CARA MEMBUAT PUDING PISANG GULA MERAH SEGAR

Resep Puding Pisang Gula Merah Santan Sederhana Spesial Segar Asli Enak. Puding pisang tanduk ini tanpa gula pasir yang mendapatkan rasa manisnya dari gula merah, gula aren, atau gula Jawa yang lebih sehat dan alami, tapi tenang Bunda jangan khawatir takut rasanya tidak manis atau kurang manis, karena bahan sausnya sudah terasa manis sebab telah mengandung gula pasir. Jika mau Bunda ganti sama vla atau susu kental manis juga boleh yang penting rasanya enak. Resep puding cantik ini salah satu usaha membuat dan mengolah aneka olahan buah pisang yang bergizi akan tetapi tidak bagus untuk yang sedang menjalankan program diet. Sebab buah pisang dan gula merah ini sangat mudah diserap oleh tubuh dan menjadi sumber energi yang besar atau tinggi.

Foto Resep Puding Pisang Saus Gula Merah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Puding Pisang Gula Merah

Puding pisang gula merah ini masih termasuk keluarga puding santan, karena memang menggunakan santan jadi rasanya lebih gurih apalagi ada penambahan garam halus ke dalam adonan puding dan sausnya, tapi jika tidak suka santan buatlah puding pisang gula merah tanpa santan, itu tergantung selera masing-masin orang dan Bunda silahkan berkreasi sendiri dengan utak-atik resep lalu memodifikasinya, misalnya pakai saus gula merah juga supaya serasi dan lebih sehat jika menggunakan pemanis gula merah semua. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pudding gula merah yang lembut dan empuk bisa pakai cetakan maupun kemasan cup sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka puding pisang santan utnuk acara pesta dan resepsi pernikahan.

RESEP PUDING PISANG GULA MERAH


BAHAN :
  • 2 bungkus agar agar plain tawar tanpa warna
  • 400 gram pisang tanduk, rebus, lalu potong-potong 1 cm
  • 1,5 liter santan, bisa gunakan santan kara instan
  • 200 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam
BAHAN SAUS :
  • 1 lembar daun pandan
  • 3 sdm gula pasir
  • 400 cc santan instan kara supaya praktis
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT PUDING PISANG GULA MERAH :
  1. Campurkan bahan santan, agar agar, gula merah, daun pandan dan garam menjadi satu. Masak sambil di aduk sampai mendidih. Masukkan pisang tanduk yang sudah disiapakan sebelumnya, masak sebentar. Tuang puding ke dalam cetakan puding atau loyang. Tunggu puding dalam keadaan dingin lalu masukkan ke dalam lemari es atau kulkas.
  2. Cara Membuat Saus : Masukkan semua bahan saus ke dalam panci lalu masak, sambil diaduk-aduk hingga mengental.
  3. Sajikan puding pisang gula merah beserta pelengkap sausnya dalam keadaan dingin supaya lebih segar dan nikmat tentunya.

CARA MEMBUAT PUDING PISANG GULA MERAH SEGAR