CARA MEMBUAT SAPO TAHU SEAFOOD CHINESE FOOD


Resep Sapo Tahu Seafood Udang Kupas Jamur Chinese Food Oriental Sederhana Spesial Asli Enak. Sapo tahu adalah masakan Chinese Food Sapo tahu komplit pakai udang kupas, jamur hioko, sawi putih, tahu sutra, dan menggunakan bumbu khas oriental China yang disempurnakan dengan saus tiram, menjadikan makanan ini sajian sedap untuk keluarga kita di rumah. Selain sapo tahu cina ada juga sapo tahu jepang dengan khas ala jepang, dan ala Solaria.

Foto Resep Sapo Tahu Seafood Udang Kupas Jamur Chinese Food Oriental Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sapo Tahu Seafood Jamur

Menurut situs Wikipedia Shiitake (Lentinula edodes) atau jamur hioko dan sering ditulis sebagai jamur shitake adalah jamur pangan asal Asia Timur yang terkenal di seluruh dunia dengan nama aslinya dalam bahasa Jepang. Shiitake secara harafiah berarti jamur dari pohon shii (Castanopsis cuspidata) karena batang pohonnya yang sudah lapuk merupakan tempat tumbuh jamur shiitake.

Spesies ini dulunya pernah dikenal sebagai Lentinus edodes. Ahli botani Inggris bernama Miles Joseph Berkeley menamakan spesies ini sebagai Agaricus edodes pada tahun 1878.

Shiitake banyak dibudidayakan di Tiongkok, Korea dan Jepang dan bisa dijumpai di alam bebas di daerah pegunungan di Asia Tenggara.

Shiitake dalam bahasa Tionghoa disebut xianggu (Hanzi: jamur harum), sedangkan yang berkualitas tinggi dengan payung yang lebih tebal disebut donggu (Hanzi: jamur musim dingin) atau huagu (jamur bunga) karena pada bagian atas permukaan payung terdapat motif retak-retak seperti seperti mekar.

Di Indonesia kadang-kadang dinamakan jamur jengkol, karena bentuk dan aromanya seperti jengkol walaupun bagi sebagian orang rasa jamur ini seperti rasa petai.

Menu hidangan sapo tahu ini resep aslinya memang mengandung bahan arak cina dan sudah ditetapkan haram oleh Majelis Ulama Indonesia sama dengan Angciu masih termasuk jenis khamar yang kadar alkoholnya tinggi di dalam kandungan kuah sausnya, oleh karena itu Anda bisa menggantikannya dengan air jahe segar, atau bisa juga dengan kecap asin yang ditambah dengan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon segar agar mendapatkan sapo tahu halal. Berikut resep sapo tahu udang seafood lengkap dengan dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan yang istimewa.

RESEP SAPO TAHU JAMUR


BAHAN :
  • 250 gram udang kupas, sisakan ekornya
  • 7 buah jamur hioko, direndam
  • 1/2 pohon sawi putih, potong 3 cm bisa juga gunakan sawi hijau
  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 2 buah tahu sutra, potong 1 cm
  • 4 siung bawang putih, dimemarkan
  • 2 sdt tepung maizena dilarutkan dalam 50 ml air
  • Minyak goreng untuk menumis
BAHAN SAUS :
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 sdt arak cina
  • 200 ml kaldu
CARA MEMASAK SAPO TAHU JAMUR UDANG :
  1. Goreng tahu sutra sampai setengah matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan ke dalam mangkuk dari keramik yang dapat dipanaskan.
  3. Masukkan udang, tahu, jamur hioko, sawi putih, dan daun bawang Ke dalam mangkuk.
  4. Tuang bahan saus, masak di atas api hingga mendidih lalu kentalkan dengan larutan maizena, angkat.
  5. Sajikan panas untuk 5 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SAPO TAHU SEAFOOD CHINESE FOOD