CARA MEMBUAT GULAI TABOH DALOM KHAS LAMPUNG


Resep Gulai Taboh Dalom Khas Lampung Sederhana Spesial Asli Enak. Sayur santan ini berasal dari provinsi Lampung tepatnya dari daerah Liwa, Kabupaten Lampung Barat menyebar sampai ke kota Bandar Lampung. Orang Liwa menyebutnya gulai taboh dalom menu khas orang liwa. Taboh adalah masakan gulai dengan santan diberi bumbu-bumbu tertentu.

Foto Resep Gulai Taboh Ikan Khas Lampung Liwa
Gambar Gulai Taboh Ikan Khas Lampung Liwa

Mengapa masakan ini disebut taboh? Taboh menurut bahasa Lampung berarti santan. Menu itu terbuat dari bahan utama ikan gabus atau ikan nila. Sajiannya bisa utuh satu ekor ikan yang telah dipanggang atau dipotong dadu. Baca juga resep daerah lampung lainnya : Resep Gulai Balak.

Taboh dahulunya merupakan sajian khusus untuk para raja dan tamu. "Masyarakat asli Liwa sendiri menyantap menu hidang ini hampir setiap hari dan tidak merasa bosan. Rasanya kurang nikmat makan tanpa sajian sedap gulai taboh atau gulai santan ikan ini. Tercatat ada 2 versi gulai taboh sayur - sayuran dan gulai taboh ikan.

Jika kita bertandang ke Lampung Barat, menu itu bisa dinikmati di sebuah Rumah Makan 'Khang Mengan Jejama' yang berarti tempat makan bersama. Rumah makan yang menyajikan menu khas Liwa ini hanya bisa ditemukan di Jl Raden Intan Way Mengaku Kota Liwa. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 100 dari pusat pemerintahan kabupaten setempat. Gulai taboh ini juga bisa dimasak secara sederhana tanpa ikan hanya menggunakan jagung manis, jagung putren, labu kuning dan kacang panjang serta diberi bumbu khusus. Bumbu yang harus disiapkan untuk menu sajian taboh itu adalah santan, bumbu dapur, cabai merah, bawang merah dan bawang putih serta tomat, daun bawang dan daun kemangi. Rasanya lezat apalagi disantap masih hangat dengan nasi putih hangat dan ditemani sambal terasi pedas serta lalapan hijau segar.

Bagi yang tidak suka ikan sangat cocok, sedangkan bagi yang suka ikan boleh tambahkan ikan, biasanya dimasukkan satu ekor ikan secara untuh yang sudah dibersihkan sebelumnya, biasanya ikan ukuran kecil atau sedang seperti ikan gabus atau ikan nila. Berikut resep gulai taboh tanpa ikan yang lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah.

RESEP GULAI TABOH

Foto Resep Gulai Taboh Dalom Sayur Khas Liwa Lampung Barat Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gulai Taboh Sayur Khas Bandar Lampung

BAHAN :
  • 2 buah (600 gram) jagung manis, disisir
  • 100 gram jagung putren, dibelah dua
  • 200 gram labu kuning, dipotong kotak
  • 5 lonjor (50 gram) kacang panjang, dipotong 3 cm
BUMBU :
  • 10 gram daun kemangi
  • 1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 4 buah cabai merah besar, diiris serong
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1 sendok teh terasi, digoreng, dihaluskan
  • 4 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir
CARA MEMASAK GULAI TABOH DALOM :
  1. Didihkan santan, cabai merah besar, lengkuas, daun salam, serai, terasi, garam, dan gula pasir sampai harum. Tambahkan jagung manis. Masak sampai empuk.
  2. Masukkan jagung putren, labu kuning, dan kacang panjang. Masak sampai matang. Tambahkan daun kemangi. Aduk rata. Angkat.
  3. Sajikan untuk 8 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT GULAI TABOH DALOM KHAS LAMPUNG