CARA MEMBUAT LADU KETAN KHAS GARUT


Resep Ladu Ketan Khas Garut Sederhana Spesial Asli Enak. Sepertinya memang asal kue ladu ini berasal dari daerah Malangbong Garut hampir semua referensi di google dan wikipedia menyatakan kalau makanan ini berasal dari Garut, Jawa Barat, bukan berasal dari India, kalau kue dari India namanya kue Ladoo manisan ladoo dibaca ladu namanya mirip tapi bentuk kue dan bahan dasar adonan tidaklah sama. Ibu saya Orang Sunda yang dari Sumedang pandai juga membuat kue ladu ketan ini dan buatannya menurut saya enak rasanya manis mirip dodol cuma teksturnya lembut dan empuk mirik kue basah pada umnumnya. Oh ya kue ladu ini juga bisa dibuat dengan bahan dasa singkong, ubi jalar, labu kuning, dll, namanya kue ladu singkong.

Foto Resep Ladu Ketan Khas Garut Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Ladu Ketan Tanpa Kertas Minyak

Ladu adalah sebuah makanan sederhana khas Kabupaten Garut, makanan ini terbuat dari beras ketan, santan, gula merah, kelapa dan layak dicoba. Tekstur makanan ini agak kasar dan jika digigit kenyal mirip dodol namun sensasinya berbeda dan inilah yang membuat ladu makanan tradisional khas yang pertama dipopulerkan oleh masyarakat Malangbong Garut ini benar-benar khas. Berikut kumpulan aneka resepi ladu ketan khas Garut dan Sumedang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha oleh-oleh khas Garut.





RESEP LADU KETAN


BAHAN :
  • 250 gram beras ketan, rendam dan sangrai lalu tumbuk hingga pecah
  • 400 ml santan
  • 250 gram gula merah
  • 100 gram air
  • 200 gram kelapa, sangrai hingga coklat
  • Kertas minyak (optional), karena ibu saya membuatnya tanpa bungkus hanya dibentuk segitiga seperti pada gambar diatas
CARA MEMBUAT LADU KETAN :
  1. Rebus santan, gula merah, air. Setelah mendidih, masukkan beras ketan. Aduk hingga mengental. Tambahkan kelapa parut.
  2. Tuangkan ladu ke atas tepung ketan, gulung dan bulatkan di kertas minyak. Setelah dingin, potong-potong.
  3. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT LADU KETAN KHAS GARUT