CARA MEMBUAT BACEMAN BAWANG PUTIH


Resep Baceman Bawang Putih Sederhana Spesial Asli Enak Serbaguna dan Praktis Buatan Sendiri. Di daerah kediri, biasanya baceman bawang putih jadi bumbu wajib bagi Abang-abang atau mas-mas penjual atau pedagang nasi goreng Jawa dan mie goreng Jawa, karena memang tidak bisa dipungkiri aroma dan rasa dari bawang bacem atau bacem bawang putih ini sangat luar biasa harumnya ketika dimasak. Baceman bawang putih ini semakin lama disimpan akan semakin harum wanginya dan kuat rasanya, asalkan disimpan di toples kaca yang tertutup rapat bisa tahan 1 bulan lebih kata Mba Ocha Chupid sebaiknya simpan di toples kaca atau botol kaca daripada toples plastik, kalau Saya sendiri karena rajin memasak tidak sampai sebulan sudah habis, sudah bikin yang baru lagi minimal sebulan 2 kali bikinlah demi masakan menjadi tambah enak, gurih, lezat, sedap, dan mantap apapun dilakukan yang penting hasilnya. Daripada banyak bertanya segera praktekan saja. Lihat di gambar di bawah saya hanya menggunakan botol kaca bekas botol sirup malah jadi lebih praktis dan mudah tinggal kocok dan tuang ke wajan sewaktu memasak. Memasak itu tidak ada pakem intinya kreatifitas kita dibutuhkan disini.

Foto Resep Baceman Bawang Putih Sederhana Spesial Asli Enak Serbaguna Multifungsi dan Paling Praktis Ala http://carabuatresep.blogspot.com
Gambar Baceman Bawang Putih Wadah Botol Kaca

Sebenarnya menurut blog carabuatresep.blogspot.com baceman bawang putih ini tidak hanya untuk masakan mie atau nasgor saja melainkan bisa juga dipergunakan hampir ke semua masakan tumis, gulai, sayur sop, opor ayam lebaran atau opor daging lebaran untuk Hari Raya Idul Fitri, dll yang fungsinya sebagai pengganti bawang putih segar, misalnya buat tumisan, bikin sop - sopan, capcay kuah dan capcay goreng, krengsengan daging/bekicot/ati ampela, sapi lada hitam, aneka macam mie dan nasi goreng lainnya, dijamin rasanya pasti beda banget jika dibandingkan dengan bawang biasa yang kita iris dadakan, itulah kegunaan baceman bawang. Berikut resep baceman bawang putih serbaguna dan multifungsi lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah.

RESEP BACEMAN BAWANG PUTIH

By : Ocha chupid

BAHAN :
  • 400 gram bawang putih
  • 4 butir kemiri besar
  • 4 sdm minyak wijen
  • 600 - 750ml minyak sayur kualitas baik
CARA MEMBUAT BACEMAN BAWANG PUTIH :
  1. Kupas bawang putih, cuci lalu tiriskan hingga benar-benar kering.
  2. Tumbuk kasar lalu sisihkan.
  3. Tumbuk kemiri sampai benar-benar halus lalu campurkan ke tumbukan bawang putih.
  4. Letakkan adonan bawang ke toples yang bertutup rapat, campurkan dengan minyak wijen dan minyak Sayur (untuk banyaknya minyak sayur tergantung ukuran toples masing-masing, jika nanti bawang masih banyak tapi minyaknya sudah habis bisa ditambahkan minyak lagi ke toplesnya).
  5. Tutup rapat, dan gunakan 1-2 hari kemudian untuk berbagai masakan tumis-tumisan jadi bukan untuk nasi goreng saja dan bisa untuk memasak masakan lainnya juga.
TIPS & TRICKS :
  • Tidak ada patokan utk komposisi bahan, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan, bisa bikin 1/2 atau 1/4 resep dulu.
  • Pastikan bawang dan kemiri benar-benar kering, jangan sampai ada air setetespun yang masuk, ini bertujuan agar bawang tetap awet dan terjaga rasanya.
  • Gunakan minyak wijen yang berkualitas baik (misalnya merk pagoda/lowo), ciri minyak wijen yang baik jika ditaruh di kulkas dia tdak akan membeku, kalau ditaruh kulkas beku itu artinya minyak wijen kualitasnya kurang bagus.
  • Gunakan minyak sayur yang berkualitas baik, tidak disarankan untuk menggunakan minyak curah/los yang dijual di pasar tradisonal dan warung-warung, karena akan menyebabkan bawang jadi tengik.
  • Sebaiknya di dalam toples diberi sendok sekalian, ini menghindari agar baceman bawang tidak tercampur oleh bahan-bahan dari luar.
  • Bawang yang disimpan di dalam minyak tidak akan pernah busuk, semakin lama disimpan akan semakin harum dan kuat aromanya.
  • Semua bahan mentah karena jika ditumis bikin minyak jadi tengik.
  • Baceman bawang putih tidak akan busuk asal tidak tercemar air atau bahan lain dari luar, sebaiknya siapkan sendok khusus di dalam toples.
  • Sebaiknya disimpan di suhu ruangan saja, kalau disimpan di kulkas, kulkas Anda resiko akan bau bawang putih.
  • Buat baceman bawang merah bisa saja tapi aroma dan rasa kurang kuat dibanding bacem bawang putih.
  • Semua bahan wajib diikuti tidak bisa di skip atau diganti termasuk minyak wijen, resiko tanggung sendiri. Walaupun ada yang telah berhasil membuat baceman bawang putih tanpa wijen.
  • Kok kemiri jumlahnya sedikit, kalau kebanyakan nanti bawang putih cepat gosong pas ditumis.
  • Semua bahan dipakai sewaktu digunakan untuk memasak, baik itu bawang dan minyaknya.
  • Anda bisa tambahkan bumbu penyedap lain sesuai selera.
  • Baceman bawang putih atau bawang putih bacem ini tidak hanya buat nasi goreng dan mie goreng tapi bisa juga untuk masakan lainnya, seperti masakan tumis-tumisan sayur kangkung, pakcoy/pokcoy, capcay kuah dan capcay goreng, krengsengan, tong seng, saus spaghetti, ayam kecap, daging lada hitam dan masih banyak lagi macam-macam jenis masakan yang bisa menggunakan bacem bawang putih ini yang penting intinya adalah baceman bawang putih ini menggantikan atau pengganti bawang putih segar.
  • Bisa tahan berapa lama? asal toples tertutup rapat dan terjaga kebersihannya bisa tahan 1 bulan lebih tapi kalau mau awet baceman bawang putihnya jangan dipakai masakan awet tuh sampai bertahun-tahun.
  • Jika keluar gelembung-gelembung udara di bawangnya itu normal artinya bawang sudah siap dipakai atau dipergunakan untuk memasak.
  • Jika telah disimpan 2 minggu bawangnya terasa agak sedikit asam tapi aormanya tambah sedap itu sudah berhasil di bacem atau difermentasi. Siap-siap dapur menjadi wangi sampai ke rumah tetangga dipastikan bersin-bersin mencium bau harum masakan Bunda.
  • Pakai blender tidak disarankan, lebih baik pakai ulekan batu manual, hitung-hitung olahraga katanya.
  • Minyak wijen cari di supermarket, minimarket, hypermart, pasar tradisional banyak yang jual makin mahal makin berkualitas biasanya sudah bermerk dan yang penting sudah standar SNI dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.
  • Minyak sayur juga begitu cari yang berkualitas dalam kemasan plastik dan non kolestrol. Jangan pakai minyak curah yang di dalam drum - druman itu.
  • Kalau minyak sayur dan minyak wijen di dalam toples habis bisa tambahkan lagi secukupnya dan jangan lupa diaduk dulu pakai sendok, pastikan bawang terendam sempurna, agar supaya bawang tidak berubah warna menjadi kehijauan. Pesan ini disampaikan oleh Mba Ocha Cupid melalui akun facebook pribadinya. Salam Memasak dari Carabuatresep.blogspot.com.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BACEMAN BAWANG PUTIH