 butir kelapa
  • 3 sdm pasta pandan Homemade. Untuk warna warni sesuaikan dengan selera dan aneka kreasi masing-masing, boleh memberi pewarna makanan, misal warna pink, merah, kuning, biru, hijau atau ijo, coklat, green tea, taro, red velvet, atau warna warni pelangi rainbow, dll. Boleh pakai warna alami dan asli dari pandan dan daun suji supaya lebih sehat
  • 1 sdm peres garam
CARA MEMBUAT KUE LAPIS TEPUNG KANJI :
  1. Campur tepung terigu, tepung kanji, gula dan garam. Aduk rata.
  2. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk hingga gula larut dan rata.
  3. Bagi adonan menjadi 2. Beri pasta pandan pada salah satu adonan.
  4. Siapkan cetakan loyang 18 cm yang sudah dioles minyak. Tuang 100 ml selapis demi selapis bergantian warna. Kurangi adonan jika ingin hasilnya lebih tipis, tapi ukuran tetap harus sama. Kukus masing - masing selama 5 menit atau lebih jika lapisannya lebih tebal.
  5. Angkat dan dinginkan.
  6. Potong - potong menggunakan benang atau pisau yang telah diolesi dengan minyak. Bisa juga menggunakan pisau plastik atau pisau kue.
  7. Sajikan kue lapis tepung kanji hijau pandan dengan penutup warna merah.

CARA MEMBUAT KUE LAPIS TEPUNG KANJI KUKUS